Cara Melacak HP Hilang dengan Find My Device

  • 2 min read
  • Mar 28, 2020
cara melacak hp hilang

Smartphone atau ponsel pintar telah menjadi benda wajib yang kita gunakan dan bawa kemanapun kita pergi. Kehilangan HP saat ini dapat diatasi dengan memahami cara melacak HP hilang dengan Find My Device.

Find My Device merupakan salah satu aplikasi pelacak HP hilang yang ada di Google Play Store. Aplikasi ini kini menjadi sangat penting untuk dimiliki di HP untuk mengantisipasi ketika mengalami kehilangan HP.

Sebelum membahas cara melacak HP hilang dengan Find My Device, ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk mencari hp tersebut:

  1. HP dalam keadaan aktif
  2. HP terhubung dengan Google Account
  3. HP terhubung ke data seluler atau Wi-Fi
  4. Location atau GPS dalam kedaaan aktif
  5. Telah mengaktifkan fitur Find My Device

Melacak smartphone atau handphone yang hilang melalui aplikasi pelacak perangkat hilang tersebut dapat dilakukan melalui PC atau notebook dan juga HP lain yang berbasis android dan memiliki akses ke Google. Berikut adalah cara melacak HP hilang dengan Find My Device menggunakan PC atau notebook.

Cara Melacak HP yang Hilang

  1. Masuk browser
  2. Buka website https://android.com/find
  3. Masukkan Google Account yang terdapat di HP yang hilang
  4. Lokasi HP yang hilang akan ditampilkan di map

Selain cara di atas, langkah pencarian smartphone hilang dengan Find My Device dapat dilakukan melalui HP berbasis Android lain yang telah menginstall aplikasi pelacak perangkat hilang tersebut dari Google Play. Berikut adalah langkah cara melacak smartphone hilang dengan Find My Device dapat dilakukan melalui smartphone lain:

  1. Masuk Play Store
  2. Unduh dan pasang aplikasi Find My Device
  3. Buka aplikasi Find My Device yang telah diunduh
  4. Masukkan Google Account yang digunakan perangkat HP yang hilang
  5. Lokasi handphone yang hilang akan muncul di map

melacak hp yang hilang

Melacak handphone hilang dengan Find My Device juga dapat memanfaatkan email grup. Jika kita memiliki akun email grup yang berisi banyak Google Account atau email dari HP lain, maka ketika HP kita hilang dapat dilacak menggunakan HP lain yang memiliki email grup tersebut. Berikut adalah cara melacak HP hilang menggunakan email grup di Find My Device:

  1. Masuk Find My Device di smartphone lain yang memiliki email grup
  2. Pilih email grup
  3. Cari dan pilih handphone yang hilang dari daftar HP yang ada di Find My Device yang sedang menggunakan email grup sebagai Google Account
  4. Setelah pilih HP yang hilang, tunggu respon lokasi HP yang hilang tersebut muncul di map

Selanjutnya, setelah melakukan semua langkah di atas apa yang harus kita lakukan? Sama prinsipnya seperti cara memakai fitur pelacak teman di WhatsApp, prinsip dari pelacakan Find My Device adalah dengan menggunakan GPS.

Langkah selanjutnya yaitu mencari handphone yang hilang sesuai dengan lokasi yang ditunjukkan di map pada Find My Device. Pelacakan dapat dilakukan dengan cara mendengarkan suara atau ringtone yang dihasilkan dari HP yang dilacak.

Suara atau ringtone akan berbunyi sangat keras dan nyaring dan terus-menerus selama Find My Device masih diaktifkan dari perangkat lain untuk melacak, sehingga pemilik smartphone yang hilang dapat mengetahui posisi dari HP yang hilang tersebut.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara melacak HP hilang dengan Find My Device. Semoga, dapat bermanfaat bagi para pemilik handphone agar dapat mengatasi permasalahan ketika mengalami kehilangan HP. Tapi, jangan lupa untuk terlebih dahulu download aplikasi Find My Device di perangkat kalian ya. Aplikasi ini FREE dan dapat ditemukan di Google Play Store.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *