Cara Mencari Foto atau Gambar Melalui Google Pencarian

  • 2 min read
  • Mar 29, 2020
cara mencari gambar foto melalui google

Pernahkah kita penasaran dengan asal-usul foto dari suatu benda yang kita lihat seperti misalnya, “Tas itu merknya apa sih?”. Dengan mengatahui cara mencari gambar atau foto melalui Google, maka kita dapat mengetahui jawabannya.

Perkembangan zaman, menjadikan teknologi terus berkembang dan semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari. Mencari gambar bisa menjadi hal penting yang dibutuhkan seseorang.

Pelacakan foto dapat dilakukan dengan menggunakan foto hasil foto dari kamera HP maupun dari gambar yang diperoleh dari internet atau sumber lain.

Telah banyak aplikasi yang disediakan untuk melacak foto melalui google. Salah satu aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk mencari foto adalah Google. Selain gratis, Google juga mudah diperoleh dan dioperasikan pada semua perangkat.

Salah satu fasilitas yang sesuai dengan kepentingan penelusuran foto tersebut kini dapat dilakukan di Google melalui fitur seperti google image dan google photos. Yuk, simak cara melacak foto melalui Google!

Sebelum melakukan penelusuran foto melalui layanan Google, pastikan perangkat yang digunakan telah terinstalasi dengan browser seperti Chrome atau google.

Cara Melacak Foto atau Gambar di Google Image

Menggunggah Gambar

Cara pertama ini dapat dilakukan pada browser yang kompatibel untuk melakukan pencarian gambar dengan posisi terbalik seperti Chrome, Firefox, dan Safari. Sebelum melacak foto melalui Google, pastikan bahwa foto atau gambar yang ingin ditelusuri telah terdapat di dalam perangkat. Kemudian, buka situs Google Image di images.google.com > klik ikon kamera (di sisi kanan panel penelusuran) > upload an image > browse (memilih gambar yang ingin ditelusuri dari PC atau laptop). Terakhir, tunggu foto atau gambar yang telah diunggah muncul di Google.

mencari gambar di google

Drag and Drop Gambar

Cara ini sama dengan cara pertama sebelumya yaitu tetap melalui google image. Browser yang dapat digunakan untuk cara ini adalah Chrome dan Firefox.

Perbedaannya cara drag and drop dengan cara mengunggah gambar adalah pada cara menginput gambar yang ingin ditelusuri pada google image.

Cara drag and drop adalah dengan cara membuka lokasi penyimpanan gambar yang akan diunggah lalu mengklik dengan menggunakan mouse dan menahan lalu mengarahkan gambar tersebut ke kotak search bar dan melepaskannya.

Lewat URL

Mencari gambar yang telah ada di internet juga dapat dilakukan dengan Google Image. Hal ini dilakukan dengan cara membuka situs gambar di internet yang ingin ditelusuri terlebih dahulu.

Kemudian, setelah masuk ke laman tersebut selanjutnya copy atau salin URL laman. Lalu, buka laman Google Image di browser dan klik ikon kamera pada search bar.

Terakhir, paste image URL di kolom yang ada dan tekan Enter atau search by image. Google Image akan memunculka gambar yang kita telusuri.

Google Photos

Google Photos merupakan fasilitas dari Google yang umumnya sudah terinstal secara otomatis pada smartphone Android. Google Photos berfungsi sebagai folder foto-foto yang ada di HP kita sekaligus dapat melakukan backup secara otomatis. Penelusuran foto menggunakan Google Photos dapat dilakukan dengan cara membuka Google Photos > pilih gambar yang ingin ditelusuri > klik lensa atau lens > penampilan daftar gambar yang memungkinkan dari gambar yang kita ingin telusuri.

Nah, itu dia beberapa cara menggunakan Google Image untuk mencari gambar atau foto melalui Google. Namun, berhasil tidaknya penelusuran foto tetap bergantung pada sumber gambar yang diunggah. Jika gambar yang diunggah tidak memiliki kualitas yang baik, maka akan sulit mendapatkan hasil penelusuran yang akurat. So, pastikan ya agar gambar yang kita unggah telah memiliki kualitas yang baik agar hasil penelusuran yang diperoleh juga akurat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *