Penyebab Komputer Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit

  • 2 min read
  • Apr 02, 2020
komputer mati sendiri

Apakah kamu punya masalah komputer mati sendiri tanpa ada pemberitahuan atau peringatan lagi sebelumnya? Jika demikian, komputer kamu mungkin sedang mengalami masalah pada bagian-bagian tertentu. Yuk kita cari penyebab komputer mati sendiri setelah beberapa menit.

Hal ini sering terjadi pada beberapa pengguna komputer (termasuk saya juga pernah mengalaminya), seperti kejadian komputer mati saat main game, komputer mati hidup setelah beberapa menit saja dll. Berbeda dengan komputer mati total, jika dihidupkan komputer tidak menyala dan kamu tidak akan melihat apapun di layar monitor.

Karena kemungkinan penyebabnya banyak, kita tidak tahu dimana letak kerusakan yg benar-benar jadi penyebab utama. Namun disini saya akan berbagi berdasarkan pengalaman saya yang dulu pernah terjadi, yaitu komputer tiba-tiba mati sendiri dan restart atau hidup hanya beberapa menit saja.

Penyebab Komputer Mati Sendiri

1. PC Terlalu Panas (overheat)

Hal pertama yang sering menjadi penyebab komputer mati adalah pada bagian CPU yang terlalu panas. Jika CPU panas dengan suhu 70-80 derajat, biasanya sistem akan dimatikan otomatis tanpa ada peringatan terlebih dahulu.

2. Pasta pada Processor Kering

Thermal Paste merupakan zat berupa pasta yang dioleskan pada bagian atas processor, fungsinya untuk mendinginkan CPU. Bagian ini sering diabaikan oleh pemiliknya, sehingga pasta pada processor kering atau bahkan sampai habis. Hal inilah yang biasanya menyebabkan komputer mati hidup hanya beberpa menit saja.

3. Fan Processor Rusak

Cek apakah putaran kipas berjalan dengan normal, lambat, atau bahkan sama sekali tidak berputar. Jika putaran kipas lambat atau tidak berputar, berarti kipas kamu mengalami kerusakan. Untuk itu kamu harus mengganti atau memperbaiki kipas tersebut.

4. Permasalahan pada Motherboard

Motherboard sebenarnya jarang sekali rusak, namun tetap saja bisa mengalami kerusakan. Misalnya karena lonjakan daya listrik, konsleting, atau retakan pada rangkaian yang menyebabkan putusnya rangkaian sirkuit tersebut. Jika motherboard mengalami masalah, maka seluruh komponen komputer tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.

5. Sistem Operasi Terkena Virus

Hal ini sering terjadi pada komputer karna kesalahan user komputer itu sendiri, misalnya karna tidak memasang anti virus sehingga banyak virus yang bersarang dan membuat error pada system, sehingga komputer tiba-tiba mati sendiri pada saat nyala.

6. Permasalahan pada Driver

Driver yang sudah tidak sesuai dengan sistem operasi bisa juga jadi penyebabnya. Atau sebaliknya bisa terjadi ketika mengupgrade driver dan tidak jalan dengan sempurna. Perlu dipahami bahwa perangkat keras komputer agar bisa bekerjasama dengan sistem operasi maka perangkat tersebut mempunyai perantara yang namanya driver.

7. Power Supply Rusak

Jika komputer kamu menggunaan power supply, cek juga power supply apakah masih berjalan normal atau sudah lemah dan tidak layak pakai. Sebaiknya membeli power supply baru atau menukarnya dengan yang lebih bagus.

Penyebab komputer mati sendiri atau hidup hanya beberapa menit yang sudah saya jelaskan di atas adalah penjelasan berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami sendiri.

Nah buat teman-teman yang sudah berkunjung di postingan ini, saya sangat berharap adanya komentar berupa pertanyaan atau solusi yang bisa memecahkan permasalahan ini, yaitu penyebab komputer mati sendiri.

Sekian, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *