Ukuran Foto Instagram yang Pas, tanpa Crop dan Tidak Pecah

Ukuran Foto Instagram

Teknohits.com - Berapa ukuran dan dimensi foto Instagram yang pas? Duduk dan bersantailah, karena artikel ini akan menjawab semua pertanyaan kamu.

Instagram masuk dalam daftar jejaring sosial paling populer saat ini. Instagram sudah memiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif. Instagram menjadi jejaring sosial khusus yang memuat gambar dan berbagi video pendek dan baru-baru ini hadir instagram story.

Selain update fitur tambahan, Instagram juga memperbarui ukuran gambar dan video untuk diunggah ke timeline mereka.

Setelah beberapa tahun instagram hanya mengatur gambar dan video persegi standar, kini instagram memperbarui platform mereka dengan memperbarui ukuran gambar dan video instagram menjadi 3 ukuran, yaitu Square, portrait dan landscape. Sayangnya, ukuran foto Instagram ini malah menjadi masalah besar buat pengguna baru.

Meskipun sebagian besar pengguna tidak begitu peduli dengan ukuran gambar Instagram mereka, sebagian orang mengganggap ini menjadi hal yang sangat penting, terutama bagi mereka yang menggunakan Media Sosial untuk mengembangkan bisnis atau brand mereka. Selain itu, variasi ukuran yang ditambahkan membuat Instagram jauh lebih menarik.


Nah, setelah perubahan Instagram ini berlangsung, teknohits mencari tau dan menganalisanya untuk memastikan berapa saja ukuran foto instagram terbaik dalam pixel.

Berikut adalah ukuran foto instagram yang sesuai agar tidak terpotong, tanpa crop dan tidak pecah saat di upload


Ukuran Foto Profil Instagram


Ukuran : 110 x 110 px
Aspek ratio : 1: 1

Jadi, gunakan foto Square dengan forma jpeg untuk Profil IG

Ukuran Foto Instagram Story


Instagram story mencakup seluruh layar sehingga ukuran umum yang baik 1080x1920

Ukuran : 1080x1920
Aspek ratio : 16: 9

Jadi, gunakan foto Potrait untuk IG Story.

Ukuran foto dan video yang pas untuk di upload ke timeline Instagram


Awalnya ukuran gambar Instagram yang digunakan adalah 612px x 612px tetapi kemudian diperbarui menjadi 640px x 640px dan pada Juli 2015 diperbarui lagi menjadi 1080px x 1080px. Hal ini untuk mengikuti retina dan menampilkan resolusi tinggi lainnya yang tersedia pada smartphone, tablet, dan laptop.

Jadi untuk sekarang, ukuran foto yang kamu upload harus berukuran minimal 640px x 640px (intinya ukuran foto harus Persegi). Untuk saat ini, aplikasi web masih menggunakan gambar 640px dan menampilkannya dalam ukuran persegi yakni minimal 600px x 600px. Tetapi agar kualitas gambar terlihat optimal di seluruh perangkat, upload gambar yang setidaknya berukuran 1080px x 1080px.

Dan untuk ukuran Video Instagram sama dengan ukuran foto yakni 640px x 640px untuk ukuran persegi, atau bisa juga ukuran landscape yakni 1920×1080.


Lebih jelasnya bisa lihat panduan gambar instagram di bawah ini.

Ukuran gambar dan video Instagram
© dustn.tv

Penutup

Sekian informasi yang bisa teknohits bagikan, sekarang kamu akan sudah tau ukuran foto dan video yang pas untuk diunggah ke instagram. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca, dan jika ada yang belum paham kamu bisa berkomentar dibawah. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel