Waduh! 3 Hari Lagi Android Tidak Bisa Buka Youtube, Kenapa?

YouTube merupakan salah satu plattform atau website yang paling banyak dikunjungi pengguna internet, banyak alasan mereka membukan kanal YouTube diantaranya sedang mencari sebuah informasi atau hanya sekedar mencari hiburan.

Akan tetapi untuk kamu yang kerap akses youtube memakai HP mungkin perlu cek OS smartphone kamu sekarang sob, apakah masih terbilang baru atau sudah jadul? Karena dimulai minggu depan, sistem operasi lama enggak bisa lagi akses platform itu. Hal tersebut terjadi sebab Google baru saja memperbarui syarat perangkat untuk mendukung layanannya.

Ponsel dengan Android 2.3.7 (Gingerbread) ke bawah enggak akan bisa lagi mengakses Youtube per 27 September 2021 nanti. Namun gak cuma youtube, terdapat sederet layanan Google yang gak bisa diakses per minggu depan.

Di antaranya Gmail, Maps, sampai akun Google. Melansir dari laman Support, Google menyebut kebijakan baru ini bertujuan untuk melindungi keamanan akun penggunanya. Android lama terdapat sebuah kemungkinan memiliki kerentanan yang belum ditambal dan bila ini terjadi maka dapat membahayakan akun pengguna.

Saat pengguna dengan OS lama mau masuk ke layanan Google minggu depan, maka akan ada kesalahan nama dan password, dikutip laman Support, dikutip Senin (20/9/2021). Bila masuk perangkat setelah 27 September, kamu mungkin mendapatkan kesalahan nama pengguna atau password saat mencoba menggunakan produk dan layanan Google seperti Gmail, Youtube dan Maps. tulis Google.

Lalu untuk kamu pengguna Android lama yang tetap mau mengakses layanan Google minggu depan, perusahaan mendorong untuk dapat melakukan pembaruan sistem operasi (OS). Bila perangkat kamu mempunyai sebuah kemampuan untuk memperbarui ke versi Android lebih baru (3.0+), kami menyarankan kamu untuk melakukannya. Kata Google.

Sebagai informasi, Android 2.3.7 sudah berusia hampir 10 tahun. Google sepertinya ingin memutus akses perangkat Android lama dalam kebijakan itu.

Memutus akses produk dan layanannya pada OS lama bukanlah kebijakan yang pertama kali. Karena sebelumnya, raksasa teknologi itu juga mengumumkan Android 4.3 Jelly Bean atau lebih lama tidak bisa mengakses Google Play, dikutip Slash Gear. Terdapat sebuah kebijakan ini maka berdampak pada aplikasi di dalam perangkat tersebut.