Tahukah Kamu, Kenapa Langit & Laut Berwarna Biru? Ini Penjelasannya

Bagi kalian yang suka fotografer mungkin sudah tidak aneh dengan warna indah dari langit dan laut, warna biru yang bergema membuat hasil foto menjadi indah dan estetik. Namun pernahkah kamu berpikir kenapa langit dan laut berwarna biru? Kenapa tidak berwarna pink? Yuk kita ulas bersama teknohits dibawah ini.

Menurut Buku ‘Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia’ menjelaskan bahwa atmosfer Bumi mengandung molekul gas kecil dan partikel (butiran) debu. Jadi Sinar matahari yang memasuki atmosfer itu akhirnya bertemu dengan molekul gas dan partikel debu tadi guys.

Tapi sobat teknohits tidak usah berpikir lebih jauh, karena warna biru yang memiliki gelombang sinar lebih pendek dipantulkan kembali ke atas atmosfer. Itulah mengapa langit terlihat berwarna biru. Jadi Prinsipnya sama dengan air di laut atau danau yang terlihat berwarna biru. Jika langit tidak biru di siang hari, itu berarti udara berdebu atau berkabut.

dan situasi ini juga berbeda ketika sedang melihat langit saat matahari terbenam. Sinar matahari melakukan perjalanan lebih jauh melalui atmosfer Bumi akibatnya warna biru akan tersebar jauh dan warna yang tidak tersebar yakni merah dapat lebih terlihat, seperti dikutip dari Science-niblets.