Cara Backup Data Android ke Laptop Paling Mudah dan Cepat 2021

Hp android sekarang ini bukan sebatas media komunikasi, melainkan juga dijadikan asisten pribadi bagi sebagian orang. Berbagai macam data penting disimpan di ponsel untuk memudahkan akses atau mengeditnya. Agar tidak terjadi kehilangan data, mari disimak bagaimana cara backup data android ke laptop berikut.

Dengan memindahkannya ke laptop, data-data penting tentu lebih aman. Anda bisa melakukannya dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Untuk keamanan berlipat, maka silahkan simpan di cloud storage seperti Google Drive.

Penasaran? Kalau begitu mari bersama-sama disimak uraian berikut.

Beberapa Cara Backup Data Android ke Laptop Yang Aman 

  1. Gunakan Google Drive

Cara backup data android ke laptop yang pertama yaitu dengan menggunakan Google Drive merupakan aplikasi bawaan dari andoid, jadi Anda tidak perlu menginstal dulu aplikasi ini agar bisa melakukan backup data. Menggunakan google drive untuk backup data caranya terbilang cukup mudah. File yang Anda backup akan tersimpan di server google drive. Sehingga memudahkan Anda untuk memindah data tersebut ke laptop. Backup data melalui google drive memerlukan koneksi internet yang stabil, sehingga disini kami menyarankan agar Anda memakai wifi agar proses berjalan lancar.

Berikut tahapannya.

  • Buka menu setting atau pengaturan  di smartphone anda
  • Jika sudah masuk menu setting, selanjutnya pilih backup, jika Anda tidak menemukannya, cobalah masuk menu Sistem dan carilah disana
  • Aktifkan “Backup ke Google Drive” selanjutnya Anda tekan backup. Tunggulah proses hingga selesai
  • Selanjutnya bukalah hasil backup melalui laptop Anda. Caranya masuk ke website google drive dengan akun gmail yang sama seperti yang  digunakan di android Anda.
  1. Gunakan Aplikasi

Kelebihan android selain mudah dibawa, kita juga bisa langsung mengakses data yang kita butuhkan kapan pun itu. Namun meski begitu, tidak menuntut kemungkinan android kita nantinya jadi rusak ataupun error secara tiba-tiba.

BACA JUGA  5 Aplikasi Populer Tahun 2020, Apa Saja?

Entah karena disebabkan oleh virus, android jatuh ke dalam air, dll. Untuk itu lah Anda sangat dianjurkan untuk melakukan backup data Anda di android ke laptop.

Cara backup data android ke laptop berikutnya yaitu menggunakan aplikasi. Aplikasi yang bisa Anda gunakan yaitu dr.Fone. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat dengan mudah melakukan back up data Anda dari android ke PC ataupun laptop.

Berikut langkah-langkahnya

  • Terlebih dulu unduh aplikasi dr.Fone ke laptop Anda
  • Jika sudah, Anda buka halaman utama aplikasi dr.Fone tersebut, pilihlah menu “Data Backup & Restore”
  • Langkah selanjutnya yaitu gunakan kabel USB untuk menghubungkan android ke laptop Anda.
  • Saat laptop dan android telah terubung, kini Anda tinggal memilih mana saja yang ingin Anda backup. Pilih select all jika Anda merasa semua data perlu dilakukan backup.

Jika Anda penasaran dengan hasil backup, buka menu view the backup, maka disana akan ditampilkan hasil dari backup yang telah dilakukan.

  1. Cara Backup Data Android ke Android Langsung

Berikutnya adalah cara backup data android ke laptop yang paling mudah dan paling biasa dilakukan oleh banyak orang. Dengan cara ini Anda juga bisa melakukan pengamanan terhadap data-data penting Anda di android. Cara ini yaitu dengan langsung memindahkan data dari android ke laptop menggunakan kabel USB. Berikut langkahnya:

  • Sambungkan android ke laptop Anda dengan menggunakan USB
  • Setelah kedua perangkat tersebut tersambung, pilih USB untuk transfer file
  • Berikutnya my computer di laptop Anda dan akan muncul memori android Anda disana.

Langkah selanjutnya yaitu bukalah drive tersebut dan carilah file-file yang perlu Anda backup. Kemudian pindah data tersebut ke laptop Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *