Cara Mudah Masuk Ke BIOS Laptop ASUS untuk Konfigurasi Sebelum Booting

Terdapat banyak sekali alasan kenapa kamu kudu masuk kedalam NIOS dari laptop ASUS untuk lakukan sebuah konfigurasi pada sistem atau hardware supaya bisa berjalan pada mestinya. tapi untuk kamu yang belum tahu BIOS kepanjangan dari (Basic Input Output System) yang merupakan sebusb filmware atau sebuah softwaee yang fungsinya untuk mengatur fungsi dasar dari hardware sebuah komputer baik di laptop atau PC.

Hadirnya BIOS mungkinkan instruksi POST (Power On Self Test) bisa dilakukan untuk mengidentifikasi dan mengonfigurasikan setiap komponen dari sistem mulai dari kartu VGA, RAM, prosesor, keyboard, mouse, SSD, HDD, CD/DVD Drive, sampai perangkat keras lainnya pada saat proses booting.

Maka dari itu fungsi BIOS terbilang sangat penting untuk sebuah perangkat komputer. Bika kamu mempunyai sejumlah masalah yang mengakibatkan laptop ASUS enggak bisa menyala atau booting, maka mengubah beberapa hal di BIOS bisa menjadi solusinya.

Untuk itu, untuk kamu yang mau masuk ke BIOS dari laptop ASUS maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Masuk Ke BIOS Laptop ASUS

  • Pertama, kamu bisa menyalakan laptop ASUS
  • Kamu langsung saja tekan tombol F2 pada keyboard sebelum sistem operasi berjalan
  • Jika sukssa, kamu akan langsung masuk ke BIOS
  • Pada halaman utama, terdapat beragam menu yang diberikan untuk mengonfigurasikan sistem dan hardware.
  • Setelah selesai mengatur yang kamu inginkan, maka kamu bisa keluar dengan menu Save & Exit Setup
  • Selanjutnya, laptop ASUS akan melakukan booting sistem operasi seperti biasa (apabila sudah terinstal)
  • Biasanya kamu tidak perlu melakukan konfigurasi BIOS dari laptop ASUS secara manual sebab setelan pabrik sudah berada dalam kondisi siap pakai sehingga metode ini pada umumnya dipakai saat kamu menemui masalah saja.

Dikarenakan BIOS bersifar sangat penting, kamu juga bisa memberikan password atau kata sandi agar pengaturan BIOS yang ada tidak dapat diubah oleh sembarangan orang.

Secara garis besar, pengaturan hardware pada BIOS memang cukup vital sehingga kamu kudu berhati-hati mengubah setiap hal yang ada di dalamnya. Apalagi jika kamu berencana untuk melakukan overclock untuk meningkatkan performa dari komponen yang ada.

Jika salah melakukan overclock, maka tidak menutup kemungkinkan laptop ASUS justru akan alami sebuah kerusakan. Walau begitu, enggak semua versi BIOS mengizinkan kamu untuk mengatur hal-hal penting seperti itu untuk menghindari kesalahan yang diakibatkan oleh pengguna.