Fakta Penting Panda, Ternyata Ini Senjatanya

Jika berbicara mengenai panda, siapa sih yang gak tau, admin yakin deh semua orang pasti tau dengan hewan lucu yang kabarnya berasal china tersebut. Bentuknya yang besar serta tingkah polosnya membuat panda disukai banyak orang, terutama para kaum wanita yang tentu saja menyukai hewan pemakan bambu ini.

Panda memiliki 2 warna pada tubuhnya, yakni hitam dan putih dengan warna tersebut membuat panda terlihat unik dan mempunyai ciri khas hewan menggemaskan ini. Namun, ternyata ada sebuah fakta mengenai dua warna unik yang dimiliki panda ini. Yaitu panda bisa berkamuflase dengan warna di dalam tubuhnya itu.

di studi kolaborasi antara University of California, Davis dan California State University, Long Beach. Yang menyatakan warna hitam-putih di tubuh panda itu memiliki fungsi sendiri yakni kamuflase dan komunikasi.

Memahami mengapa panda raksasa memiliki warna mencolok seperti masalah lama dalam biologi yang sulit diatasi karena hampir tidak ada mamalia lain memiliki penampilan ini, membuat analogi sulit,” kata pemimpin penulis Tim Caro, profesor di UC Davis Department of Wildlife, Fish and Conservation Biology.

Hal ini memungkinkan tim untuk membandingkan berbagai daerah bulu di tubuh panda raksasa untuk pewarnaan gelap dan terang dari 195 spesies karnivora lain dan 39 subspesies beruang yang terkait. Kemudian mereka mencoba untuk mencocokkan kegelapan daerah ini untuk berbagai variabel ekologi dan perilaku untuk menentukan fungsi mereka.

Melalui perbandingan ini, studi ini menemukan bahwa sebagian besar tubuh panda seperti wajah, leher, perut, dan bokongnya berwarna putih untuk membantu bersembunyi di habitat bersalju. Sementara warna hitam di lengan dan kaki untuk membantu bersembunyi di tempat teduh.

Di sisi lain, tanda-tanda di atas kepalanya tidak digunakan untuk bersembunyi dari predator melainkan untuk berkomunikasi. Telinga gelap bisa membantu menyampaikan rasa keganasan, peringatan untuk predator. Sementara warna hitam di matanya kemungkinan digunakan untuk membantu mereka mengenali satu sama lainnya atau sinyal agresi terhadap pesaing panda.

Para ilmuwan menyebutkan bahwa pewarnaan ganda ini berasal dari pola makan yang buruk dari bambu dan ketidakmampuan untuk mencerna berbagai tanaman dengan seksama. Artinya, ia bisa menyimpan cukup lemak untuk tidur selama musim dingin seperti halnya beberapa beruang.