Wow, Indonesia Masuk 10 Pengguna Google Translate Terbanyak

Dengan salah penghuni atau warga paling banyak di dunia, tentu saja pertumbuhan pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun sangat meningkat. Itu pula yang didasari kalau mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan internet sebagai sarana nomor satu untuk membantu pekerjaan.

Dengan data peningkatan pengguna internet tersebut, Macduff Hughes, Engineering Director Google Translate mengatakan bahwa Indonesia masuk kedalam top 10 yang aktif menggunakan Google Translate di dunia.

“Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna Google Translate paling aktif di dunia, maka kami sangat senang bisa meluncurkan teknologi ini untuk Bahasa Indonesia,” kata Macduff Hughes melalui teleconference

Beberapa negara lain yang masuk dalam top 10 Google Translate yaitu negara-negara dengan populasi yang banyak seperti Rusia, Brasil, Indonesia. Negara dengan kemampuan bahasa Inggris yang kurang juga masuk dalam top 10, seperti Jepang, Korea dan China.

Dalam paparannya Macduff menjelaskan bahwa pertumbuhan penggunaan Google Translate versi Android di Indonesia meningkat 50 persen. Angka pertumbuhan Indonesia itu bahkan terbilang tinggi dibanding negara lainnya.

Kali ini, Google Translate juga menggunakan teknologi Neural Machine Translation (NMT), yang merupakan kecerdasan buatan (AI) yang akan membuat aplikasi penerjemah Google lebih sempurna dalam menerjemahkan kalimat atau konten website. Indonesia turut menjadi salah satu negara yang mendapatkan fitur dari teknologi itu.

“Karena Indonesia menjadi negara yang penting. Konten website masih mayoritas berbahasa Inggris, sedangkan tidak semua mengerti. Begitupun dengan orang yang ingin mempublikasikan artikelnya dalam bahasa Inggris,” ujarnya.

Tinggalkan komentar