Apa Itu Asteroid, Dari Mana Dia Berasal?
Sumber gambar: grid.id

Apa Itu Asteroid, Dari Mana Dia Berasal?

Jika kamu pecinta film fiksi, tentunya sudah tidak ada lagi benda langit yang sering muncul dalam film layar lebar buatan Amerika Serikat, yang sering membuat film bertemakan luar angkasa. terkadang dalam sebuah film dikisahkan sebuah benda langit yang menabrak bumi dan bencana. 

Benda langit yang dimaksud adalah asteroid, menurut beberapa sumber terpercaya kabarnya bahwa asteroid yang menghantam Bumi sekitar 66 juta tahun lalu berkontribusi membinasakan dinosaurus. Pada faktanya, dampak tersebut diperkirakan telah memusnahkan 80% dari kehidupan di Bumi. Sedangkan sisanya, mendukung mamalia dan manusia untuk berkembang.

 

Namun, tahukah kamu apa itu Asteroid? 

Apa Itu Asteroid, Dari Mana Dia Berasal?
Sumber gambar: info astronomi

Asteriod adalah sebuah kumpulan benda- benda langit yang memiliki jumlah jutaan yang menggerombol membentuk sebuah sabuk raksasa. Gerombolan asteroid yang membentuk sebuah sabuk tersebuf berada di antara planet Mars dan planet Jupiter. Karena adanya sabuk asteroid ini pula pengelompokkan planet ada yang disebut planet dalam dan planet luar.

 

Dari mana asteroid berasal?

Asteroid yang tersisa dari pemesanan tata surya kita. Tata surya kita dimulai sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu ketika awan besar gas dan debu runtuh. Ketika ini terjadi, sebagian besar materi jatuh ke pusat awan dan membentuk matahari.

Beberapa debu kondensasi di awan menjadi planet. Benda-benda di sabuk asteroid tidak pernah memiliki kesempatan untuk mengisi ke dalam planet. Mereka adalah sisa dari waktu yang lama ketika planet terbentuk.