Apa Sebenarnya Isi Punuk Unta? Begini Penjelasannya

Hallo sobat teknohits, apakah kamu pernah melihat unta secara langsung? meskipun kebanyakan orang belum pernah melihat unta secara langsung tapi tentu saja kamu pasti tahu kan dengan hewan yang berasal dari Arab ini.

unta merupakan hewan yang terdapat di daratan afrika atau negara negara Arab dan hidup di padang pasir yang panas dan tandus. banyak yang bertanya kenapa unta bisa bertahan di daerah yang sangat panas dan tidak mati padahal tidak meminum air? Banyak yang beranggapan alasan unta tidak mati dan hidup biasa saja di gurun pasar padahal tidak meminum air karena di dalam punuknya terdapat air yang menyebabkan unta dapat bertahan hidup meski tak meminum air.

Ternyata jawabannya adalah unta memiliki sebuah trik untuk memanfaatkan air semaksimal mungkin, dan bukan berasal dari punuk unta di punggungnya sebab punuk tersebut berisi lemak. “Mereka menghadapi musim kemarau ketika makanan dan air langka. Saat makanan tersedia, unta makan cukup kalori untuk membangun punuknya sehingga mereka bisa bertahan lama ketika makanan langka,” jelas Schwartz, pengawas perawatan hewan dan juru bicara Kebun Binatang San Diego Dengan kapasitas punuk yang penuh, unta bisa bertahan empat atau bahkan lima bulan tanpa makanan. “Ketika unta menghabiskan lemaknya, punuknya yang kosong akan jatuh seperti balon kempis sampai mereka makan cukup untuk mengembang lagi,” ungkap Schwartz.

Unta sendiri memiliki dua spesies. Masing-masing Unta Baktria (Camelus Bactrianus) yang hidup di beberapa bagian barat China dan Asia Tengah. Mereka memiliki dua punuk. Lalu ada Unta Arab (Camelus Dromedarius) yang lebih umum dan hanya memiliki satu punuk. Namun sejauh yang disadari Schwartz, gundukan ekstra tersebut tidak memungkinkan Unta Baktria pergi lebih lama tanpa makanan.

Ia menjelaskan, meskipun banyak hewan menyimpan lemak di sekitar perut dan sampingnya, unta menumpuk berat badan secara vertikal. Satu teori mengatakan bahwa unta memiliki perut kapalan yang mereka taruh langsung di pasir, dan lemak perut bisa membuatnya lebih sulit untuk berbaring dengan cara ini.

Teori lain menjelaskan bahwa punuk unta terasa lebih panas karena banyak terkena sinar matahari. Ini akibat tubuh unta yang tinggi menjulang. Kemudian kemampuan luar biasa unta untuk hidup dengan lebih sedikit air mungkin penyebab mengapa muncul mitos bahwa jika unta hidup begitu lama tanpa air pasti menyimpan air di punuk.