Aplikasi Terbaik Penghemat Memori Internal Android Kamu
Sumber gambar: jalan tikus

5 Aplikasi Terbaik Penghemat Memori Internal Android Kamu

Punya smartphone Spek rendah tentunya membuat kamu harus cermat mengatur aplikasi apa saja yang harus kamu install agar memori internal kamu tidak tergerus habis, nah teknohits akan berikan kamu rekomendasi nih beberapa aplikasi yang memiliki fungsi untuk menghemat memori internal smartphone kamu, langsung saja yuk simak infonya dibawah ini.

 

1. Photo Compress

Photo Compress
Sumber gambar: iloveimg

Photo Compress adalah salah satu aplikasi Android yang pas untuk kamu yang kehabisan space internal gara-gara foto yang membludak. Aplikasi ini bisa memperkecil ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas dari gambar itu sendiri. Jadi gak usah repot-repot pake software di komputer kan?

 

2. Image Optimizer, Optimalkan Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

Image Optimizer,
Sumber gambar: filehippo

Selain Photo Compress, terdapat sebuah aplikasi alternatif lainnya bernama Image Optimizer. Aplikasi ini juga mempunyai sebuah fungsi yang sama dengan Photo Compress, dan sama-sama powerful dalam menangani ukuran file dari gambar. Tapi sayang, Image Otimizer telah lama tidak di-update oleh pengembangnya, menghasilkan ketidak-kompatibilitas terhadap beberapa device. Download Image Optimizer Android.

 

3. Gunakan Cloud Storage Sebagai Media Penyimpanan

Di era yang serba digital ini, penggunaan media penyimpanan cloud juga patut untuk diperhitungkan. Selain gratis, media cloud seperti Dropbox maupun Google Drive sangat ampuh dalam menghemat storage. Asyiknya lagi, aplikasi seperti Dropbox bahkan dapat menyimpan gambar pribadi kamu secara otomatis ke cloud.

 

4. Hapus Media WhatsApp Secara Berkala

WhatsApp kini jadi sebuah aplikasi messaging dengan pengguna terbanyak sejagat. Akan tetapi, hal yang mengganggu dari aplikasi ini yaitu ia diatur secara default untuk menyimpan setiap file gambar yang dikirim oleh orang lain ke internal storage.

Jika kamu adalah orang yang aktif ber-chatting ria, pasti file media yang tersimpan juga banyak. Hapus saja gambar yang tidak penting melalui Gallery. Atau jika ingin lebih mudah, salah satu fitur di Clean Master yaitu Clean WhatsApp dapat membantu pekerjaan tersebut.

 

5. Pindahkan Aplikasi Ke SD Card

Selain foto, aplikasi yang menumpuk juga menjadi faktor utama dalam penuhnya internal storage dari Android. Ada sebagian aplikasi yang dapat kamu pindahkan secara langsung ke SD card, namun sebagian lainnya tidak dapat. Memakai Link2SD, kamu Sekarang bisa memindahkan setiap aplikasi yang diinginkan ke storage eksternal sehingga storage internal dapat lebih lega. Untuk tutorial cara penggunaan Link2SD.