Cara Mudah Mempercepat Smartphone Lemot Dalam 5 Menit

5 Cara Mudah Mempercepat Smartphone Lemot Dalam 5 Menit

Smartphone Android kamu lemot? Padahal sudah melakukan berbagai hal tapi masih saja begitu, tak usah khawatir karena dengan melakukan lima cara mempercepat android Smartphone lemot di bawah ini kamu cuma perlu waktu 5 menit saja agar smartphone kamu kembali lancar, yuk kita bahas dibawah ini.

 

1. Hapus cache aplikasi

Setelah masa penggunaan, program yang disimpan pada cache pada aplikasi ponsel Android akan mengisi satu hari dan mengonsumsi sumber data sistem, hal tersebut buat ponsel Android kamu sehari lebih lambat. Oleh karenanya untuk mempercepat Android yang lemot, kamu harus menghapus cache aplikasi. Caranya cukup mudah, kamu tinggal Buka Settings, kemudian cari dan klik Storage untuk melihat berapa banyak ruang cache ditempati.

Selanjutnya klik Cached Data.

Klik OK untuk mengkonfirmasi penghapusan.

Kamu juga bisa memakai aplikasi third party untuk mempercepat Android seperti App Cache Cleaner. Aplikasi ini secara otomatis akan menghapus cache pada perangkat Android sesuai dengan jadwal tertentu.

 

2. Disable bloatware

Kamu bisa menginstal dan menjalankan puluhan aplikasi di smartphonemu. Namun bila tak dipakai, kamu wajib menghapus aplikasi tersebut, alasannya adalah karena aplikasi dapat berjalan di latar belakang bahkan jika kamu sedang tidak membuka aplikasinya. Jika ponsel Androidmu gak mempunyai akses root, kamu tidak dapat menghapus aplikasi pre-install, tapi kamu masih dapat menonaktifkan/men-disable aplikasi tersebut.

Buka Settings > Applications > Application Manager.

Tekan tab Semua untuk melihat daftar semua aplikasi pada ponselmu.

Klik aplikasi yang ingin di-uninstall.

Klik Disable atau Uninstall.

Tekan untuk memilih OK.

Cara alternatifnya, kamu dapat mencari bantuan dari aplikasi mempercepat Android terbaik dan backup seperti Titanium Backup untuk menonaktifkan bloatware.

 

3. Meningkatkan batas memori Chrome Browser

Secara default, browser Chrome cuma memakai 128MB RAM yang tersedia, namun kamu bisa meningkatkan hingga 4 kali untuk menggunakan Chrome lebih cepat dan lancar. Pada browser Chrome di perangkat Android kamu, arahkan ke chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area atau kamu hanya bisa mengetik chrome://flags dan scroll ke bawah hingga kamu menemukan bagian “max tiles for interest area”.

VIRAL :  Apakah WhatsApp GB Aman? Simak Penjelasan Berikut Ini

Sekarang di layar perangkat Androidmu akan muncul PopUp, tekan opsi 512.

Terakhir klik Relaunch Now.

 

4. Nonaktifkan Animasi

Buka Settings, lalu cari dan klik untuk memilih About Phone. Selanjutnya pada layar About Phone, cari dan klik pilihan Built Number sebanyak 7 kali. Sekarang kamu bisa mendapatkan pemberitahuan yang mengatakan Developer Mode telah diaktifkan. Bila Developer Mode telah diaktifkan sebelumnya, kamu dapat melewatkan langkah ini. Pada aplikasi Settings, kamu menemukan pilihan Developer Options. Opsi ini muncul hanya setelah Anda telah mengaktifkan Developer Mode.

Cari dan klik Window Animation Scale

Ubah ke pilihan Animation is OFF.

Atur OFF juga pada pilihan yang lain.

 

5. Nonaktifkan animasi lockscreen

Cara lainnya untuk mempercepat Android yang lemot yaitu dengan menonaktifkan animasi lockscreen. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Buka Settings, kemudian pilih Lock Screen.

Klik Unlock effect.

Pilih None.