Cara Mudah Mengatasi Android yang Lemot dan Force Close

Sebelumnya Mimin sudah menulis sebuah Artikel tentang penyebab android lemot dan mengatasi aplikasi sering keluar sendiri, jadi dalam artikel ini teknohits akan membahas cara mengatasi android yang sering force close dan lemot, yuk langsung saja kita simak dibawah ini.

 

1. Jangan Menginstal Aplikasi Messaging terlalu banyak

Ini adalah sebuah masalah yang kerap kali ditemukan oleh mayoritas pengguna Android, mereka memasang banyak aplikasi Instant Messaging seperti BBM, Facebook, WeChat, KakaoTalk, dan lainnya secara sekaligus, padahal belum tentu semuanya terpakai. Sadar atau enggak, semua aplikasi ini masih akan terus berjalan di background, dan akan menggerogoti RAM Anda setiap waktu. Oleh karena itu, mulai sekarang bijak dan tentukanlah pilihan mana aplikasi yang sekiranya memang harus bertahan, dan mana yang harus ditinggalkan atau tidak dipasang.

 

2. Hapus Aplikasi yang Jarang dipakai

Berbeda dengan Instant Messaging, aplikasi yang menumpuk dan jarang dipakai, cuma akan menjadi sampah internal Android kamu. Tentu saja hal tersebut akan membuat Android Anda bekerja lebih keras untuk mempertahankan aplikasi itu. Alangkah baiknya bila dihapus saja aplikasi yang jarang dipakai tersebut, supaya performa Android lebih terasa optimal. Kamu bisa menggunakan aplikasi Link2SD untuk menghapus beberapa aplikasi secara tuntas dan mudah

 

3. Jangan Menggunakan Launcher (Lagi)

Masih berkaitan dengan RAM, tentunya kinerja Android akan terasa lebih berat ketika kamu harus memakai Launcher tambahan. Memang sih, dengan memakai Launcher tambahan akan membuat Android terlihat lebih keren, tapi disisi lain hal seperti ini selain membuat Android kamu lemot, dapat dengan cepat menguras baterai juga.

 

4. Gunakan Selalu Task Killer Manager

Disebabkan oleh banyaknya Aplikasi yang berjalan di background, maka dari itu sepertinya aplikasi sejenis ini sangat wajib di install di Android kamu. Sebut saja Clean Master atau Advanced Task Killer yang menjadi aplikasi Task Kill terpopuler untuk saat ini.

 

Selanjutnya, Bagaimana Mengatasi Android yang Suka ‘Force Close’?

Force Close'?
Sumber gambar: selular.id

1. Batasi Penggunaan Apps, Widget dan Live Wallpaper

Jangan selalu terlena dengan kehebatan Android, berbagai macam aplikasi yang ada memang terkadang membuat kita ingin coba, tapi cobalah sewajarnya saja. Bila memang itu tidak dibutuhkan, berarti tak perlu untuk kita pasang, karena ke depannya itu hanya akan menjadi beban Androidmu.

 

1. Selalu Install dan Pasang Aplikasi Resmi

Maksudnya aplikasi resmi disini yaitu aplikasi yang memang bersumber dari Publisher-nya. Contoh, jika kamu ingin menginstal WhatsApp, file instalasi (APK) itu memang diterbitkan oleh WhatsApp, bukan dari sumber atau hasil modifikasi orang lain, karena bisa jadi ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang dapat merugikan Android kamu.

 

2. Jangan Root Android jika Tidak Ada Kepentingan

Rooting Android memang sudah jadi kegiatan umum para pengguna Android, tapi Rooting ini juga merupakan hal yang cukup krusial.