Penyebab Utama Aplikasi Keluar Sendiri Force Close Di Android?

Pernahkan kamu mengalami masalah di smartphone  android seperti aplikasi yang berhenti dan keluar sendiri? Kasus tersebut juga bisa dikatakan sebagai istilah force close, tapi apa sih penyebabnya? Yuk kita sama sama bahas infonya dibawah ini. Umumnya buat kamu para pengguna Android, pasti pernah mengalami masalah notifikasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti” atau “Unfortunately app has stopped” saat sedang asyik-asyik menggunakan smartphone. Sebelum mencari tahu cara mengatasi “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” di Android, ada baiknya kamu cari tahu lebih dahulu apa saja sih penyebab-penyebabnya seperti berikut.

1. Memori RAM Penuh

Memori RAM di Android memegang peranan penting dalam menjalankan berbagai aplikasi di smartphone. Nah memori RAM yang terbatas dan banyak sekali aplikasi yang berjalan di background tentu membuatnya menjadi penuh. Dengan kondisi seperti ini, umumnya aplikasi yang hendak kamu jalankan akan kehabisan memori dan akan eror saat dibuka atau malah tidak bisa digunakan sama sekali guys.

2. File Cache Aplikasi Menumpuk

Sistem operasi Android selalu menyimpan file cache setiap aplikasi untuk mempercepat kamu dalam menggunakanya di lain waktu. File cache lalu akan menumpuk bila lama tidak kamu bersihkan dan menyebabkan performa smartphone menurun. Termasuk saat menjalankan aplikasi.

3. Aplikasi dan Sistem Operasi Tidak Kompatibel

Semakin waktu, aplikasi dan sistem operasi Android memperoleh update untuk memperbaiki masalah dan meningkatkan performa. Bila kamu memakai smartphone Android jadul, bisa saja aplikasi tidak lagi kompatibel dengan sistem operasi yang digunakan. Contohnya saja bila kamu memakai smartphone dengan Android 4.4 KitKat dan aplikasi minimal membutuhkan Android 5.0 Lollipop, tentu nggak akan bisa digunakan guys.