6 Tips Merekam Video di Android, Seperti Agung Hapsah?

Untuk kamu yang ingin menjadi seorang youtuber, kali ini teknohits akan memberikan tips penting yaitu cara o merekam video lewat Android dengan baik dan benar agar hasilnya bisa lebih maksimal, nah untuk itu berikut ini kamu simak saja 6 tips & trik  nya dibawah yah.

1. Sediakan Alat-Alat Ini

Kamu tenang saja, daftar peralatan berikut ini bersifat opsional dan harganya enggak harus yang mahal. Kamu tidak wajib punya semuanya, namun jika kamu yang ingin menghasilkan video dengan kualitas terbaik, unik, dan terlihat profesional. Teknohits sangat merekomendasikan kamu untuk memiliki peralatan tempur ini. Seperti tripodlensa tambahanlightning eksternal, mikrofon, dan tas perlengkapan. Oh ya, pastikan benar-benar kompatibel dengan smartphone kamu ya.

2. Jangan Pernah Merekam Video Secara Potrait

Tips merekam video di Android berikutnya yaitu jangan pernah merekam video secara potrait, melainkan landscape. Berbeda dengan foto yang dapat dinikmati baik secara potrait maupun landscape, video hanya bisa dinikmati secara maksimal di landscape. Jangan pernah deh kamu coba-coba merekam video secara vertikal, karena hasilnya tidak akan terlihat bagus bagi siapapun yang melihatnya. Karena, video tidak akan tampil penuh di video player atau YouTube dan pada akhirnya sulit dinikmati. Jadi, pastikan kamu selalu merekam video secara landspace ya.

3. Haruskah Menggunakan Video 4K?

Perlu tidak sih merekam video di Android dengan resolusi 4K atau Ultra HD? Kelebihan merekam video 4K yaitu bisa merekam video dengan resolusi sangat tinggi yakni 4x lebih detail dari video HD biasa.So, hasil video tidak lekang oleh waktu. Sayangnya, beberapa smartphone saat ini telah korbankan stabilitas dan kemulusan video untuk merekam video 4K. Hasilnya, bila kamu paksakan malah terlihat kurang bagus apalagi bila pengambilan videonya tidak stabil.

BACA JUGA  Cara Mudah Menyembunyikan Foto di HP Android

Bukan cuma itu, kelemahan merekam video 4K adalah proses editing video 4K juga berat, besaran file-nya juga besar yang tak hanya menghabiskan ruang penyimpanan smartphone tapi juga menghabiskan kuota Internet kamu ketika di upload ke YouTube. Jadi, untuk saat ini resolusi 1080p dengan fps yang tinggi tentu lebih baik.

4. Pengambilan Video Secara Stabil

Jika tidak memungkinkan menggunakan tripod, usahakan pengambilan video dilakukan secara stabil. Perhatikan juga penempatan tangan kamu, agar tidak menutupi mikrofon. Nah, kamu dapat memakai tali gantungan smartphone yang panjang dan lingkarkan ke leher lalu tarik penuh. Selain itu, jangan lupa mengatur nafas kamu dan jalan secara perlahan. Usahakan, seminimal mungkin kurangi gerakan yang tidak perlu. Oh iya, kamu juga dapat memakai aksesori Cinema Mount. Selengkapnya, kamu bisa baca review kami: Review Cinema Mount, Aksesoris Kamera Smartphone untuk Foto dan Video.

5. Maksimalkan Pengaturan Smartphone

Kenali smartphone kamu dan utak-atik pengaturan kamera smartphone, pastikan kamu sudah menyetelnya ke pengaturan terbaik. Oh iya, kamu bisa menggunakan berbagai modus perekaman video seperti video slow motiontime lapse, video 4K, dan mengombinasikannya. Pastinya, video kamu bakal terlihat keren.

6. Edit Video

Setelah proses pengambilan video yang cukup melelahkan, langkah terakhir sebelum kamu upload ke YouTube yaitu dengan mengedit video terlebih dahulu. Software update-nya bisa kamu lihat di sini: 10 Software Edit Video Terbaik untuk Windows (Sejauh Ini) untuk YouTuber. Bukan cuma memakai komputer, kamu juga bisa langsung mengedit video langsung dari smartphone Android, kamu bisa memakai FilmoraGo, VivaVideo, Triller, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *