Situs Belajar Online Terbaik di Indonesia

  • 2 min read
  • Apr 08, 2020
situs belajar online

Situs belajar online saat ini sedang hangat diperbincangkan. Para pelajar yang sedang homeschooling maupun guru sudah mulai menggunakan berbagai macam situs belajar online ini.

Dalam rangka belajar dan bekerja dari rumah untuk mencegah persebaran wabah Covid-19, maka belajar online menjadi alternatif bagi dunia pendidikan. Dengan adanya situs belajar online, mekanisme pembelajaran dari rumah pun menjadi semakin mudah.

Namun, masih banyak kebingungan dalam memilih sarana pembelajaran daring mana yang cocok untuk digunakan. Berikut adalah beberapa rekomendasi situs belajar online versi Teknohits.

Situs Belajar Online di Indonesia

Ruangguru

Situs belajar online (bimbel online no 1) yang sedang ramai diperbincangkan adalah ruangguru. Sarana pembelajaran daring ini didirikan oleh anak muda asal Indonesia.

Ruangguru saat ini telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna dan 150.000 guru yang terlibat dengan 100 bidang pelajaran yang ditawarkan.

Ruangguru juga cocok untuk menjadi pendukung belajar dalam mempersiapkan ujian nasional maupun SBMPTN.

Produk yang ditawarkan ruangguru sangat beragam. Di antaranya adalah ruangbelajar, ruanglesonline, digitalbootcamp, ruanguji, ruangles, hingga ruangkelas.

Pengguna juga dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk bisa menikmati pembelajaran dari guru yang profesional.

Harga berlangganan di ruangguru juga beragam. Produk ruangbelajar ditawarkan mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 1.045.000.

Zenius

Hampir semua pelajar saat ini sudah tidak asing dengan nama Zenius. Zenius merupakan layanan bimbingan belajar online yang berasal dari Indonesia.

Pada tahun 2007, situs Zenius didirikan dengan menyediakan lebih dari 80.000 video pendidikan dan ratusan ribu latihan soal untuk berbagai jenjang mulai dari SD sampai SMA.

Situs ini ramai diperbincangkan karena menyediakan fasilitas yang terbilang cukup lengkap untuk SBMPTN maupun ujian nasional. Fasilitas itu seperti video dan materi latihan soal yang disertai dengan pembahasannya.

Untuk menikmati fasilitas dari Zenius, pengguna harus memilih jenis anggota. Jika memilih jenis member biasa, maka pengguna tidak dapat mengakses semua fasilitas dari Zenius.

Berbeda halnya dengan pengguna yang mendaftar sebagai member. Ketika menjadi member, pengguna memiliki akses yang bebas ke seluruh konten yang tersedia.

Zenius juga memiliki akun YouTube yang berisi video-video materi pembelajaran. Saat ini akun tersebut memiliki lebih dari 100.000 subscriber.

Brainly

Brainly atau biasa dikenal dengan brainly.co.id adalah situs pembelajaran online yang dapat diakses melalui HP maupun PC.

Brainly terkenal dengan ciri khasnya yaitu menjadi wadah untuk tanya jawab seputar dunia pendidikan seperti pertanyaan seputar tugas ataupun PR sekolah.

Lalu, siapakah yang akan memberikan jawaban dari pertanyaan yang diberikan? Pertanyaan tersebut akan dijawab oleh orang-orang yang telah diverifikasi oleh pihak brainly.

Status verifikasi tersebut akan menunjukan level atau status penjawab, sehingga penanya akan mendapatkan jawaban yang terjamin kebenarannya.

Saat ini brainly telah memiliki lebih dari 23 juta pengguna di seluruh dunia, dan 1,5 juta orang di antaranya berasal dari Asia.

Rumah Belajar

Rumah belajar adalah portal pembelajaran yang berbasis online yang dikelola oleh kemendikbud.

Rumah belajar menyediakan fasilitas pembelajaran mulai dari jenjang PAUD hingga SMA/SMK. Saat ini jumlah guru aktif sebanyak 249.810 sedangkan siswa aktif berjumlah 617.237 orang.

Fitur utama yang ditawarkan meliputi sumber belajar yang berisi materi ajar berdasarkan kurikulum, kelas digital yang memfasilitasi proses pembelajaran virtual, bank soal yang berupa fitur kumpulan soal dan materi evaluasi, serta laboratorium maya yang berisi simulasi praktikum laboratorium.

Semua fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan secara gratis oleh seluruh pelajar maupun guru di Indonesia.

Rumah belajar tidak beridri sendiri melainkan didukung oleh sejumlah pihak seperti QuipperSchool, ruangguru, Zenius.net, kelaspintar, Pustekkom, m-edukasi, e-modul kesetaraan, dan masih banyak lagi.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *