11/23/2017

Apa Itu Spamming dan Cara Menghindari Spam


Apa Itu Spamming - Spam dan Cara Menghindari Spam

Teknohits.com - Pada artikel singkat ini Teknohits akan menjelaskan apa arti Spamming serta cara menanganinya. Dan mungkin teman-teman secara tidak sadar pernah menjadi salah satu korban spamming.

Menerima sebuah pesan secera terus menerus (biasanya terjadwal) yang tidak diinginkan oleh penerimanya, itu merupakan salah satu tindakan spam yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi sipelaku.

Definisi - Apa itu Spamming ?


Spamming adalah penggunaan sistem pesan elektronik seperti e-mail dan sistem pengiriman digital lainnya dan media penyiaran untuk mengirim pesan massal yang tidak diinginkan tanpa pandang bulu siapa korbanya. Istilah spamming juga diterapkan pada media lain seperti di forum internet, spam mesin pencari, spam pesan instan, spamming media sosial, transmisi faks sampah dan spam berbagi jaringan.

Penjelasan Spamming menurut Techopedia


Spamming (terutama spam e-mail) sangat umum karena adanya ilmu ekonomi. Hal ini terjadi karna pengiklan spam hanya memiliki sedikit biaya operasional yang rendah dan memerlukan tingkat respons yang cepat untuk menghasilkan keuntungan. Sebagian besar spam adalah iklan komersial, namun ada juga yang mengandung virus, adware, sesuatu yang berbau pornografi atau penipuan.

Bagaimana cara menghentikan dan menghindari Spam (Email) ?


#1 Laporkan Spam

Jika kamu mendeteksi spam di Kotak Masuk, kamu harus melakukan lebih dari sekedar menghapusnya. Setiap layanan email memiliki tombol yang dapat kamu gunakan untuk melaporkannya. Jadi lakukan itu.

#2 Jangan Terlibat Spam

Jika kamu melihatnya, laporkan spam tersebut dan jangan sekali-kali berinteraksi dengan spam. Jangan membukanya dan terutama jangan klik pada link di dalam email atau pesan tersebut. Dalam skenario terburuk didalamnya terdapat virus atau hal berbahaya lainnya.

#3 Sembunyikan Alamat Email

Semakin banyak orang yang memiliki alamat email kamu, semakin banyak spam yang akan kamu dapatkan. Jangan mempublikasikannya di sosial media atau web kecuali benar-benar harus melakukannya.

#4. Berhenti Berlangganan (Unsubscribe)

Berhenti berlangganan dari email spam yang terus masuk ke Kotak Masuk kamu. Sebagian besar email pemasaran (spam) yang masuk akan memiliki opsi di bagian akhir untuk mengatakan sesuatu seperti "Unsubscribe" atau "Remove Me".

Referensi : www.techopedia.com, www.cactusvpn.com


EmoticonEmoticon