11/07/2017

10 Aplikasi Scanner Android Terbaik (Pemindai Dokumen)

Tags

Aplikasi Scanner Android Terbaik untuk Memindai Dokumen

Teknohits.com - Smartphone Android berguna untuk banyak hal yang membuat hidup kita jauh lebih produktif, salah satu penggunaan yang sangat membantu pekerjaan namun kurang diminati atau mungkin pengguna belum tahu adalah berfungsi sebagai scanner yang berfungsi untuk scan atau memindai dokumen dengan bantuan aplikasi gratis yang ada di Google Play Store.

Padahal aplikasi ini sangat membantu pekerjaan untuk memindai dokumen dengan hanya memotret. Misalnya memindai formulir ke dalam format PDF, memindai penerimaan pajak atau memindai formulir untuk dikirim via email.

Memindai dokumen tidak harus selalu menggunakan mesin scanner. Yang kamu butuhkan cukup dengan memanfaatkan perangkat Android dan aplikasi scanner yang terbaik.

Jika kamu bertanya-tanya apakah aplikasi scanner ini bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan kualitas pemindai fisik atau tidak? Jawbannya adalah tidak, namun aplikasi ini sudah menghasilkan kualitas scan yang cukup bagus, hampir medekati hasil scanner aslinya (hasil ini tergantung pada kualitas kamera hp kamu juga).

Daftar Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik untuk Android


1. CamScanner


CamScanner - Phone PDF Creator

CamScanner adalah salah satu aplikasi pemindai dokumen yang paling populer di Play Store. CamScanner menawarkan fitur yang untuk memindai dokumen secara efisien. Dengan menggunakan kamera ponsel kamu, kamu dapat memindai faktur, ijazah, kuitansi, catatan, kartu nama, sertifikat, dan banyak lagi!

Kamu juga dapat berbagi file PDF atau JPG melalui media sosial atau sebagai lampiran via email. Untuk menghasilkan pemindaian dokumen yang sempurna, manfaatkan fitur auto-enhancing dan smart-cropping di CamScanner. Fitur keren dan pemindaian tak terbatas bisa di gunakan jika kamu membeli layanan premium seharga $4,99.

2. ScanBot


Scanbot - PDF Document Scanner

Aplikasi Scanbot dapat memindai dokumen yang kamu letakan di depan kamera ponsel. Saat kamu mencoba memindai dokumen, aplikasi ini akan memberitahu kamu untuk bergerak lebih dekat atau tidak bergerak. Dengan meningkatkan versi ke Premium, kamu dapat menambahkan catatan dan pengingat ke hasil pindaian.

Selain iut, aplikasi ini juga bisa memindai dokumen ke PDF atau menyimpannya di JPG. Ini juga dilengkapi dengan pemindaian kode QR, pemindaian kode batang, pemindaian multi halaman, upload otomatis, pengeditan, anotasi, pengenalan teks OCR dan pencarian teks lengkap.

3. Google Drive


Google Drive Scanner

Aplikasi Google Drive memungkinkan kamu memindai dokumen dengan mudah. Sepertinya banyak yang belum mengetahui kalau Google Drive juga dapat berfungsi sebagai scanner.

Kamu dapat menggunakan aplikasi Google Drive untuk memindai dokumen seperti tanda terima, surat, dan laporan-laporan lainnya. Setelah selesai memindai, aplikasi ini akan menyimpan berkas hasil scan dalam format PDF yang dapat dicari di akun Google Drive kamu.

4. Office Lens


Office Lens

Office Lens adalah aplikasi pemindai dokumen sederhana yang di luncurkan oleh Microsoft. Office Lens mempromosikan dirinya sebagai aplikasi yang dapat membantu untuk keperluan sekolah, pekerjaan atau bisnis. Aplikasi ini juga menawarkan kualitas hasil pindaian yang baik seperti memindai kuitansi, papan tulis, sketsa, kartu nama, catatan, dan lainnya.

Kamu dapat menyimpan hasil pindaian dalam format file PDF, Word atau Powerpoint ke OneDrive atau OneNote dengan menggunakan akun Microsoft kamu. Aplikasi ini bekerja pada Bahasa Cina Sederhana, Inggris, Spanyol, dan Jerman. Office Lens gratis untuk diunduh dan tidak ada versi premium.

5. TurboScan


TurboScan : scan documents & receipts in PDF

TurboScan adalah aplikasi scannner yang cukup ringan jika dibandingkan dengan aplikasi pemindai dokumen lainya, dan juga memiliki semua fitur dasar. Hebatnya lagi, TurboScan hadir dengan koreksi perspektif dan deteksi tepi halaman untuk pemindaian yang lebih akurat.

TurboScan menawarkan waktu pemrosesan yang cepat dan kamu dapat menyimpan dokumen ke PDF, JPEG, atau PNG. Ini juga memiliki dukungan multi halaman jika kamu memerlukannya. Versi gratis membatasi pemindaian multi halaman hanya sampai tiga halaman saja.

6. Handy Scanner


Handy Scanner Free PDF Creator

Handy Scanner adalah pemindai dokumen yang hadir dengan banyak fitur dan juga beberapa filter canggih untuk memastikan hasil pindaian kamu menjadi lebih baik. Ada juga dukungan Batch Scan, sehingga kamu bisa memindai sekumpulan dokumen. Ini mendukung tata letak halaman yang berbeda seperti A3, A4, Legal, Letter, Executive dan banyak lagi.

Aplikasi ini juga membawa fitur backup & restore yang mudah digunakan dan kamu dapat mengunggah dokumen atau gambar yang dipindai ke Dropbox, Google Drive dan layanan cloud populer lainnya. Versi gratisnya cukup terbatas, kamu hanya dapat memindai 20 dokumen dengan 3 jepretan kamera per dokumen.

7. Genius Scan


Genius Scan - PDF Scanner

Genius Scan adalah aplikasi pemindai dokumen dengan dukungan fitur utama yaitu pemindaian dokumen, konversi, dan berbagi. Genius Scan menawarkan fitur untuk memperbaiki pemindaian benda-benda seperti catatan sekolah, papan tulis putih, dan item lainnya.

Genius Scan dalam versi gratis terbatas pada opsi berbagi, yang paling berguna dari Genius Scan adalah mengirim dokumen yang dipindai ke email dan menunggah ke cloud Dropbox dan Google Drive. Semua pengguna dapat mengunggah dokumen ke cloud secara langsung.

8. Tiny Scanner


Tiny Scanner - PDF Scanner App

Tiny Scanner mengubah perangkat Android kamu menjadi layaknya mesin pemindai portabel. Pindai semua dokumen yang kamu inginkan dan simpanlah hasil scan menjadi gambar atau file PDF. Aplikasi ini juga menawarkan penggunanya untuk menyimpan file melalui layanan cloud seperti Dropbox, Box, dll.

Tepi halaman terdeteksi secara otomatis, dan kamu juga dapat mengatur ukuran halaman ke Legal, A4, Letter dll. Fitur keren lainya dari Tiny Scanner, dokumen yang kamu scan bisa diubah menjadi berwarna atau hitam dan putih.

9. Fast Scanner


Fast Scanner : Free PDF Scan

Fast Scanner dengan jumlah unduhan lebih dari 5 juta via play store, aplikasi ini mencakup semua kebutuhan pemindaian dokumen. Dapat memindai semua jenis dokumen termasuk kartu nama dan teks kertas lainnya. Kamu dapat menambahkan lebih dari satu halaman ke pemindaian dan menyimpannya sebagai PDF.

Fast Scanner memiliki fitur khas sendiri, termasuk dukungan PDF dan JPEG, pemindaian dokumen, dan beberapa fitur pengeditan. Ini juga mendukung cloud printing. Pengembang juga memiliki aplikasi pengiriman faks yang sesuai jika kamu memerlukan dokumen faksimile. Untuk versi gratis aplikasi ini membatasi jumlah pemindaian dokumen.

10. Mobile Doc Scanner


Tiny Scanner - PDF Scanner App

Mobile Doc Scanner hadir dalam versi gratis dan juga versi premium. Aplikasi ini memiliki banyak fitur hebat seperti mode Batch, yang memungkinkan kamu memindai dokumen dengan cepat. Aplikasi ini juga memiliki beberapa gerakan keren untuk menavigasi aplikasi dengan mudah. Hadir dengan API kamera baru, yang mengklaim dapat menghasilkan pemindaian kualitas yang lebih baik.

Terdapat juga dukungan untuk berbagai layout halaman seperti Executive, Tabloid, A3, A4, A5, B5, Business Card, Envelope, Letter, Legal dan banyak lagi. Versi premium dari aplikasi ini menghapus iklan dan watermark dan juga menambahkan kemampuan untuk membaca file PDF, mengekstrak teks dan banyak lagi.

Catatan: Hasil pemindaian dokumen menggunakan aplikasi scanner Android tergantung dari kualitas kamera smartphone.


Menurut Teknohits, 10 aplikasi diatas adalah pilihan aplikasi scanner atau pemindai terbaik untuk Android. Aplikasi mana yang paling kamu sukai? atau ada rekomendasi yang lebih bagus selain 10 aplikasi scanner diatas? Beritahu Teknohits dengan cara berkomentar di bawah ini.


EmoticonEmoticon