Surat Al Zalzalah dan Artinya

Hello Sobat Teknohits!

Apakah kamu tahu tentang surat Al Zalzalah di dalam Al-Quran? Surat Al Zalzalah adalah salah satu surat pendek dalam Al-Quran yang menceritakan tentang hari kiamat dan perbuatan manusia yang akan dihitung pada hari itu. Surat ini terdiri dari 8 ayat dan termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah.

Ayat Pertama

Bunyi ayat pertama dari surat Al Zalzalah adalah “Idzaa zulzilatil ardu zilzalaaha” yang artinya “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan yang dahsyat”. Ayat ini menggambarkan tentang keadaan bumi yang akan digoncangkan pada saat hari kiamat tiba.

Ayat Kedua

Ayat kedua dari surat Al Zalzalah adalah “Wa akhrajatil ardu athqalaha” yang artinya “Dan bumi mengeluarkan beban-beban beratnya”. Ayat ini menjelaskan tentang beban-beban berat yang ada di dalam bumi yang akan dikeluarkan pada saat hari kiamat tiba.

Ayat Ketiga

Ayat ketiga dari surat Al Zalzalah adalah “Wa qaalal insaanu maa lahaa” yang artinya “Dan manusia bertanya: Apa yang terjadi dengan bumi ini?”. Ayat ini menggambarkan tentang kebingungan manusia pada saat bumi digoncangkan dengan dahsyat.

Ayat Keempat

Ayat keempat dari surat Al Zalzalah adalah “Yawma-izin tuhadditsu akhbaaraha” yang artinya “Pada hari itu bumi menceritakan berita-beritanya”. Ayat ini menjelaskan tentang bumi yang akan menceritakan segala perbuatan manusia yang terjadi di atasnya pada saat hari kiamat tiba.

Ayat Kelima

Ayat kelima dari surat Al Zalzalah adalah “Bi-anna rabbaka awhaa lahaa” yang artinya “Karena Tuhanmu telah memberitahukan padanya”. Ayat ini menggambarkan tentang kebenaran hari kiamat dan bahwa Tuhan sudah memberitahukan tentang hal itu.

Ayat Keenam

Ayat keenam dari surat Al Zalzalah adalah “Yawma-izin yasduruun naasu ashtaatan liyuraw a’maalahum” yang artinya “Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan bertebaran untuk diperlihatkan kepada mereka amal-amal yang telah mereka kerjakan”. Ayat ini menjelaskan tentang manusia yang keluar dari kubur mereka pada saat hari kiamat tiba dan akan diperlihatkan amal-amal yang telah mereka kerjakan selama hidup di dunia.

Ayat Ketujuh

Ayat ketujuh dari surat Al Zalzalah adalah “Famai ya’mal mitsqaala zarratin khairaiy yarah” yang artinya “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun akan melihat (balasannya)”. Ayat ini menggambarkan tentang bahwa setiap perbuatan kebaikan yang kita lakukan, baik yang besar maupun kecil, pasti akan kita lihat balasannya pada saat hari kiamat tiba.

Ayat Terakhir

Ayat terakhir dari surat Al Zalzalah adalah “Wa mai ya’mal mitsqaala zarratin syarrai yarah” yang artinya “Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun akan melihat (balasannya)”. Ayat ini menjelaskan tentang bahwa setiap perbuatan kejahatan yang kita lakukan, baik yang besar maupun kecil, pasti akan kita lihat balasannya pada saat hari kiamat tiba.

Kesimpulan

Surat Al Zalzalah mengajarkan kita tentang pentingnya melakukan perbuatan baik selama hidup di dunia karena setiap perbuatan baik yang kita lakukan pasti akan kita lihat balasannya pada saat hari kiamat tiba. Begitu juga dengan perbuatan buruk yang kita lakukan. Oleh karena itu, mari kita selalu berbuat baik dan menjauhi perbuatan buruk agar kita bisa mendapat balasan yang baik pada akhirnya.Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Surat Al Zalzalah dan Artinya