Jumlah Provinsi di Indonesia Saat Ini

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang jumlah provinsi di Indonesia saat ini. Sebelum kita mulai, mari kita bahas dulu definisi dari provinsi.

Apa itu Provinsi?

Provinsi adalah unit pemerintahan di Indonesia yang terdiri dari satu atau beberapa kabupaten/kota. Saat ini, Indonesia memiliki 34 provinsi yang terdiri dari 514 kabupaten/kota.

Berapa Jumlah Provinsi di Indonesia?

Sesuai dengan data yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2021, jumlah provinsi di Indonesia saat ini adalah 34 provinsi.

Sejarah Pembentukan Provinsi di Indonesia

Provinsi di Indonesia dibentuk berdasarkan perkembangan sejarah Indonesia. Pada saat Indonesia masih dalam masa penjajahan, terdapat beberapa wilayah yang dijadikan sebagai provinsi oleh pihak penjajah. Setelah Indonesia merdeka, wilayah-wilayah tersebut dijadikan sebagai provinsi oleh pemerintah Indonesia.

Pada awal pembentukan negara Indonesia, terdapat 8 provinsi yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, jumlah provinsi di Indonesia terus bertambah.

Daftar Provinsi di Indonesia

Berikut ini adalah daftar provinsi di Indonesia:

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Kepulauan Riau
  6. Jambi
  7. Sumatera Selatan
  8. Bengkulu
  9. Lampung
  10. Bangka Belitung
  11. DKI Jakarta
  12. Jawa Barat
  13. Banten
  14. Jawa Tengah
  15. DI Yogyakarta
  16. Jawa Timur
  17. Bali
  18. Nusa Tenggara Barat
  19. Nusa Tenggara Timur
  20. Kalimantan Barat
  21. Kalimantan Tengah
  22. Kalimantan Selatan
  23. Kalimantan Timur
  24. Kalimantan Utara
  25. Sulawesi Utara
  26. Sulawesi Tengah
  27. Sulawesi Selatan
  28. Sulawesi Tenggara
  29. Gorontalo
  30. Maluku
  31. Maluku Utara
  32. Papua Barat
  33. Papua

Penambahan Provinsi Terbaru

Provinsi terbaru yang ditambahkan adalah Papua Barat pada tahun 2003. Sebelumnya, wilayah Papua Barat merupakan bagian dari Provinsi Papua. Dalam upaya untuk mempercepat pembangunan dan pemerataan wilayah, maka diputuskan untuk memisahkan wilayah Papua Barat dari Provinsi Papua.

Pembagian Wilayah di Indonesia

Selain provinsi, Indonesia juga dibagi menjadi beberapa wilayah administratif yang lebih kecil. Wilayah administratif tersebut antara lain kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan, hingga dusun/lingkungan.

Kesimpulan

Indonesia saat ini memiliki 34 provinsi yang terdiri dari 514 kabupaten/kota. Provinsi di Indonesia dibentuk berdasarkan perkembangan sejarah Indonesia. Papua Barat adalah provinsi terbaru yang ditambahkan pada tahun 2003. Terdapat juga wilayah administratif yang lebih kecil seperti kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan, hingga dusun/lingkungan.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!

Jumlah Provinsi di Indonesia Saat Ini