Past Passive Tense

Sobat Teknohits, hello! Kali ini kita akan membahas tentang “past passive tense” dalam bahasa Indonesia. Sebelum kita mulai, mari kita definisikan terlebih dahulu apa itu “past passive tense”.

Pengertian Past Passive Tense

“Past passive tense” adalah bentuk kata kerja yang menunjukkan bahwa subjek dalam kalimat tersebut menerima tindakan dari kata kerja. Dalam bahasa Indonesia, bentuk ini biasa disebut sebagai “kalimat pasif lampau”.Contohnya adalah kalimat “Ikan itu dimakan oleh kucing”. Dalam kalimat tersebut, subjek “ikan” menerima tindakan dari kata kerja “dimakan” yang dilakukan oleh objek “kucing”.

Bentuk Past Passive Tense

Bentuk “past passive tense” dibentuk dengan menggunakan “was/were” diikuti oleh kata kerja bentuk ketiga (past participle).Contohnya adalah:- The cake was baked by my mom. (Kue itu dibuat oleh ibuku.)- The book was written by J.K. Rowling. (Buku itu ditulis oleh J.K. Rowling.)

Kapan Menggunakan Past Passive Tense?

Kita bisa menggunakan “past passive tense” ketika kita ingin menekankan pada objek dalam kalimat tersebut. Contohnya, jika kita ingin menekankan bahwa kue tersebut dibuat oleh ibu kita, bukan oleh kita sendiri, maka kita bisa menggunakan kalimat “The cake was baked by my mom”.Selain itu, “past passive tense” juga sering digunakan dalam berita atau laporan untuk menyampaikan informasi secara objektif.

Contoh Kalimat Past Passive Tense

Berikut adalah beberapa contoh kalimat “past passive tense” dalam bahasa Indonesia:- Laptop itu dibawa oleh adikku ke sekolah.- Buku itu sudah dibaca oleh saya.- Rumah itu dijual oleh pemiliknya.- Film itu diproduksi oleh perusahaan besar.- Kucing itu diselamatkan oleh pemadam kebakaran.

Kesimpulan

Dalam bahasa Indonesia, “past passive tense” atau kalimat pasif lampau digunakan untuk menekankan pada objek dalam kalimat tersebut. Bentuknya dibentuk dengan menggunakan “was/were” diikuti oleh kata kerja bentuk ketiga (past participle). Contoh penggunaannya bisa ditemukan dalam berita atau laporan untuk menyampaikan informasi objektif.Sekian artikel tentang “past passive tense” kali ini. Semoga bermanfaat untuk Sobat Teknohits! Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Past Passive Tense