Cara Format Flashdisk Write Protected

Salam, Sobat Teknohits! Pernahkah kamu mengalami masalah flashdisk yang tidak bisa diisi atau dihapus karena terkunci write protected? Tentu sangat menjengkelkan bukan? Jangan khawatir, pada artikel kali ini kita akan membahas cara format flashdisk write protected dengan mudah.

Cara Pertama: Menggunakan CMD

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Pertama-tama, colokkan flashdisk ke komputer dan buka CMD dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketik “cmd” dan tekan enter.Setelah itu, ketik “diskpart” dan tekan enter. Kemudian, ketik “list disk” untuk menampilkan daftar disk yang tersedia. Pilih disk flashdisk yang ingin diformat dengan mengetik “select disk X” dan tekan enter (X adalah nomor disk flashdisk).Kemudian, ketik “attributes disk clear readonly” dan tekan enter. Setelah itu, ketik “clean” dan tekan enter. Tunggu hingga proses selesai, lalu ketik “create partition primary” dan tekan enter. Terakhir, ketik “format fs=fat32” dan tekan enter untuk memulai proses format.

Cara Kedua: Menggunakan Regedit

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Registry Editor (Regedit). Pertama-tama, colokkan flashdisk ke komputer dan buka Regedit dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketik “regedit” dan tekan enter.Kemudian, buka “HKEY_LOCAL_MACHINE” > “SYSTEM” > “CurrentControlSet” > “Control” > “StorageDevicePolicies”. Jika tidak ada folder StorageDevicePolicies, kamu bisa membuatnya dengan cara klik kanan pada folder Control, lalu pilih “New” > “Key” dan beri nama “StorageDevicePolicies”.Setelah itu, buat “DWORD” dengan cara klik kanan pada folder StorageDevicePolicies, lalu pilih “New” > “DWORD (32-bit) Value” dan beri nama “WriteProtect”. Kemudian, ganti nilainya menjadi “0” dan klik “OK”.Terakhir, keluar dari Regedit dan colokkan flashdisk ke komputer. Sekarang kamu sudah bisa menghapus atau menambahkan file pada flashdisk yang sebelumnya terkunci write protected.

Cara Ketiga: Menggunakan Aplikasi Format

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi format seperti HP USB Disk Storage Format Tool atau SD Formatter. Kamu bisa download aplikasi tersebut di internet dan instal ke komputer.Setelah itu, colokkan flashdisk ke komputer dan buka aplikasi format yang sudah diinstal. Pilih flashdisk yang ingin diformat, lalu pilih file system dan klik “Start” untuk memulai proses format.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara format flashdisk write protected yang bisa Sobat Teknohits coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu mengatasi masalah write protected pada flashdisk. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Cara Format Flashdisk Write Protected