Irregular Verb 1 2 3

Hello Sobat Teknohits, apa kabar hari ini?

Kali ini kita akan membahas mengenai irregular verb 1 2 3 atau kata kerja tidak beraturan dalam bahasa Inggris. Kata kerja tidak beraturan adalah kata kerja yang bentuk lampau dan bentuk participle-nya tidak mengikuti aturan umum. Contohnya adalah kata kerja “go”, yang bentuk lampau-nya adalah “went” dan bentuk participle-nya adalah “gone”, tidak mengikuti aturan umum seperti kata kerja “walk” yang bentuk lampau-nya adalah “walked” dan bentuk participle-nya adalah “walked”.

Ada banyak kata kerja tidak beraturan dalam bahasa Inggris, namun kali ini kita akan membahas beberapa kata kerja tidak beraturan yang paling umum digunakan.

Irregular Verb 1 2 3 Paling Umum

1. Be (was/were – been)

Kata kerja “be” digunakan untuk menyatakan keadaan atau status seseorang atau sesuatu. Bentuk lampau-nya adalah “was” untuk orang tunggal dan “were” untuk orang jamak. Bentuk participle-nya adalah “been”. Contoh penggunaan: “I was happy yesterday.” (Saya bahagia kemarin.)

2. Have (had – had)

Kata kerja “have” digunakan untuk menyatakan kepemilikan atau pengalaman. Bentuk lampau-nya adalah “had” dan bentuk participle-nya juga adalah “had”. Contoh penggunaan: “I had a great time at the party.” (Saya memiliki waktu yang menyenangkan di pesta.)

3. Do (did – done)

Kata kerja “do” digunakan untuk menyatakan tindakan atau pekerjaan. Bentuk lampau-nya adalah “did” dan bentuk participle-nya adalah “done”. Contoh penggunaan: “I did my homework last night.” (Saya mengerjakan PR saya malam kemarin.)

4. Say (said – said)

Kata kerja “say” digunakan untuk menyatakan ucapan atau pernyataan. Bentuk lampau-nya adalah “said” dan bentuk participle-nya juga adalah “said”. Contoh penggunaan: “She said she loves me.” (Dia mengatakan bahwa dia mencintaiku.)

5. Go (went – gone)

Kata kerja “go” digunakan untuk menyatakan pergi atau bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Bentuk lampau-nya adalah “went” dan bentuk participle-nya adalah “gone”. Contoh penggunaan: “I went to the store this morning.” (Saya pergi ke toko pagi ini.)

6. Get (got – got/gotten)

Kata kerja “get” digunakan untuk menyatakan mendapatkan atau memperoleh. Bentuk lampau-nya adalah “got” dan bentuk participle-nya bisa “got” atau “gotten”. Contoh penggunaan: “I got a new car yesterday.” (Saya mendapatkan mobil baru kemarin.)

7. Make (made – made)

Kata kerja “make” digunakan untuk menyatakan membuat atau menciptakan. Bentuk lampau-nya adalah “made” dan bentuk participle-nya juga adalah “made”. Contoh penggunaan: “I made a cake for my friend’s birthday.” (Saya membuat kue untuk ulang tahun teman saya.)

8. Take (took – taken)

Kata kerja “take” digunakan untuk menyatakan mengambil atau membawa sesuatu. Bentuk lampau-nya adalah “took” dan bentuk participle-nya adalah “taken”. Contoh penggunaan: “I took the train to work this morning.” (Saya naik kereta api ke tempat kerja pagi ini.)

9. See (saw – seen)

Kata kerja “see” digunakan untuk menyatakan melihat atau memperhatikan sesuatu. Bentuk lampau-nya adalah “saw” dan bentuk participle-nya adalah “seen”. Contoh penggunaan: “I saw a beautiful sunset last night.” (Saya melihat matahari terbenam yang indah kemarin malam.)

10. Come (came – come)

Kata kerja “come” digunakan untuk menyatakan datang atau tiba ke suatu tempat. Bentuk lampau-nya adalah “came” dan bentuk participle-nya juga adalah “come”. Contoh penggunaan: “My friends came to visit me yesterday.” (Teman-temanku datang mengunjungiku kemarin.)

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh kata kerja tidak beraturan atau irregular verb 1 2 3 dalam bahasa Inggris yang paling umum digunakan. Sebagai seorang pembelajar bahasa Inggris, penting untuk mempelajari dan menghafalkan irregular verb 1 2 3 ini agar bisa menggunakan bahasa Inggris dengan lebih lancar dan benar.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Irregular Verb 1 2 3