Jangan Salah! Inilah Perbedaan Notebook, Netbook, dan Laptop

Jangan Salah! Inilah Perbedaan Notebook, Netbook, dan Laptop

Seiring berkembangnya teknologi saat ini sudah bermunculan perangkat yang memudahkan pekerjaan semua orang agar lebih cepat menyelesaikan urusannya, salah satu teknologi yang banyak digunakan adalah komputer jinjing akan mudah dibawa saat hendak untuk digunakan, kamu tentu mengetahui komputer jinjing ini terbagi dalam 3 jenis yaitu Notebook, Netbook, dan Laptop dan ketiga jenis tersebut berbeda, tapi tahukah kamu apa sih perbedaan dari ketiga jenis teknologi tersebut? Yuk mari kita ulas dibawah ini ya.

1. Perbedaan Ukuran Layar

Kamu tahu nggak, jika ternyata hal paling mendasar dan mudah untuk membedakan ketiga perangkat itu merupakan dari ukuran layarnya, lho. Netbook sendiri adalah sebuah perangkat komputer jinjing yang memiliki ukuran bodi paling kecil bila dibandingkan dengan dua saudaranya, sobat Perangkat netbook umumnya dibekali layar minimalis berukuran sekitar 6 hingga 13 inci saja. sementara itu, perangkat notebook sendiri mempunyai ukuran layar yang lebih besar daripada netbook yaitu berkisar antara 13 hingga 18 inci.

Berikutnya terdapat perangkat laptop yang tentunya memiliki ukuran layar yang lebih besar yaitu lebih dari 17 inci dan biasanya lebih tebal juga, sob. Ukuran layarnya yang besar buat banyak orang lebih memilih laptop untuk mendukung pekerjaannya. terlebih saat ini laptop juga hadir dalam berbagai jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya seperti laptop gaming, ataupun laptop desain grafis.

 

2. Perbedaan Spesifikasi

Guess the Naruto Character Quiz

Aspek berikutnya yang dapat jadi sebuah pembeda antara netbook, notebook, dan laptop adalah dari segi spesifikasinya, sob. Di antara ketiga perangkat komputer jinjing ini, netbook adalah perangkat yang mempunyai spesifikasi paling rendah, sob. Bukan cuma itu, perangkat netbook pula umumnya memakai prosesor kelas menengah ke bawah yang memiliki performa yang nggak terlalu tinggi.

Di sektor RAM pula bagai perangkat netbook biasanya dibekali dengan kapasitas yang nggak lebih dari 2GB dan kartu pengolah grafis yang kurang bagus. Perbedaan lainnya adalah kita bisa lihat dari absennya DVD-ROM internal pada perangkat netbook sehingga kamu nggak bisa memasukkan CD/DVD ke dalam netbook, sob. Sementara, untuk perangkat notebook sendiri biasanya memiliki spesifikasi kelas menengah yang tentu lebih tinggi dari netbook.

Di kebanyakan perangkat notebook umumnya udah mengusung prosesor Dual Core hingga Core i7 yang tentunya membuat performa notebook jauh lebih cepat dari netbook. Selain itu, notebook pula umumnya mengadopsi kartu grafis dari kelas menengah seperti misalnya Intel HD, AMD Radeon, ataupun NVidia GT 830. Sedangkan perangkat laptop umumnya mengadopsi spesifikasi yang hampir sama dengan notebook atau bahkan lebih tinggi, sob.

3. Perbedaan Berat

Perbedaan berikutnya yang membedakan antara netbook, notebook, dan laptop yaitu dari segi berat perangkatnya, sob. Bila dari segi ukuran layar saja ketiganya punya perbedaan masing-masing, maka hal itu pula akan berpengaruh pada bobotnya. Selain mempunyai ukuran bodi paling mungil, perangkat netbook juga umumnya memiliki bobot yang paling ringan di antara kedua saudaranya, sob. Sementara untuk notebook sendiri memiliki bobot yang sedikit lebih berat dari netbook. Notebook biasanya mempunyai berat sekitar 1.5 Kg hingga 2 Kg. Berbeda dengan dua perangkat komputer jinjing sebelumnya, laptop tentunya memiliki bobot yang lebih berat yaitu sekitar 2 Kg, sob. Akan tetapi, di zaman yang canggih ini akan terasa sulit jika berat dijadikan sebagai acuan untuk membedakan antara netbook, notebook, dan laptop. hal itu dikarenakan saat ini banyak perusahaan teknologi justru berlomba-lomba memproduksi komputer jinjing dengan bobot yang paling ringan dan tipis.

BONUS: Perbedaan Netbook, Notebook, dan Laptop

Jenis Detail

Netbook – Ukuran layar 6-13 inci

– Tidak memiliki DVD-ROM Internal

– Kapasitas RAM tidak lebih dari 2GB

– Bobot ringan di bawah 1.5 Kg

Contoh: HP Pavilion 10 f-001au, Acer Aspire One 725 C6C, Asus EePC 1015PW

Notebook – Ukuran layar 13-18 inci

– Menggunakan prosesor dual-core hingga Core i7

– Bobot 1.5 Kg hingga 2 Kg

Contoh: Axioo MyBook 14, Lenovo Ideapad 100 14, Zyrex Sky 232

Laptop – Ukuran layar di atas 17 inci

– Lebih berat

– Spesifikasi hampir sama dengan notebook atau lebih tinggi

– Bobot umumnya lebih berat daripada netbook atau notebook

Contoh: Alienware Area 51m, Dell Precision 7730i,Lenovo ThinkPad P72