4 Cara Menghubungi Nomor Call Center PLN Berdasarkan Masalahnya

Adanya nomor call center PLN menjadikan warga masyarakat lebih mudah menghubungi pihak perusahaan listrik Negara ketika ingin melakukan komplain atau bertanya soal fasilitas yang disediakannya. Sesuai dengan namanya, perusahaan ini dijalankan oleh negara sehingga semua tenaga listrik di Tanah Air diurus oleh perusahaan tersebut.

Karena mempunyai tanggung jawab yang besar soal kelistrikan, tentunya perusahaan ini harus lebih giat memberikan pelayanan yang memuaskan untuk para pelanggan setia. Salah satunya adalah dengan memberikan cara paling mudah untuk konsumen ketika ingin menghubunginya langsung lewat call center.

Nomor telepon call center PLN yang dapat dihubungi 123. Dengan nomor itu setiap konsumen bisa mencari informasi dan mengadu semua hal berkaitan dengan layanan kelistrikannya. Maka dari itu supaya lebih jelas apa saja masalah yang bisa diadu lewat nomor tersebut, sebaiknya simak penjelasannya disini.

Deskripsi Layanan dari PLN 123 Bebas Pulsa

Hampir semua warga Indonesia pasti tidak bisa lepas dari layanan perusahaan kelistrikan ini. Karena semua orang butuh listrik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka dari itu demi memberikan kenyamanan kepada para konsumen, maka dibuatlah sebuah nomor telepon yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa layanan nomor telepon tersebut diberikan demi menjaga kualitas dan kepuasan para warga Indonesia. Dengan jumlah pengguna listrik yang semakin meningkat, hal tersebut memaksa perusahaan kelistrikan ini harus lebih siap meningkatkan kualitasnya.

Saat kualitasnya menurun, otomatis banyak pelanggan yang lari dan beralih menggunakan tenaga surya. Maka dari itu hadirnya fasilitas call center PLN ini diharapkan supaya para pelanggan merasa puas dengan segala layanan yang diberikan. Menariknya lagi adalah kamu bisa menggunakan layanan tersebut selama 24 jam.

Jadi layanannya benar-benar tanpa batas dan bebas pulsa demi menjaga kepuasan pelanggan yang ingin bertanya atau bahkan mengadu kekurangan fasilitas dari perusahaan ini. Lewat layanan ini juga para konsumen bisa memesan fasilitas tertentu secara langsung.

Misalnya saja ingin mengganti daya listrik, melakukan pemasangan sambungan baru dan sementara, atau bahkan hanya ingin melapor saat ada gangguan tertentu. Tidak hanya itu saja, lewat sambungan ini juga para pelanggan bisa mengetahui tagihan listrik setiap bulan tanpa harus berkunjung ke kantor resminya.

Contoh Gangguan Listrik yang Dapat Dilaporkan ke Call Center PLN

Berbicara tentang contoh gangguannya, sebenarnya tidak ada batasan pengaduan untuk para konsumen yang ingin melaporkan masalahnya ke pihak PLN. Karena tentunya setiap masalah yang disebabkan oleh kelistrikan sangat mempengaruhi kegiatan sehari-hari para masyarakat, khususnya di malam hari. Berikut adalah contoh masalah yang dapat disampaikan adalah:

Power failure termasuk jenis masalah yang paling mengganggu. Masalah mati lampu ini bisa saja terjadi karena sumber listriknya hilang dari mesin pusatnya. Sehingga hal tersebut membuat konsumen tidak memiliki daya listrik dan akhirnya terjadilah mati lampu.

Power surge juga merupakan masalah listrik yang paling mengganggu karena bisa membuat voltasenya meningkat sampai dengan 2 kali lipat dari ukuran seharusnya. Penyebab masalah ini biasanya terjadi akibat dari sambaran petir sehingga membuat voltasenya terganggu.

Saat mengalami masalah power SAG, kamu bisa langsung menghubungi call center PLN karena permasalahan ini tidak bisa dianggap remeh. Saat masalah ini terjadi ketika voltasenya tinggi, atau bahkan voltase turun hingga 80%, maka kamu wajib melaporkannya. Gangguan ini terjadi karena kamu memakai listrik melebihi dayanya.

Salah satu permasalahan paling sering terjadi namun jarang terjadi adalah over dan under voltage. Meski tidak menyebabkan mati lampu, namun sayangnya permasalahan ini ternyata bisa mengakibatkan masalah berkelanjutan. Yaitu peralatan elektronik di rumah menjadi cepat rusak.

Masalah kelistrikan lainnya yang dapat disampaikan adalah adalah electrical line noise. Yaitu saat gelombang kelistrikannya bermasalah karena banyak hal. Misalnya saja karena proses pemasangan kelistrikannya yang tidak sesuai, ada gangguan frekuensi radio, dan sambaran petir sekaligus.

Panduan Menghubungi Call Center PLN

Ada banyak masalah yang dapat diadukan ke pihak layanan PLN sekaligus. Jadi kamu tidak perlu risau lagi bila mengalami masalah kelistrikan di rumah atau mana saja. Maka bisa menghubungi perusahaan via online, maka berbagai macam permasalahan segera terselesaikan. Berikut adalah cara menghubungi call center:

Untuk menghubungi kantor pusatnya bisa menghubungi 123. Cara ini terbukti efektif membantu mengatasi permasalahan listrik di rumah sebelum menggunakan jasa tukang listrik dengan biaya yang mahal. Jadi, sampaikan saja keluhannya, maka petugas PLN langsung terjun ke tempat kejadian permasalahan. Layanan ini bisa diakses 24 jam.

Selain melalui nomor 123, kamu juga bisa menggunakan kode area untuk menghubungi pihak call center PLN. Caranya tambahkan kode area tempat tinggalmu dan diikuti dengan angka 123. Cara ini terbukti lebih cepat mendapatkan penanganan secara langsung daripada hanya menekan tombol 123 saja.

Segala permasalahan kelistrikan dan keluhannya juga bisa diatasi dengan menghubungi pihak PLN melalui layanan email. Kamu bisa menghubungi mereka lewat pln123@pln.co.id atau cek langsung via web resminya di www.pln.co.id. Disinilah setiap permasalahan akan ditanggapi dengan cepat.

Cara lain untuk menghubungi perusahaan ini adalah melalui media sosialnya langsung. Jadi ada banyak cara untuk berkomunikasi dengan perusahaan ini. Salah satunya melalui facebook dan twitter. Segala kritik saran bisa disampaikan langsung melalui @pln_123 atau PLN 123.

Kelebihan Layanan Call Center PLN

Berkat fasilitas call center yang diberikan oleh perusahaan BUMN ini tentunya memberikan banyak keuntungan kepada semua pelanggan dan karyawan. Itulah sebabnya layanan ini dianggap sebagai solusi terbaik untuk mengatasi semua permasalahan kelistrikan dengan cepat. Berikut adalah kelebihannya!

Hadirnya layanan terbaru inilah membuat semua fasilitas perusahaan ini semakin terpusat. Karena dengan menekan 1 nomor telepon saja, maka semua pelanggan bisa menghubungi kantor PLN pusat secara langsung untuk menyampaikan keluhan atau ketika ingin menambah fasilitas layanan di rumahnya.

Karena sistemnya terpusat, hal ini membuat call center PLN ini semakin terintegrasi layanannya. Itu artinya perusahaan ini sudah lebih modern karena siapa saja dapat menghubungi kontak resminya langsung secara non stop tanpa harus membayar pulsa sekaligus. Jadi tidak ada batasan kelas disini karena semuanya dilayani.

Berkat layanan terbaru ini membuat semua pelanggan lebih mudah memenuhi kebutuhannya tanpa harus keluar rumah. Menariknya lagi adalah fasilitas tersebut bisa diakses semua orang tanpa pulsa. Jadi siapa saja yang ingin meminta bantuan langsung tidak perlu memikirkan biaya untuk menghubunginya karena semuanya gratis.

Melihat penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa segala permasalahan listrik sekarang ini bisa diatasi dengan lebih mudah dan praktis. Hanya lewat telepon saja dan tekan telepon call center PLN 123 bebas pulsa, maka semua masalah listrik bisa langsung teratasi kapan saja non stop.