Mudahnya Menghubungi Call Center Telkomsel untuk Menyampaikan Keluhan

Sebagai salah satu anak perusahaan yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara, maka call center Telkomsel selalu disediakan oleh pihak pengelola. Perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi ini memang menyediakan pusat informasi layanan perusahaan yang bertujuan untuk menanggapi semua keluhan dan pertanyaan konsumen.

Di tengah pandemi virus corona ini, peran call center sebagai pusat informasi dari perusahaan sangatlah penting. Banyak kantor cabang dari Telkomsel terpaksa ditutup guna mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

Selain menyediakan layanan call center via sambungan telepon interaktif, Telkomsel juga menyediakan email khusus untuk menangani pengaduan terkait produk layanan. Selain itu, ada juga akun media sosial yang dikelola petugas call center yang menjawab semua aduan serta pertanyaan dari pengguna. Sehingga, kini pengguna dapat dengan mudah terhubung dengan call center dari perusahaan Telkomsel.

Fungsi dan Peran Call Center Telkomsel dalam Melayani para Konsumen

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jaringan telekomunikasi, Telkomsel tentu menyediakan beragam macam paket hemat untuk kebutuhan konsumen. Salah satunya adalah paket telepon, paket SMS, dan paket kuota data internet. Namun, masih banyak konsumen yang tidak mengetahui maksud dari layanan Telkomsel.

Maka tidak heran jika konsumen akan menghubungi layanan call center untuk meminta penjelasan dari paket tersebut. Namun selain itu, ada beberapa fungsi serta peran call center yang disediakan oleh Telkomsel. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Memberikan Informasi Produk dan Promo dari Perusahaan

Pertama, fungsi dan peran dari call center Telkomsel ini adalah memberitahu terkait informasi produk yang disediakan oleh perusahaan. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, Telkomsel selalu berinovasi dalam menyediakan paket yang dibutuhkan oleh konsumen.

Sehingga, call center dipercaya untuk menjelaskan semua informasi produk kepada pelanggan. Selain itu peran call center juga dibutuhkan oleh perusahaan, terutama untuk kampanye promo-promo yang diadakan oleh perusahaan.

2. Memberikan Solusi dari Masalah yang Dialami oleh Pelanggan

Kedua, layanan call center ini juga difungsikan untuk memberitahu para pelanggan terkait penanganan masalah yang sedang dialami. Layanan call center juga berhak menangani masalah atau kendala yang tengah dihadapi konsumen.

Namun, apabila masalah yang dilaporkan mengenai teknis atau kendala jaringan. Maka, call center akan meneruskan laporan tersebut ke bagian yang terkait. Kamu hanya mendapat nomor tiket laporan dari call center Telkomsel.

3. Mencatat Semua Keluhan Pelanggan Agar dapat Dijadikan Bahan Evaluasi

Ketiga, setiap petugas call center dari Telkomsel ini wajib mencatat semua keluhan, aduan, kritik, hingga saran yang disampaikan oleh pelanggan. Sebab, dari adanya pengaduan dan masukan dari pengguna inilah yang menjadi bahan evaluasi terkait produk-produk dari Telkomsel.

Apabila pelanggan tidak menyukai paket produk dari Telkomsel, maka perusahaan akan mengganti paket tersebut. Dengan begitu, semua catatan keluhan pelanggan dapat menentukan apakah paket yang disediakan oleh Telkomsel ini sesuai dengan keinginan pelanggan atau tidak.

Perbandingan Call Center Telkomsel Dibandingkan dengan Call Center Perusahaan Telekomunikasi Lainnya

Call center yang disediakan oleh Telkomsel ini cukup responsif jika dibandingkan dengan perusahaan kompetitor lainnya. Hal ini disebabkan oleh dua faktor. Pertama, konsumen tidak pernah mengeluhkan layanan paket produk yang dikelola oleh Telkomsel.

Kedua, layanan call center disediakan selama 24 jam dengan petugas-petugas yang cukup mumpuni. Sehingga, segala keluhan yang dialami oleh para konsumen dapat ditangani segera. Tidak heran bila call center dari Telkomsel selalu memberikan yang terbaik bagi konsumen.

Selain itu, Telkomsel menyediakan beberapa metode menghubungi layanan call center bagi konsumen yang ingin mengadukan masalah produk. Tercatat, ada 3 metode yang bisa kamu gunakan untuk menghubungi layanan pusat informasi yang disediakan oleh Telkomsel.

Kamu bisa menghubungi call center dari Telkomsel melalui sambungan telepon interaktif, mengirim direct message melalui media sosial, atau mengakses aplikasi “My Telkomsel” untuk mengadukan keluhan terkait produk dari Telkomsel.

Umumnya, semua layanan call center yang disediakan oleh Telkomsel ini aktif selama 24 jam penuh. Jadi, keluhan kamu dapat didengar oleh perusahaan selama kamu menghubunginya. Dan tidak ada batas waktu untuk menghubungi layanan call center Telkomsel ini.

Perbedaan Layanan Call Center yang Disediakan oleh Telkomsel

Sebagai salah satu anak perusahaan “pelat merah”, tentu Telkomsel ingin menjadi perusahaan di bidang telekomunikasi terbaik di Indonesia. Segmentasi pasar yang mulai merambah kaum millennial tentu telah diperhitungkan dengan matang. Maka dari itu, layanan call center pun dibagi atas 3 metode.

Metode pertama yaitu melalui sambungan telepon interaktif. Layanan ini sering digunakan oleh pelanggan yang membutuhkan solusi dari masalah secara langsung. Sebab, sambungan melalui telepon interaktif ini cepat dalam penanganannya. Namun, terkadang pihak operator mengenakan biaya untuk menghubungi call center melalui sambungan telepon.

Metode kedua yaitu menyampaikan keluhan melalui pesan singkat media sosial atau direct message. Call center Telkomsel via media sosial ini kerap dipilih oleh kaum millennial. Sebab, para kaum millennial selalu menggunakan media sosial untuk bersosialisasi.

Namun, metode ini dirasa lebih lamban dalam menangani masalah. Sebab, layanan call center membutuhkan waktu lebih untuk menjawab keluhan atau pertanyaan yang kamu ajukan.

Metode ketiga yakni melalui aplikasi My Telkomsel. Dengan menggunakan layanan My Telkomsel, kamu dapat menyampaikan keluhan atau aduan mengenai paket produk Telkomsel.

Sebab, di aplikasi tersebut terdapat fitur live chat sehingga kamu respon petugas terhadap keluhan yang disampaikan akan cepat ditanggapi. Selain itu, kamu bisa membeli pulsa atau kuota paket data langsung dari aplikasi My Telkomsel. Proses penyampaian keluhan akan direspon langsung oleh petugas call center Telkomsel.

Cara Menghubungi Layanan Call Center dari Telkomsel

Menghubungi layanan call center dari Telkomsel ini memang tidak sulit. Hanya saja, kamu harus memilih metode untuk menghubungi layanan call center. Apabila kamu menggunakan layanan melalui sambungan telepon interaktif, maka kamu bisa langsung menghubungi nomor 0807-1811-811.

Nomor tersebut bisa kamu hubungi untuk semua pelanggan Telkomsel. Bagi pengguna Kartu HALO, kamu bisa menghubungi 133 (bebas pulsa). Dan pengguna SimPATI dan Kartu AS, kamu bisa menghubungi 188 (dikenakan biaya pulsa apabila diangkat oleh petugas call center) atau 155 (bebas pulsa).

Bagi kamu yang berencana menghubungi call center melalui media sosial, maka kamu bisa menggunakan akun pribadi untuk menyampaikan keluhan. Silahkan kamu cari akun Telkomsel (Twitter) atau telkomsel (Facebook dan Instagram). Kemudian, kirim pesan melalui fitur direct message kepada call center Telkomsel media sosial. Jangan lupa, sampaikan keluhan yang kamu alami.

Dan metode yang terakhir adalah melalui aplikasi My Telkomsel. Pertama, silahkan download, install, serta registrasi akun terlebih dahulu. Kemudian, terdapat menu “hubungi call center atau CS”. Dan kemudian, sampaikan keluhan yang kamu alami. Setelah itu, pihak call center akan menjawab semua keluhan atau pertanyaan yang diajukan.

Sebagai salah satu anak perusahaan yang dikelola oleh Negara, Telkomsel tentu menyediakan call center untuk melayani keluhan atau pertanyaan pelanggan. Ada 3 metode agar kamu dapat terhubung dengan layanan call center. Jadi, silahkan kamu pilih salah satu cara menghubungi call center Telkomsel untuk menyampaikan keluhan atau pertanyaan seputar produk.

Tinggalkan komentar