Computer Service Center Solusi Berbagai Kerusakan Komputer

Computer Service Center Solusi Berbagai Kerusakan Komputer

Mengalami kerusakan pada komputer memang sering terjadi, ketika hal ini Kamu alami salah satu solusinya adalah datang ke computer service center. Setiap merek komputer pasti menyediakan layanan servis yang dapat didatangi atau dipanggil konsumen ketika mengalami masalah dengan perangkat komputer.

Komputer pada saat ini merupakan salah satu perangkat paling banyak digunakan di dunia. Ada banyak merek pengembang teknologi komputer menyediakan perangkat dengan spesifikasi masing-masing. Komputer telah menyebar ke seluruh dunia, bahkan dapat berada di tempat terpencil sekalipun.

Sebagai salah satu perangkat elektronik yang seringkali dipakai, komputer memang rentan mengalami kerusakan, baik masalah perangkat lunak maupun kerasnya. Seringkali pengguna tidak memiliki keahlian untuk melakukan perbaikan. Karena itu, bantuan dari teknisi servis sangat dibutuhkan agar perangkat komputer dapat digunakan kembali.

Sebelum membawa komputer Kamu yang rusak ke computer service center, sebaiknya kenali dahulu kerusakan apa yang sering terjadi, kapan membutuhkan layanan servis, perbaikan apa saja yang dapat dilakukan, dan kelengkapan suku cadang serta kemampuan teknisi dalam melakukan perbaikan. Mari simak informasi berikut ini:

Kerusakan Komputer yang Sering Terjadi

Sebagai benda yang dipakai setiap hari dalam membantu pekerjaan Kamu maupun digunakan untuk belajar, komputer (PC) tentu tidak luput dari kerusakan. Apalagi jika tidak dirawat dengan baik. Berbagai permasalahan bisa muncul kapan saja dan membuat pekerjaan tertunda. Berikut beberapa masalah yang sering terjadi:

  1. Blue screen

Layar PC tiba-tiba berwarna biru dengan tulisan berwarna putih yang membingungkan, ini artinya PC Kamu tengah mengalami blue screen bukan karena perubahan background. Hal ini terjadi karena sistem tengah melakukan reboot, tapi jika terjadi terus menerus, maka perlu bantuan ahli mengatasinya.

2. Loading lamban

Masalah lainnya yang sering dihadapi pengguna komputer adalah PC yang tiba-tiba berjalan lamban. Hal ini terjadi karena Kamu menjalankan aplikasi dengan beban berat dan tidak mampu dijalankan oleh sistem komputer. Kamu bisa menghapus aplikasi tersebut atau membawa ke computer service center untuk mengganti suku cadang.

3. PC sering mati tiba-tiba

PC yang mati secara tiba-tiba akan sangat berisiko pada hilangnya data pekerjaan. Apalagi ketika Kamu tengah mengejar deadline, maka masalah ini harus segera diatasi. Caranya dengan meminta ahli mengecek PC Kamu apabila tidak memiliki kompetensi untuk melakukan perbaikan sendiri.

4. Koneksi internet lamban

Ada banyak alasan mengapa koneksi internet kurang stabil cenderung lamban. Jika tidak dapat menanganinya sendiri, Kamu bisa membawa ke tempat servis dan meminta bantuan teknisi untuk mendiagnosa permasalahan yang terjadi. Kemungkinan ada suku cadang yang perlu diupgrade atau penggunaan aplikasi tertentu

5. PC menyala, tapi tidak masuk ke sistem operasi

Masalah ini sering terjadi dan disebabkan oleh 2 hal, yaitu perangkat lunak atau perangkat keras. Perangkat keras yang sangat rentan mengalami masalah dalam hal ini adalah harddisk. Selain itu, kemungkinan sistem operasi bermasalah karena virus atau partisi tidak lengkap. Solusinya membawa ke computer service center.

Kapan Membutuhkan Layanan Servis Komputer?

Tidak setiap kali kerusakan terjadi membutuhkan bantuan teknisi komputer. Kamu bisa melakukan perbaikan sendiri untuk beberapa masalah kecil yang terjadi pada PC. Apalagi jika sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan mengenai komputer. Misalnya saat PC mengalami reboot. Tidak perlu langsung mendatangi tempat servis.

Kamu bisa mengecek terlebih dahulu masalah apa yang terjadi dengan membaca tulisan saat terjadi reboot. Biasanya, terdapat keterangan dan opsi yang dapat dipilih. Apabila sudah melakukan opsi tersebut, tapi PC tetap mengalami hal sama, barulah Kamu membutuhkan bantuan dari teknisi perbaikan komputer.

Layanan computer service center memang dapat mengatasi berbagai masalah kerusakan pada PC maupun laptop kamu, tapi tentu ada biaya yang harus dibayar untuk jasa tersebut dan biayanya tidak murah. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan jasa teknisi ketika benar-benar membutuhkannya saja.

Kamu bisa mempelajari bagaimana melakukan perbaikan-perbaikan ringan agar ketika komputer mengalami kerusakan kecil dapat melakukan perbaikan sendiri. Hanya ketika permasalahan yang terjadi tidak dapat ditangani menggunakan tenaga ahli. Keahlian perbaikan ringan dapat dipelajari di video tutorial di internet.

Selain memerlukan biaya, memperbaiki PC maupun laptop di computer service center juga membutuhkan waktu pengerjaan yang sedikit lama karena harus menunggu giliran. Karena itu, saat membutuhkan jasa servis harus benar-benar sabar menunggu giliran komputer Kamu diperbaiki.

Perbaikan Apa Saja yang Dapat Dilakukan?

Kerusakan yang terjadi pada PC dapat berupa perangkat keras maupun lunaknya. Sebelum dilakukan perbaikan, langkah awal adalah melakukan diagnosis awal mengenai kerusakan yang terjadi. Pertama mengetahui permasalahannya, lalu ketahui sumber masalahannya. Setelah mengetahui apa sumber masalahnya barulah bisa dilakukan perbaikan.

Segala kerusakan yang dialami komputer Kamu dapat diperbaiki, baik software maupun hardware-nya. Dengan cara perbaikan atau penggantian suku cadang. Layanan yang diberikan computer service center mencakup perbaikan kedua jenis kerusakan ini. Kamu dapat membawa langsung PC ke tempat servic atau memanggil teknisi datang ke tempat.

Jika ingin melakukan reservasi teknisi, Kamu harus menghubungi layanan servis dan membuat janji terlebih dahulu. Sekarang ini sudah banyak tempat servis menyediakan layanan jemput bola ini. Kamu bisa mengajukan reservasi online atau menghubungi lewat telepon untuk membuat janji.

Tim teknisi akan datang dan melakukan pemeriksaan, kemudian melakukan diagnosis kerusakan dan perbaikan yang harus dilakukan. Perbaikan akan dilakukan setelah Kamu menyetujuinya dan perkiraan waktu perbaikan juga ditentukan pada saat yang sama. Waktu perbaikan tergantung dari kerusakan dan ketersediaan suku cadang.

Pilih Computer Service Center Terpercaya

Ketika keadaan mengharuskan Kamu meminta bantuan ahli untuk memperbaiki PC, maka hal terpenting untuk dilakukan adalah mencari tempat servis terbaik dan terpercaya. Sebaiknya, memilih service center sesuai dengan merek komputer Kamu sebab teknisi di sana pasti dapat melakukan perbaikan karena pelatihannya sesuai.

Selain itu, ketersediaan suku cadang juga terjamin sehingga tidak ada alasan perbaikan tidak dapat dilakukan karena ketiadaan suku cadang. Apalagi jika PC masih dalam masa garansi. Dengan demikian Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikan. Hanya saja, terkadang membutuhkan waktu karena adanya antrean perbaikan.

Jika tidak dapat menemukan service center resmi sesuai merek PC di kota Anda, bisa menggunakan layanan servis terpercaya. Memilih tempat servis terpercaya dapat dilakukan dengan meminta rekomendasi teman atau melihat reviewnya di internet. Saat ini, banyak penyedia jasa perbaikan komputer menawarkan jasanya di internet.

Anda dapat menemukan jasa-jasa service dengan mudah dan memilih berdasarkan review positif yang diberikan pengguna jasanya. Selain itu, Kamu juga bisa mendatangi langsung pusat servis tersebut dan melihat bagaimana pelayanan yang diberikan. Pelayanan yang baik dan informatif menjadi salah satu jaminan tempat service tersebut terpercaya.

Ketika komputer Kamu mengalami permasalahan belum tentu harus diperbaiki oleh teknisi ahli. Pemilik PC bisa melakukan perbaikan-perbaikan kecil sendiri. Ketika kerusakan sudah berat barulah gunakan jasa teknisi. Kamu bisa menggunakan layanan computer service center sesuai merek atau tempat servis umum asalkan kredibilitasnya sudah terjamin.