Cara Keluhkan ke Call Center KFC Mengenai Kritik Saran

Jika memiliki masalah, kritik atau saran, maka keluhkan ke call center KFC adalah jalan terbaik yang dapat diambil. Terutama kita ketahui sendiri kalau restoran makanan asal Amerika Serikat ini meski terkenal sangat berpengalaman, tapi tidak mungkin sempurna. Kadang konsumen menemukan layanan atau makanan kurang maksimal.

Tentu saja tidak semua outlet memiliki masalah serupa, melainkan hanya beberapa stand saja. Bisa disebabkan karena baru buka ataupun salah paham antara konsumen dengan pelayan disana. Maka dari itu harus dikeluhkan dengan baik terutama karena restoran ini terkenal bagus serta bisa menerima kritik dan saran.

Mengenal Secara Singkat Asal Muasal KFC

Kentucky Fried Chicken dikenal memiliki sejarah panjang sehingga pengalaman dalam menyajikan berbagai produk makanan tidak perlu kita keluhkan ke call center KFC sama sekali. Terutama jika kita bandingkan dengan sesama restoran atau waralaba fast food, pasti kebanyakan masih jadi nomor satu bahkan di Indonesia sekalipun.

Fast Food ini asalnya dari kota Kentucky sesuai dengan namanya, di mana pertama kali ditemukan dan didirikan langsung oleh Kolonel Harland Sanders. Ceritanya sudah sangat terkenal karena beliau sebelumnya hanya seorang penjual ayam pinggiran dan tidak memiliki banyak untung sehingga mengalami tekanan berat sampai depresi.

Tapi hal ini mulai berubah ketika tahun 1930 ia mulai memasak ayam goreng di Corbin dan ternyata sangat disukai orang-orang. Selanjutnya pada tahun 1939, Sanders membuat resep ayam goreng sendiri karena memakai banyak jenis rempah menarik ditambah ia punya cara sendiri dalam menjaga rasa olahannya.

Hal inilah yang membuat Sanders kemudian memperoleh penghargaan berupa Kentucky Colonel dari gubernur setempat. Berdirinya waralaba terjadi pada tahun 1955 di mana sebelumnya Sanders melakukan perjalanan dari Amerika ke Kanada menawarkan dagangannya. Tidak heran setelah itu banyak investor tertarik ikut menanamkan bisnis pada usaha Sanders.

Pada tahun 1978 dibukalah KFC National Training Center setelah masuk investasi besar dari pengusaha seperti Jack Massey dan John Brown jr. Sayangnya 2 tahun kemudian yaitu pada 1980, Harland Sanders meninggal dunia sehingga menjadi kabar duka mendalam, apalagi perkembangan usaha kerasnya sedang besar-besarnya saat itu.

Kelebihan KFC dari Segi Produk dan Layanan

Bila melihat sejarah panjangnya, tidak heran waralaba ini dilengkapi dengan banyak kelebihan salah satunya kemudahan dalam menemukan outlet. Sekarang kita tidak hanya bisa menemukan sebuah outlet pada satu kota besar saja. Melainkan pada setiap kota besar pasti memiliki banyak outlet lagi sehingga penyebarannya cukup merata.

Kita bisa melihat contohnya dikota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya atau Semarang. Pada satu kota besar terdapat banyak kota penyangga di mana masing-masingnya pasti terdapat restoran KFC. Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh sampai menuju ke pusat kota atau provinsi karena sudah lebih terjangkau dari rumah.

Apalagi sekarang layanan pesan antar bisa digunakan dengan cepat dan murah tanpa ribet sama sekali. Bisa langsung menghubungi 14022 dan bila belum tahu menunya bisa tanyakan pada pegawai yang mengangkat telepon. Perlu diketahui kalau nomor layanan buat pesan antar dan customer service itu tidak sama.

Untuk semua outlet tersebut juga sudah dilengkapi fasilitas terbaik sehingga meski kadang orang yang keluhkan ke call center KFC ada, tapi tidak masalah. Umumnya keluhan masalah berupa layanan dari karyawan atau kurangnya makanan saja. Tapi kalau fasilitas lain seperti tempat makan atau playground sangat maksimal.

Kamu bisa gunakan ruangan pada restoran dengan maksimal karena penataan nyaman karena kebanyakan outlet cukup luas. Selain itu dari segi kebersihan pasti sangat diutamakan terutama oleh karyawan dengan tugas bersih-bersih. Mereka telah dilatih dengan baik sehingga berpengalaman dalam menjaga kebersihan setiap celah resto sesuai SOP.

Kelebihan lainnya yaitu sekarang tidak hanya digunakan untuk persinggahan makan saja tapi bisa dipakai sebagai tempat ngopi. Hal ini terjadi karena munculnya resto terbaru yaitu KFC Coffee di mana tampilannya sama seperti kafe pada umumnya. Kamu bisa menemukan ruangan dengan bar mini yang sangat nyaman.

Cara Keluhkan Ke Call Center KFC Jika Terdapat Masalah

Perusahaan atau restoran manapun pasti akan menerima masukan atau saran bahkan keluhan dari para pelanggannya termasuk KFC. Tapi walau berisi kritik dan keluhan kita tidak boleh secara sembarangan memberikannya. Ada adab tersendiri dalam memberikan keluhan salah satunya semua keluhan dan saran harus sesuai dengan fakta.

Bila belum tahu tentang fakta dari hal yang akan dikritik, maka hubungi atau keluhkan ke call center KFC terlebih dahulu. Kamu bisa menghubungi nomor telepon customer service mereka yaitu 08071677777. Kalau merasa sudah menghubungi tapi ternyata sibuk, maka bisa mengirimkan keluhan lewat email info@kfcindonesia.com saja.

Kamu bisa menanyakan tentang layanan atau hasil makanan jika tidak memuaskan. Tapi harus mencari waktu terbaik bila melakukan hal ini terutama bila keluhannya lumayan besar. Tapi untuk keluhan tipe umum dapat dilakukan seperti biasanya tapi harus bersabar dalam menelpon CS atau menerima balasan email mereka.

Untuk keluhkan ke call center KFC dapat juga dilakukan lewat website utama mereka langsung. Disana akan tersedia berbagai kolom berupa data yang harus diisi beserta apa komentar pelanggan. Kamu bisa mengisi semua kolom tersebut dengan pendapat sendiri, jangan mengisi karena mendengar berita dari orang lain.

Selanjutnya apabila sudah menerima balasan dari admin perusahaan, tentu harus diterima dengan baik. Namanya memberi kritik atau keluhan pasti harus siap menjalankan saran yang diberikan. Saran ini umumnya berupa feedback positif sehingga menguntungkan konsumen maupun perusahaan. Jadi, selanjutnya tidak ada pihak dirugikan melainkan semuanya untung.

Alternatif Kritik Selain keluhkan Ke Call Center KFC

Bila tidak berhasil menyampaikan keluhan memakai nomor telepon dan email, maka dapat mencoba lewat media sosial mereka seperti Twitter di @KFCINDONESIA dan Instagram @kfcindonesia. Karena penyampaian lewat media sosial, kamu harus tahu bagaimana cara penyampaian yang benar. Terutama medsos gudangnya hoax dan berbagai berita palsu.

Tentu kalau memberi saran atau keluhan tapi nyatanya hoax, bisa berakibat kena pidana. Saat keluhkan ke call center KFC, usahakan tidak memakai bahasa provokatif. Bahasa ini sifatnya mendorong pada suatu kejadian atau kondisi tertentu, bila perusahaan menganggap tidak baik balasannya bisa berakibat fatal pada pelapor.

Selain itu paham apa isu yang mau dikritik atau dikeluhkan juga wajib. Apalagi mengkritik lewat medsos itu harus berupa fakta, jika bentuknya opini maka akan dianggap hoax. Terlebih lagi isinya negatif sehingga merugikan salah satu pihak antara konsumen dan restoran.

Maka dari itu keluhkan ke call center KFC sebelumnya harus dipikirkan berulang-ulang terlebih dahulu. Pertimbangkan apa dampak baik dan buruk jika mengkritik salah satu hal dari restoran. Jika memiliki niat baik, maka harus segera dikirimkan demi kebaikan bersama.

Menjaga kesopanan dan kesantunan bahasa akan jadi kunci terakhir dalam menyampaikan pendapat, kritik atau saran lewat media sosial. Apalagi kita berasal dari Indonesia di mana kedua sifat atau karakteristik tersebut harus selalu dimiliki. Walaupun mengerti mengkritik tidak menyalahi hukum, tapi penyampaian jangan sampai melawan hukum.

Kita sudah tahu bagaimana saja kelebihan dari restoran yang terkenal dengan produk ayam goreng tepungnya ini. Bila menemukan pelayanan kurang baik atau makanan dengan rasa tidak enak, bisa saja langsung mengirimkan kritik dan saran. Bila akan keluhkan ke call center KFC tetap harus menjaga martabat.