Kode Bank BJB dan Cara Melakukan Transfer Antar Bank

Kode Bank BJB dan Cara Melakukan Transfer Antar Bank

Kode bank BJB akan kamu butuhkan ketika akan melakukan transfer dari bank lain menuju bank BJB. Kebutuhan transfer uang sudah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Masyarakat pada umumnya melakukan kegiatan transfer untuk keperluan jual beli online.

Saat ini dalam memenuhi kebutuhan seringkali masyarakat melakukan belanja secara online. Baik itu berbelanja kebutuhan pokok, pakaian, alat-alat elektronik, dan masih banyak lagi. Tidak jarang untuk melakukan pembayaran harus melakukan transfer antar bank, karena rekening yang menjadi tujuan berbeda dengan rekening yang dimiliki.

Untuk itu kamu perlu mengetahui kode-kode bank yang ada, supaya bisa melakukan transfer antar bank. Kode-kode bank tersebut telah menjadi kesepakatan seluruh jasa perbankan yang ada di Indonesia. Tanpa menggunakan kode bank, kamu tidak bisa melakukan transfer antar bank. Karena ketika melakukan transfer antar bank tanpa menggunakan kode bank tujuan pasti akan ditolak mesin.

Ada banyak sekali kode bank yang ada di Indonesia, jadi rasanya tidak mungkin jika kamu harus menghafal semuanya. Tapi alangkah baiknya kamu menghafal kode bank yang banyak digunakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Misalnya saja kode bank BJB, kode bank BNI, kode bank BRI, kode bank BCA, dan kode bank mandiri.

Bank-bank di atas merupakan bank yang memiliki nasabah sangat banyak di Indonesia. Jadi kemungkinan kamu akan melakukan transfer ke salah satu bank tersebut. Akan sangat berguna jika kamu menghafal kode-kode bank yang populer digunakan. Itu akan membuat kamu tidak perlu mengecek daftar kode bank saat akan melakukan transfer.

Apa yang Dimaksud Kode Bank BJB?

Kode bank BJB merupakan kode unik yang dimiliki oleh bank BJB. Kode unik tersebut sudah menjadi kesepakatan bersama dengan bank-bank lain di Indonesia. Kode bank biasanya berjumlah tiga digit. Kode bank tersebut perlu dimasukan di depan nomer rekening tujuan ketika akan melakukan transfer antar bank.

VIRAL :  Perbedaan Infinix Hot 11S dan Infinix Hot 11S NFC

Ketika kamu melakukan transfer antar bank kamu akan dibebankan biaya tambahan. Biaya yang dibebankan berbeda-beda sesuai bank yang kamu gunakan. Supaya transfer berhasil kamu harus memastikan bahwa saldo cukup jika sudah dijumlah dengan biaya transfer yang harus dibayar. Biasanya juga terdapat minimal jumlah uang yang ditransfer.

Sebagai contoh, biaya transfer bank BJB ke bank lain sebesar Rp6.500. Kemudian juga bank menerapkan batasan maksimal transfer harian. Jumlahnya sendiri beragam, ada yang Rp10.000.000 dan ada juga yang Rp15.000.000. Melakukan transfer melalui bank biasanya uang akan sangat cepat terkirim.

Jenis-Jenis Pengiriman Uang Melalui Perbankan

Jika kamu merupakan nasabah dari salah satu bank di Indonesia, kamu perlu tahu jenis-jenis transfer bank yang ada di Indonesia. Terdapat tiga jenis transfer yaitu sistem kliring nasional BI (SKNBI), Real Time Gross Settlement (RTGS), dan transfer online. Saat ini kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mengetahui jenis transfer online.

Kamu dapat menggunakan layanan SKNBI dengan datang langsung ke tempat kantor cabang terdekat. Dengan menggunakan sistem kliring ini kamu akan mendapatkan biaya transfer yang lebih murah yaitu Rp5.000. Tetapi dana akan sampai ke rekening tujuan akan memakan waktu selama 4 jam. Dalam sehari kamu dapat melakukan pengiriman dana menggunakan sistem kliring sebanyak lima kali.

Untuk metode RTGS itu digunakan untuk transfer dalam jumlah yang sangat besar. jumlah minimal melakukan transfer RTGS mencapai Rp100.000.000 setiap kali melakukan transaksi. Sistem ini cukup jarang digunakan oleh perorangan, biasanya diakukan oleh bank C ke bank D. Namun sebenarnya juga dapat digunakan oleh perorangan selama batas minimal transfer terpenuhi.

Selanjutnya yaitu transfer online, jenis transfer online ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Jenis transfer ini dapat dilakukan melalui mesin ATM atau smartphone kamu. Biaya transfer online ini beragam, biasanya Rp6.500 sampai Rp7.500 setiap transaksi.

VIRAL :  Cara Merekam Instagram Stories Terbaru, Begini Trik & Tipsnya

Kode Bank BJB dan Beberapa Bank Lain di Indonesia

Ada banyak sekali perbankan yang ada di Indonesia, jadi banyak juga kode bank yang ada. Berikut beberapa diantaranya kode Bank BJB 110, Bank BJB Syariah 425, bank BCA 014, bank Mandiri 008, bank BNI 009, bank BNI Syariah 427, bank BRI 002, bank Syariah Mandiri 451, bank CIMB Niaga 022, bank CIMB Niaga Syariah 022, bank Muamalat 147, dan bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) 213.

Selain yang sudah disebutkan di atas masih ada beberapa yaitu kode bank JENIUS 213, bank BRI Syariah 422, bank Tabungan Negara (BTN) 200, Permata Bank 013, bank Danamon 011, bank BII Maybank 016, bank Mega 426, bank Sinarmas 153, bank Commonwealth 950, bank OCBC NISP 028, bank Bukopin 441, bank BCA Syariah 536, bank Lippo 026, Citibank 031, dan Indosat Dompetku 789.

Sebenarnya masih sangat banyak kode-kode bank di Indonesia, karena setiap bank memiliki kodenya masing-masing. Kode-kode tersebut digunakan ketika kamu akan melakukan transfer antar bank. Untuk melihat daftar lengkap kode bank yang ada di Indonesia kamu dapat menggunakan mesin ATM.

Cara Melakukan Transfer Antar Bank Melalui Mesin ATM

Misalkan kamu akan melakukan transfer dengan rekening tujuan bank BJB. Langkah pertama yaitu datangi mesin ATM terdekat di tempat kamu berada. Kemudian pastikan bahwa saldo ATM kamu mencukupi untuk melakukan transfer. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan transfer antar bank dengan tujuan bank BJB:

  1. Masukan kartu ATM ke dalam mesin ATM.
  2. Lalu ketikkan pin kartu ATM kamu
  3. Jika sudah berhasil, pilih transfer kemudian pilih antar bank online.
  4. Masukkan kode bank BJB ditambah dengan nomor rekening tujuan. Misalkan saja nomor rekening 098765432 dan kodenya adalah 110. Jadi yang kamu masukkan adalah 1100987654321.
  5. Masukan nominal uang yang akan kamu transfer. Pastikan nominal yang dimasukan telah benar. Karena uang yang telah ditransfer tidak dapat ditarik kembali. Setelah itu pilih benar.
  6. Pada layar monitor akan menampilkan rincian informasi tentang penerima. Pastikan jika nama penerima dan nomor rekening telah sesuai. Jika sudah tinggal klik benar.
  7. Jika tidak terjadi kesalahan atau error maka layar akan menampilkan tulisan bahwa transaksi telah berhasil. Kemudian mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transfer. Jika sudah begitu artinya kamu sudah berhasil melakukan transfer.
  8. Jangan lupa untuk menyimpan bukti struk transfer jika dibutuhkan.
VIRAL :  5 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk PC & Android

Saat ini kamu harus sangat berhati-hati ketika melakukan transfer melalui mesin ATM. Karena banyak sekali modus-modus kejahatan yang ada. Jangan pernah memberikan pin ATM kamu kepada siapapun karena itu sangat berbahaya. Ketika memasukan pin ATM di mesin ATM juga sebaiknya tidak terlihat oleh orang disekitarmu.

Ketika akan melakukan transfer antar bank ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama yaitu biaya transfer. Biaya transfer antar bank itu berbeda-beda jumlahnya. Kemudian yang kedua yaitu adalah kode bank tujuan. Alangkah baiknya kamu mempersiapkan terlebih dahulu sebelum masuk ke gerai mesin ATM. Misalkan melakukan pengiriman antar bank dengan tujuan bank BJB seperti contoh di atas, siapkan terlebih dahulu kode bank BJB.