Hubungi Call Center Kai untuk Refund Secara Praktis

Sudah membeli tiket perjalanan menggunakan kereta api tapi berniat membatalkan karena suatu urusan? Cukup hubungi call center kai untuk refund dan dapatkan kembali uang kamu dengan mudah. Memakai pilihan transportasi kereta api merupakan pilihan terbaik saat ini karena kemudahan yang diberikan.

Selain mekanisme pemesanan yang cukup terbilang mudah, kini pelanggan juga diberikan keuntungan dengan opsi refund apabila perjalanan tidak jadi dilakukan. Dengan keuntungan tersebut, pelanggan tidak merasa dirugikan akibat kendala yang terjadi ketika hendak melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

Penasaran bagaimana langah efektif melakukan refund untuk tiket yang sudah kamu pesan sebelumnya? Terdapat beberapa cara yang bisa pengguna coba yakni memanfaatkan aplikasi resmi dari pihak KAI atau bisa datang langsung ke loket stasiun secara langsung. Sebelum hubungi call center kai untuk refund, ada baiknya ikuti langkah berikut ini.

Melakukan Pemesanan Melalui Kai Access

Tidak hanya untuk pembatalan, aplikasi resmi KAI ini juga bisa dimanfaatkan untuk memesan tiket perjalanan secara praktis. Tanpa perlu mengantre panjang atau menghabiskan waktu lama untuk sekedar memesannya melalui loket stasiun, simak langkah memesan tiket menggunakan Kai Access di bawah ini.

  1. Pertama, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Pilih menu “akun” untuk proses tersebut.
  2. Selanjutnya pilih menu “beranda” dan tentukan jenis kereta yang ingin kamu gunakan.
  3. Langkah berikutnya yakni menentukan kota asal serta kota tujuan untuk perjalanan tersebut.
  4. Pemesan juga wajib menyertakan tanggal keberangkatan. Aplikasi ini juga memberikan opsi tiket pulang pergi untuk memudahkan pelanggan. Merasa kesulitan? Hubungi call center kai untuk refund untuk informasi lebih lengkap.
  5. Langkah selanjutnya, pemesan harus mengisikan jumlah penumpang (maksimal 4 orang) dengan ketentuan penumpang berusia kurang dari tiga tahun tergolong sebagai penumpang kategori bayi.
  6. Setelahnya, tentukan kereta api yang ingin digunakan lengkap dengan jenis kelas, waktu keberangkatan, serta harga yang harus dibayarkan.
  7. Selanjutnya pemesan perlu mengisikan data diri mereka.
  8. Kemudian pemesan mengisi nomor kursi serta gerbong sesuai keinginan. Pastikan bahwa kursi yang kamu pesan masih kosong dan belum dipesan orang lain.
  9. Langkah terakhir yakni melakukan pembayaran tiket. Terdapat beberapa opsi pembayaran seperti menggunakan sistem payment point, via aplikasi LinkAja, atau transfer menggunakan ATM, E-Banking, atau M-Banking.

Jika menemukan kendala, kamu bisa segera hubungi call center kai untuk refund atau sekedar menanyakan prosedur pembelian tersebut.

Membatalkan Tiket Menggunakan KAI Access

Bagi pelanggan yang ingin membatalkan tiketnya, mereka bisa gunakan aplikasi resmi dari KAI dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk pada aplikasi KAI Access
  2. Langkah pertama, kamu perlu masuk terlebih dahulu pada aplikasi tersebut. Jika pengguna belum menginstall aplikasinya, pengguna bisa mengunduhnya di Google Play atau App Store.
  3. Masuk ke menu Pembatalan
  4. Setelah aplikasi terbuka, langkah selanjutnya yakni memilih menu “pembatalan”. Pada menu tersebut akan ditampilkan tiket yang sudah kamu pesan sebelumnya, kemudian lanjutkan dengan memilih tiket mana yang akan dibatalkan.
  5. Masuk pada menu detail tiket

Sebelum memutuskan hubungi call center kai untuk refund, alangkah baiknya kamu coba cara berikut ini. Setelah mengakses menu pembatalan, lanjutkan dengan memilih menu “halaman detail tiket”. Di sana kamu akan disuguhkan tampilan data penumpang. Selanjutnya pilih nama yang ingin dibatalkan beserta informasi akun bank sebagai media pengembalian biaya tersebut.

6. Konfirmasi pembatalan

Setelah penumpang ditentukan serta akun bank dipilih, maka proses pengembalian dana dapat dilanjutkan dengan melakukan konfirmasi pembatalan. Cukup menekan opsi “Pembatalan Tiket” untuk menindaklanjuti proses tersebut. Namun sebelum mengakhiri proses di atas, kamu perlu terlebih dahulu memastikan bahwa seluruh data telah diisi dengan benar.

7. Memeriksa detail riwayat

Melakukan pemeriksaan terkait riwayat pembatalan secara detail perlu dilakukan sebelum kamu melakukan log out pada aplikasi tersebut. Untuk melakukan pemeriksaan riwayat pembatalan, kamu hanya perlu memilih menu “Detail Riwayat” kemudian melakukan pengecekan terkait detail pada halaman yang tersedia.

Pembatalan Tiket dengan Cara Manual

Selain cara di atas, ada baiknya pelanggan juga mengetahui langkah membatalkan karcis yang sudah dibeli melalui mekanisme manual. Sebelum memutuskan hubungi call center kai untuk refund, tidak ada salahnya mencoba petunjuk berikut ini.

  1. Mendatangi Stasiun Kereta

Karena mekanisme ini termasuk manual, maka pemilik karcis harus mendatangi stasiun kereta api terdekat. Umumnya pihak stasiun akan mengajukan beberapa syarat sebelum melakukan refund seperti kode booking, identitas pemesan, serta fotokopi identitas tersebut.

2. Melengkapi Data Penumpang

Setelah mendatangi stasiun terdekat, selanjutnya pemesan dapat menemui bagian customer service. CS kemudian akan memberikan form yang nantinya wajib diisi oleh pihak yang mengajukan.

Proses pengajuan sendiri juga dilakukan pada loket khusus pembatalan. Pihak pengaju juga perlu melengkapi data sesuai formulir yang terdiri dari dua rangkap yakni data tiket serta data penumpang. Kesulitan dengan mekanisme yang ditawarkan? Hubungi call center kai untuk refund jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut.

3. Mendatangi Loket untuk Refund

Langkah selanjutnya yakni mengajukan refund pada loket yang sudah tersedia. Di sini petugas loket akan memberikan dua pilihan pembayaran refund, yakni melalui transfer bank atau diberikan secara tunai. Untuk kedua pilihan tersebut, lama waktu pencarian yakni paling lama 30×24 jam sejak kamu mulai mengurus pembatalan tersebut.

4. Terima Refund

Langkah selanjutnya yakni menerima sejumlah nominal sesuai dengan tiket yang kamu batalkan sebelumnya. Namun sebelum mendatangi loket, pastikan kamu membawa form yang sebelumnya diberikan dari pihak petugas loket sesuai proses sebelumnya.

Perlu kamu ketahui bahwa jumlah nominal yang diberikan oleh pihak KAI tentu tidak mencapai 100%. Jika kamu penasaran mengapa demikian, silakan hubungi call center kai untuk refund serta mendapatkan informasi terkait hal tersebut.

5. Pengembalian Uang Melalui Call Center

Pada tahun 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan kemudahan terkait proses pembatalan serta pengembalian dana karcis yang dipesan oleh konsumen sebelumnya. Kini proses tersebut dalam dilakukan hanya kurang dari tiga hari saja. Namun mereka mengimbau bahwa pelanggan harus menggunakan sistem online untuk pengajuan tersebut.

Selain itu, pihak pengaju refund juga harus melakukan update terkait aplikasi KAI Access yang mereka miliki. Proses pembaharuan aplikasi bisa dilakukan dengan menguduhnya pada Play Store atau App Store untuk mendapatkan aplikasi versi terbaru. Keterangan lebih lengkap bisa kamu dapatkan dengan hubungi call center kai untuk refund.

Untuk langkah selanjutnya sama seperti poin yang telah dijelaskan di atas, yakni melalui cara registrasi identitas sesuai dengan data yang dicantumkan pada data pemesanan tiket sebelumnya. Kemudian pelanggan masuk pada menu pembatalan serta mengisikan nomor rekening untuk proses transfer dana.

Sebagian besar masyarakat kini mulai tertarik untuk menggunakan layanan PT Kereta Api Indonesia. Selain kualitas layanan yang diberikan semakin meningkat, beberapa pembaharuan khususnya refund juga semakin dipermudah. Untuk kamu yang butuh penjelasan lebih lanjut, cukup hubungi call center kai untuk refund di 021-121 atau email cs@kai.id.