Layanan PLN Call Center: Informasi Detail dan Manfaatnya

Seperti perusahaan BUMN lainnya, Perusahaan Listrik Negara atau yang disingkat sebagai PLN menyediakan layanan PLN call center. Layanan ini akan membantu para pelanggan terkait transaksi, tarif listrik, pemasangan token listrik, dan beberapa jenis keluhan lainnya. Sebagai konsumen yang baik maka kamu perlu mengetahui informasi detailnya.

Perusahaan listrik negara adalah satu satunya perusahaan di Indonesia yang menjual listrik kepada masyarakat. Hal tersebut mengapa PLN menjadi bagian dari BUMN yang sangat besar di Indonesia. Tanpa kehadiran perusahaan ini maka daerah daerah di Indonesia tidak akan bisa merasakan nyamannya beraktivitas di malam hari.

Sudah ada sejak bertahun tahun lamanya, PLN selalu mengutamakan kepuasaan pelanggan sebagai evaluasi perusahaan. Semakin baik penilaian yang diberikan pelanggan maka semakin baik juga nilai kinerja karyawan tersebut. Alasan ini yang membuat PLN terus menerus melakukan inovasi yang bermanfaat.

Salah satu jenis inovasi yang bermanfaat dan dikeluarkan oleh PLN adalah dengan adanya layanan PLN call center. Kehadiran layanan tersebut menjadi wadah aspirasi bagi para pelanggan untuk menyampaikan keluhan, kritik, saran, dan keinginan penambahan pemasangan saluran listrik baru.

Layanan tersebut juga terus menerus mengalami evaluasi kinerja untuk meningkatkan kualitas yang diberikan. Hal ini mengingat bahwa pencapaian besar PLN sangat terlihat dari segi konsumen memberikan nilai baik, kemudian tagihan sesuai dengan nominal listrik yang digunakan, dan ketepatan informasi yang diterima pelanggan sesuai dengan instruksi.

Tidak hanya melakukan inovasi berupa layanan, antar pegawai PLN juga selalu mengalami evaluasi kinerja. Hal tersebut dibuat untuk tidak mengecewakan pelanggan yang sudah mempercayakan pada perusahaan ini. Kenali informasi detail terkait layanan PLN untuk menjadi warga negara yang bijak.

Apa Itu Layanan PLN Call Center?

Sebagi satu satunya perusahaan BUMN yang menjual listrik kepada masyarakat Indonesia. Hal tersebut membuat setiap masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari kehadiran PLN. Tidak heran jika perusahaan ini harus memiliki sarana untuk tetap terhubung kepada pelanggan setiap ada masalah yang dialami pelanggan.

Melayani masyarakat dengan selalu siap siaga mendengarkan keluhan sehingga akhirnya perusahaan ini mengeluarkan layanan bernama PLN call center. Adapun layanan ini lebih dikenal dengan istilah PLN 123. Hal tersebut karena nomor resmi call center PLN adalah 123. Angka tersebut termasuk dalam kategori gampang dihapalkan.

Sebagai masyarakat yang menggunakan jasa tersebut, maka kamu bisa menghubungi layanan tersebut selama 24 jam. Pelayanan yang maksimal diberikan bertujuan agar kapanpun masyarakat ingin menyampaikan keluhannya maka pihak PLN akan dengan cepat dan tanggap dalam memberikan solusi.

Call center juga dibuat untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap perusahaan yang menjual produk listrik tersebut. Tidak hanya terbatas pada keluhan terkait transaksi, tagihan, dan juga pemadaman, kamu juga bisa menghubungi untuk diberikan pemasangan sambungan listrik baru dan juga melakukan perubahan daya listrik.

Cara Menghubungi PLN Call Center

Setelah mengetahui nomor dari call center PLN, maka selanjutnya kamu juga harus mengetahui cara menghubungi pihak PLN. Kamu bisa menggunakan smartphone atau telepon umum. Nomor call center yang digunakan tetap sama yaitu 123 baik untuk smartphone atau telepon umum.

Namun jika kamu menggunakan smartphone maka ada nomor tambahan yang disesuaikan dengan kode area dimana kamu tinggal. Jika kamu saat ini sedang berada di kota Jakarta maka sebelum 123 kamu harus memasukkan kode area yaitu 021 sehingga nomor yang akan dimasukkan adalah 021123.

Selanjutnya jika kamu ingin menghubungi PLN call center, maka cari tahu terlebih dahulu kode area untuk daerah kamu. Namun sayangnya setiap sambungan telepon yang kamu gunakan maka kamu akan dikenakan biaya. Oleh karena itu kamu harus memastikan bahwa pulsa kamu cukup ketika hendak menelpon pihak PLN.

Berdasarkan testimoni dari pelanggan yang pernah memanfaatkan jasa tersebut, layanan yang diberikan termasuk sangat baik. Informasi yang disampaikan juga menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Beberapa masalah juga dengan cepat diberikan solusinya, namun untuk masalah yang lebih rumit akan membutuhkan waktu satu hingga dua hari.

Call center PLN hadir untuk meluruskan beberapa informasi yang simpang siur. Di zaman sekarang ini, informasi hoax sangat cepat disalurkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kepada pihak yang sah dan terpercaya. Menjadi seorang pengguna jasa tersebut maka kamu harus menjadi lebih bijak.

Manfaat dari PLN Call Center

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa layanan PLN 123 memberikan manfaat yang sangat banyak. Berusaha lebih dekat dengan pengguna melalui siap mendengarkan keluhan dan selanjutnya mengambil Tindakan yang tepat. Hal ini untuk mengurangi rasa khawatir pelanggan akibat dari masalah yang terjadi.

Manfaat pertama yaitu PLN call center berusaha untuk tetap memberikan informasi paling akurat dan tidak bersifat menyesatkan. Selanjutnya setiap keluhan yang diberikan akan direspon secepat mungkin agar pelanggan tetap nyaman dalam menggunakan jasa perusahaan listrik negara ini.

Selain itu juga kamu bisa melaporkan adanya kejanggalan terhadap pihak PLN yang bekerja di daerah rumah kamu. Laporkan jika tagihan yang diberikan termasuk tidak masuk akal. Layanan tersebut akan siap menerima informasi dan mengevaluasi kinerja pelaksana yang bekerja di daerah kamu.

Kamu juga bisa menelpon bertanya terkait promo yang diadakan oleh PLN call center. Pihak PLN tidak akan sungkan memberikan informasi terkait promo apa yang sedang berlangsung. Informasi tersebut bersifat sangat akurat dan kamu bisa menggunakannya jika dirasa dibutuhkan dan menguntungkan.

Layanan Online yang Tersedia di PLN

Selain nomor call center yang bisa dihubungi melalui telepon genggam maupun telepon umum, kamu juga bisa menghubungi layanan PLN 123 dengan menggunakan sosial media. Hal tersebut jika kamu tidak berkemungkinan mengisi pulsa yang cukup untuk menyampaikan keluhan via telepon.

Layanan online PLN call center pertama adalah kamu bisa menyampaikan jenis keluhan apapun melalui sosial media resmi PLN seperti twitter dan facebook. Penyampaian keluhan ini bersifat gratis alias bebas biaya apapun. Hanya membutuhkan koneksi internet yang terhubung di smartphone kamu.

Akun resmi sosial media twitter pln adalah @pln_123, kamu bisa menyampaikan keluhan via dm atau mention. Namun kami menyarankan untuk menggunakan dm karena menghindari kata yang digunakan terlalu pendek ketika menyampaikan melalui mention. Adapun akun resmi facebook pln adalah PLN 123.

Selanjutnya kamu bisa menyampaikan keluhan secara resmi melalui email atau surat elektronik resmi milik pln. Alamat email resmi yang digunakan oleh perusahaan listrik negara ini adalah pln123@pln.co.id. Layanan 123 memang selalu berkaitan dengan angka yang tertera.

Seiring perkembangan waktu akhirnya PLN juga meluncurkan sebuah aplikasi bernama PLN Mobile yang bisa didownload secara gratis di smartphone kamu. Tidak hanya dapat menyampaikan keluhan, kamu juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang diberikan seperti tagihan pembelian dan Riwayat transaksi token listrik.

Kamu juga bisa menghubungi melalui situs resmi PLN yaitu layanan.pln.co.id. Kemudahan yang diberikan untuk selalu meningkatkan kualitas dari kinerja perusahaan ini. Hal tersebut dilakukan agar setiap pelanggan merasa puas dan tidak dirugikan. Dengan adanya kehadiran PLN call center membuat masyarakat lebih cepat didengar keluhan dan masalahnya.

Tinggalkan komentar