Kelebihan Service Center Realme Resmi dalam Menangani Kendala

Kelebihan Service Center Realme Resmi dalam Menangani Kendala

Memasuki pasaran smartphone belum lama, service center Realme sudah tersebar hampir di semua penjuru daerah Indonesia. Itu adalah prestasi yang menakjubkan, mengingat pembentukan perusahaannya saja pada tahun 2018 di Tiongkok. Harganya yang murah tapi tetap memberikan performa terbaik, membuat smartphone ini cepat mendapat perhatian.

Ponsel adalah benda elektronik yang sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Bahkan jika dibandingkan dengan dompet, pada saat bepergian akan lebih khawatir ponsel ketinggalan dari pada dompet itu sendiri. Hanya dengan satu genggaman saja, sudah bisa banyak melakukan apa saja.

Meski begitu, kerusakan tentu saja tidak bisa dihindari. Terlebih lagi sering dipakai setiap hari, masalah akan muncul akibat faktor penggunaan rutin. Jika terdapat kerusakan, memang ada baiknya datang ke tempat servis resmi. Menurut banyak konsumen, pengalaman service center Realme dalam memperbaiki ponsel, sangat bagus.

Belum lagi jika masa garansi masih berlaku, tidak ada biaya yang dipungut kecuali dalam perbaikan membutuhkan perangkat baru yang harus terpasang. Kami akan memberikan informasi tentang kelebihan memperbaikinya di service center dan bagaimana memanfaatkan garansi dalam perbaikan.

Troubleshooting yang Sering Terjadi Pada Ponsel Realme

Troubleshooting atau masalah umum pada ponsel ini bukan hal yang perlu dikhawatirkan, ketika kamu memiliki kesempatan memperbaikinya secara gratis melalui service center Realme. Ponsel pintar asal Tiongkok yang membuka pasaran di Indonesia memang selalu sukses besar karena harga murah, tapi kualitasnya seperti ponsel mahal.

Jika dikatakan ponsel ini awet atau tidak, bisa dikatakan tergantung dari penggunanya itu sendiri. Ada banyak penyebab yang menjadikan ponsel pintar brand Realme bisa rusak, baik tidak sengaja karena sebuah kecelakaan, atau kesalahan dari diri sendiri.

Kali ini, kami akan menjelaskan kepada kamu pengguna realme, tentang beberapa kategori masalah yang sering terjadi pada ponsel Realme milikmu. Apa sajakah itu?

  1. Masalah Di Daya, Pengisian Daya dan Baterai
  2. Pada kategori ini, masalah yang sering terjadi bisa dikarenakan beberapa hal berikut ini :
  3. Ponsel tidak dapat dinyalakan
  4. Kemudian tiba-tiba mati
  5. Baterai diisi sangat lambat, bahkan tidak mengisi.
  6. Suhu yang sangat tinggi hingga terasa sangat panas
  7. Kategori Trouble Sinyal, Jaringan dan Panggilan
  8. Komunikasi sedikit bermasalah dan internet tidak dapat terkoneksi bisa menjadi masalah untuk zaman sekarang, karena komunikasi sangat penting untuk keperluan mendadak. Biasanya, kategori masalah ini, kendalanya pada :
  9. Pada bagian nama provider di ponsel menghilang karena tidak ada layanan atau sinyal yang lemah.
  10. Saat menerima panggilan, suara tidak begitu jernih.
  11. Data internet lambat atau bahkan tidak tersambung.
  12. Kategori Wifi, Bluetooth dan Aplikasi
  13. Ini paling umum dan sering terjadi. Banyak dari pengguna Realme yang langsung menghubungi pihak service center Realme untuk konsultasi bila masalahnya adalah :
  14. Reaksi ponsel sangat lambat
  15. Tidak dapat tersambung ke wifi atau bluetooth bahkan perangkat lain
  16. Kamera mengalami crash dan tidak dapat dibuka
  17. Aplikasi tiba-tiba berhenti
  18. Dan notifikasi dari aplikasi tidak dapat diterima

Kontak Service Center Realme yang Bisa Dihubungi

Sebenarnya, untuk berbagai troubleshoot di atas bisa langsung ditangani dengan cepat apabila kamu sendiri tidak panik. Penanganan pertama untuk berbagai masalah tersebut bisa langsung check ke website resmi, lalu ke halaman Penyelesaian Masalah.

Nanti, pilih kategori kendala yang kamu alami, langsung diklik dan nanti penyelesaiannya langsung muncul. Akan tetapi, jika masalah bertambah serius, contohnya saja pada perangkat keras ponsel, harap langsung hubungi call center untuk konsultasi dulu.

Bila ke website service center Realme, kamu akan langsung menemukan beberapa kontak interaktif yang akan membantumu, yaitu :

  1. Email

Bagi kamu yang merasa kendala dihadapi ringan tapi kamu hanya ingin memastikan detailnya, langsung kirim keluhan melalui email di service.id@realme.com

2. Telepon di Jam Operasional

Bisa juga untuk menanyakan sesuatu penting tentang ponsel dan ingin jawaban cepat, bisa melalui telepon (021)2235 6666 di jam operasional Senin-Minggu, 09.00-18.00 WIB.

3. Live Chat Di Website

Bisa juga langsung melakukan online chat pada website, pada hari Senin-Jumat jam 09.00-18.00 dan Sabtu jam 08.00-17.00. Minggu dan hari raya, tidak bisa dilayani.

Kenapa Harus ke Service Center Realme untuk Perbaikan?

Selain dari call center yang sudah kami sebutkan di atas, menemukan service center produk Realme di kotamu juga cukup mudah. Website resmi akan memberikan petunjuknya untuk kamu. Pada halaman awal https://www.realme.com/id/support/services, kamu akan menemukan kolom service center yang dicari dengan 2 kotak dalam kategori provinsi dan kota.

Tinggal pilih, di mana provinsi dan kota tempat tinggalmu. Nanti, website akan memunculkan alamat tempat service resminya. Kenapa harus ke service resmi, bukankah ponsel android bisa dilakukan perbaikan pada counter biasa? Jangan memandang sebelah mata service center Realme, karena kelebihannya adalah :

  1. Ketika menghubungi pihak service, akan langsung diproses dengan pelayanan terbaik.
  2. Sudah tersebar di Indonesia, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke luar kota.
  3. Apabila tempat service terdekat masih jauh jaraknya dengan tempat tinggalmu, tinggal kirimkan saja ponselnya. Tenang saja, sangat aman dan pembayarannya nanti bisa COD.
  4. Diperbaiki oleh tenaga ahli sehingga kerusakan bisa diatasi dengan baik hingga kembali berfungsi seperti semula.
  5. Apabila masih memegang kartu garansi, tidak akan dipungut biaya perbaikan, asalkan bisa memenuhi syarat dan ketentuan garansi.

Petunjuk Penggunaan Kartu Garansi untuk ke Service Center Realme

Pada poin kelima, memang service bisa dikatakan tanpa biaya ketika kamu masih memegang kartu garansi. Hanya saja ada syarat dan ketentuan yang harus diikuti bila ingin diterima garansi tersebut.

Banyak dari pengguna Realme tidak mengetahui cara memanfaatkan kartu garansi karena mengira itu ribet dan memerlukan banyak waktu dalam pengajuannya. Akibatnya, melakukan service ke asal tempat.

Jika kamu memakai garansi, apabila ada komponen yang rusak pasti akan diganti dengan baru, bukan bekas. Selain itu, setelah spare part diganti, masih diberikan masa garansi sama dengan masa berlakunya garansi ponsel, yaitu 90 hari.

Sebelum kamu mengajukan perbaikan dengan garansi, harus tahu bahwa tiap komponen ponsel, adaptor, dan baterai memiliki masa berlaku berbeda. Jika sudah tahu keberlakuannya, syarat dan ketentuan memanfaatkan garansi adalah sebagai berikut :

  1. Diharapkan membawa bukti salinan pembelian ponsel waktu itu.
  2. Nomor seri IMEI yang ada pada kartu garansi itu tidak boleh sobek, atau nanti tidak berlaku.
  3. Pihak service center Realme tidak akan menerima perbaikan garansi ketika ponsel kemasukan cairan, lembab atau bahkan mendapatkan modifikasi di luar service center.
  4. Bila kamu membeli Realme di luar negeri, juga tidak dapat menerima pelayanan dari pusat servis di Indonesia.
  5. Pihak Realme juga tidak akan menerima perbaikan dengan garansi ketika rusaknya karena pemakaian sehari-hari atau kecerobohan sendiri.

Pastikan bahwa ponselmu yang akan diperbaiki dan ingin mendapatkan garansi yang masih berlaku, tanyakan dulu pada customer service mengenai kendala tersebut. Jika memang memenuhi syarat, bisa langsung ke service center Realme paling dekat untuk mendapatkan penanganan berikutnya.