Panduan Lengkap Cara Transfer Pulsa Indosat Ke Sesama Pengguna

Setiap pengguna provider Indosat ini terkadang belum paham betul bagaimana cara mengisi ulang, mengecek, sekaligus transfer pulsa indosat ke sesama pengguna. Padahal, pihak provider telah menyediakan fitur tersebut untuk memudahkan kamu agar tetap dapat berkomunikasi melalui telepon.

Fitur transfer pulsa ini memang sangat membantu, khususnya ketika kamu membutuhkan pulsa sementara agar tetap dapat berkomunikasi. Namun ada beberapa persyaratan-persyaratan untuk dapat menggunakan fitur tersebut. Sehingga, tidak semua pengguna dapat mentransfer pulsa.

Jika dianggap tidak memenuhi persyaratan serta ketentuan dari pihak Indosat, maka dapat dipastikan jika permintaan transfer pulsa ke sesama pengguna tidak dapat diproses. Oleh sebab itu, pengguna dapat menghubungi layanan customer service Indosat apabila mengalami kendala dalam menggunakan fitur tersebut.

Syarat dan Ketentuan untuk Dapat Menggunakan Fitur Transfer Pulsa

Memang, semua pengguna berhak untuk menggunakan fitur kirim pulsa yang disediakan oleh provider. Hanya saja, pengelola provider seperti Indosat tentu menerapkan beberapa persyaratan dan ketentuan kepada pengguna untuk menggunakan fitur tersebut.

Jadi, pengguna wajib memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku agar dapat menggunakan fitur transfer pulsa. Syarat dan ketentuan pertama, kartu Indosat telah digunakan setidaknya 180 hari sebelum menggunakan fitur transfer pulsa Indosat.

Dan kemudian, masa tenggang dari kartu tersebut setidaknya masih 30 hari ke depan. Syarat dan ketentuan yang kedua, ada batasan minimal untuk satu kali permintaan transfer pulsa.

Pihak provider Indosat sendiri menetapkan bahwa minimal pulsa yang ditransfer sebesar Rp. 5.000. Jika kamu mengirim transfer pulsa dibawah Rp. 5.000, maka pihak Indosat tidak akan memproses permintaan yang diajukan. Dan kemudian, ada biaya yang dibebankan kepada pengguna untuk satu kali transfer pulsa sebesar Rp. 600 per transaksi.

Syarat dan ketentuan ketiga, sisa pulsa pengirim harus diatas Rp. 5.000. Artinya, ketika kamu mengirim pulsa ke sesama pengguna maka sisa pulsa yang dimiliki harus di atas Rp. 5.000. Seperti contoh, kamu memiliki pulsa sebesar Rp. 100.000.

Kamu mengirim pulsa ke sesama pengguna Indosat sebesar Rp. 10.000. Maka, proses transfer pulsa dinyatakan berhasil karena sesuai dengan syarat serta ketentuan yang berlaku. Selain itu, pulsa hasil dari transfer sesama pengguna ini tidak menambah masa aktif kartu perdana Indosat yang digunakan.

Metode Transfer Pulsa Indosat ke Sesama Pengguna

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan dalam menggunakan fitur transfer pulsa, maka kamu bisa langsung mencobanya. Tercatat, ada 2 metode transfer pulsa yang bisa digunakan oleh pengguna provider Indosat.

Jadi, kamu bisa memilih satu dari 2 metode yang disediakan oleh pihak provider. Maka dari itu, ini dia 2 metode transfer pulsa ke sesama pengguna Indosat yang bisa kamu gunakan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Transfer Pulsa Via Pesan Singkat (SMS)

  1. Metode pertama untuk transfer pulsa ke sesama pengguna Indosat dapat dilakukan melalui pesan singkat atau SMS. Caranya pun sangat mudah sekali. Pertama, buka menu pesan singkat (SMS).
  2. Gunakan format pesan untuk transfer pulsa, yakni ketik Transfer Pulsa (spasi) Nomor Indosat yang dituju (spasi) jumlah pulsa yang akan ditransfer. Seperti contoh, Transfer Pulsa 08560492xxx 15000.
  3. Lalu, kirim format pesan transfer pulsa Indosat tersebut ke nomor 151. Setelah itu, tekan kirim pesan. Tunggu beberapa saat hingga kamu mendapatkan balasan SMS. Kamu akan mendapat kode token pengiriman pulsa.
  4. Lalu, balas pesan tersebut dengan format OK (spasi) kode token yang didapatkan ke nomor 151. Tunggu beberapa saat hingga permintaan transfer pulsa direspon oleh provider Indosat.

Transfer Pulsa Via Panggilan USSD

Kini, transfer pulsa Indosat bisa melalui panggilan USSD. Ada dua jenis transfer pulsa melalui panggilan USSD, yakni untuk provider Indosat prabayar dan pascabayar. Untuk pengguna Indosat prabayar, maka silahkan lakukan langkah berikut.

Pertama, tekan *123*151# dan kemudian tekan tombol panggilan. Lalu tekan angka 1, kemudian tekan balas. Silahkan masukkan nomor yang dituju. Lalu, input nominal pulsa yang ditransfer. Setelah itu, tekan angka 1 untuk konfirmasi transfer pulsa.

Untuk pengguna pascabayar, langkah pertama adalah menekan angka *123*7*1*6*1# lalu tekan panggil. Kemudian, tekan angka 1 untuk konfirmasi transfer pulsa. Silahkan masukkan nomor tujuan. Lalu, masukkan juga nominal pulsa yang ditransfer. Setelah itu, tekan angka 1 untuk konfirmasi nomor dan nominal pulsa yang ditransfer.

Batas Penggunaan Fitur Transfer Pulsa Indosat ke Sesama Pengguna

Provider Indosat tentu sama membatasi pengguna untuk menggunakan fitur transfer pulsa. ketika kamu telah melewati ambang batas transfer pulsa yang ditentukan oleh provider, maka permintaan untuk mengirimkan pulsa ke sesama pengguna tidak dapat diproses.

Pengguna Indosat hanya diperbolehkan mentransfer pulsa dengan akumulasi total sekitar Rp. 200.000 per hari. Kamu bebas mengajukan permintaan kirim pulsa ke sesama Indosat beberapa kali.

Hanya saja, akumulasi total permintaan kirim pulsa harus dibawah Rp. 200.000. Jika telah melewati batas, maka permintaan transfer pulsa Indosat tidak dapat diproses oleh pihak provider. Maka dari itu, kamu harus lebih bijak dalam menggunakan fitur tersebut. Tujuannya agar kamu bisa membantu sesama pengguna yang membutuhkan pulsa darurat.

Cara Mengatasi Gagalnya Menggunakan Fitur Transfer Pulsa

Kemungkinan gagalnya transaksi kirim pulsa ke sesama pengguna Indosat ini bisa saja terjadi. Ada beberapa hal yang menyebabkan permintaan yang kamu ajukan tidak dapat diproses oleh pihak provider. Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu. Mengingat, orang yang kita kirim pulsa darurat ini sangat membutuhkan.

Jika transfer pulsa Indosat dinyatakan gagal atau tidak berhasil padahal telah sesuai dengan persyaratan serta ketentuan yang berlaku, maka kamu bisa menghubungi layanan customer service Indosat. Sangat mudah untuk dapat terhubung dengan layanan customer service dari Indosat ini.

Pertama, kamu bisa menghubungi call center via telepon interaktif di nomor (021) 30003000 (untuk telepon rumah) atau di 100 dan 185 (pengguna smartphone). Nomor call center Indosat ini aktif 24 jam. Jadi, kamu bisa menghubungi call center ketika mengalami kendala.

Selain itu, kamu juga bisa mengirim direct message (DM) melalui Twitter di akun IndosatCare. Silahkan sampaikan keluhan yang kamu alami, seperti kegagalan transfer pulsa ke sesama pengguna.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi layanan customer service melalui Facebook di Indosat Oredoo. Dan yang terakhir, kamu bisa menyampaikan komplain terkait masalah transfer pulsa Indosat melalui aplikasi. Aplikasi MyIm3 milik Indosat Oredoo melayani segala keluhan yang dialami pelanggan, seperti gagal transfer pulsa.

Layanan customer service dari aplikasi MyIm3 ini juga aktif 24 jam dalam 7 hari. Oleh sebab itu, kamu bisa segera melaporkan semua kendala yang dialami melalui call center aplikasi MyIm3. Dengan begitu, segala masalah dapat ditangani segera oleh customer service Indosat.

Terkadang, beberapa orang kehabisan pulsa dalam keadaan darurat. Untuk itu, Indosat menyediakan fitur transfer pulsa ke sesama pengguna. Ada beberapa syarat dan ketentuan untuk menggunakan fitur tersebut. Setelah itu, ketahui pulsa bagaimana cara transfer pulsa Indosat ke sesama pengguna.

Tinggalkan komentar