Klaim Garansi di Service Center Laptop HP? Pahami Dulu Ini

Klaim Garansi di Service Center Laptop HP? Pahami Dulu Ini

Saat ini ada banyak sekali service center laptop HP yang bisa kamu temukan. Sebagai salah satu brand bertaraf internasional HP Memang tidak main main untuk memberikan layanan terbaik bagi para konsumennya. Service centernya juga sudah tersebar di berbagai wilayah dalam negeri.

Ada banyak alasan kenapa orang-orang jauh lebih memilih service center dibandingkan dengan jasa service biasa. Salah satunya adalah jaminan kualitas yang memang tidak perlu diragukan lagi. Service center resmi seperti ini tentunya memiliki tim service yang berpengalaman dan bekerja sesuai dengan SOP yang berlaku.

Untuk kamu yang sedang mengalami kendala dalam penggunaan laptop HP, tentu saja layanan dari service center ini bisa kamu gunakan. Namun memang ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membawanya ke service center.

Tujuannya agar proses service kamu bisa berjalan dengan lancar tanpa terkendala oleh apapun. Pastikan juga untuk selalu mengikuti prosedur yang berlaku pada Service Center agar laptop HP kamu bisa segera diperbaiki oleh pihak service center laptop HP tersebut.

Hal Penting yang Harus Kamu Pahami

Ada beberapa poin penting yang harus kamu pahami sebelum datang dan berkunjung ke service center. Hal ini akan membantu kamu untuk menghindari kesalahpahaman dalam proses perbaikan laptop yang kamu miliki.

Service center adalah layanan jasa perbaikan yang resmi dan diakui oleh produsen handphone yang kamu pilih. Biasanya pihak produsen bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mewujudkan service center yang bagus dan tersebar dimana-mana. Namun ada juga produsen yang membuatnya sendiri.

Seringkali kesalahpahaman antara konsumen dan service center dipicu oleh ketidakpahaman konsumen terhadap layanan dari service center itu sendiri. Langsung saja, inilah beberapa poin penting yang harus kamu pahami tersebut :

  1. Service center laptop HP hanya memberikan layanan perbaikan gratis kepada produk yang masih berada dalam masa garansi.
  2. Produk yang masih berada dalam masa garansi juga harus memenuhi kriteria perbaikan gratis yang sudah disepakati oleh pihak produsen dan konsumen sebelumnya. Hal ini sudah jelas dituliskan dalam kartu garansi yang didapatkan oleh konsumen pada saat melakukan pembelian produk
  3. Konsumen yang hendak melakukan klaim garansi Laptop HP juga harus membawa persyaratan klaim garansi seperti yang sudah disebutkan di dalam kartu garansi.
  4. Pihak service center laptop HP berhak untuk menolak permintaan garansi jika produk yang kamu miliki memang sudah tidak sesuai dengan ketentuan di atas.
  5. Perbaikan dalam masa garansi tidak selalu gratis. Jika mengharuskan terjadinya pergantian parts besar, pihak konsumen tetap harus melakukan pembayaran parts tersebut.
  6. Produk yang sudah tidak masuk ke dalam masa garansi masih tetap bisa diperbaiki, namun dengan dibebankan biaya perbaikan sebagaimana kamu membayar di tempat service biasa.
  7. Garansi sebaiknya dilakukan di service center terdekat di wilayah masing-masing agar komunikasi antara teknisi dengan konsumen bisa dilakukan secara tatap muka untuk menghindari kesalahpahaman.
  8. Jangka waktu perbaikan tidak bisa ditentukan secara mutlak karena bergantung pada tingkat kerusakan produk yang hendak kamu perbaiki.

Itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh para konsumen laptop Lenovo sebelum memutuskan untuk membawa barang mereka ke service center HP . Kalau kamu sudah setuju dengan ketentuan-ketentuan di atas, tentu kamu bisa langsung datang ke service center terdekat di wilayah kamu masing-masing.

Syarat untuk Melakukan Klaim Garansi di Service Center Laptop HP

Sebelum kamu membawa produk ke service center dan melakukan klaim garansi, pastikan untuk mempersiapkan syarat-syarat yang harus dibawa pada saat kamu melakukan klaim itu sendiri. Adapun syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut ini :

  1. Membawa KTP atas nama sendiri
  2. Membawa Kwitansi Pembelian Produk Laptop HP
  3. Membawa Kartu Garansi Laptop HP yang kamu miliki
  4. Pastikan kerusakan Laptop kamu bukan disebabkan oleh human error
  5. Tidak ada patahan atau retakan pada bagian Layar Laptop
  6. Pastikan juga kalau masa garansi kartu kamu masih aktif.

Setelah syarat-syarat tersebut kamu penuhi, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengisi form pengajuan garansi. Form ini nantinya akan disimpan oleh pihak service center laptop HP sebagai bukti pengajuan kamu.

Jam Operasional Service Center HP

Sebagaimana jasa service pada umumnya, service center ini juga memiliki jam operasional yang jelas. Jadi kamu tidak bisa datang seenaknya. Kamu harus mengikuti jam kerja kantor untuk mendapatkan layanan dari service center ini.

Dikutip dari sumber yang terpercaya, service center HP ini memiliki jam operasional sebagai berikut :

  1. Senin – Jum’at, buka pukul 08.00 s/d 17.00
  2. Sabtu, buka pukul 08.00 s/d 12.00
  3. Minggu dan hari besar lainnya libur

Dengan melihat jadwal jam operasionalnya di atas, tentu kamu bisa mempertimbangkan waktu terbaik untuk datang dan memperbaiki laptop HP yang kamu miliki. Terlebih untuk kamu yang berada jauh dari service center laptop HP, jangan sampai datang pada waktu yang salah.

Layanan Service Center HP yang Harus Kamu Ketahui

Ada banyak sekali layanan jasa yang bisa kamu dapatkan di service center HP ini. Tentu saja layanan yang tersedia memang dimaksudkan untuk memaksimalkan kepuasan dari para pelanggan HP itu sendiri.

Sebagai pelanggan, sangat penting bagi kamu untuk memahami apa saja layanan yang disediakan oleh pihak service center agar kamu tidak perlu bolak-balik untuk memperbaiki laptop kamu. Langsung saja, ini dia penjelasannya.

  • Perbaikan Hardware Laptop

Layanan pertama yang bisa kamu dapatkan saat datang ke service center laptop HP ini adalah layanan perbaikan. Di dalam service center ini terdapat banyak teknisi dengan kemampuan yang luar biasa. Mereka sudah sangat berpengalaman dalam hal bongkar pasang hardware laptop HP ini.

Tidak hanya membongkar saja, mereka juga memiliki kemampuan untuk menganalisa mana saja hardware yang sudah mengalami kerusakan dan harus segera diganti serta mana hardware yang masih bisa dipergunakan dalam jangka panjang.

  • Perbaikan Sistem / Software Laptop

Tidak hanya perbaikan hardware saja, pihak service center laptop HP ini juga memberikan layanan perbaikan sistem atau software laptop kamu. Jadi untuk kamu yang laptopnya terkena virus atau malware berbahaya lainnya, bisa segera membawa laptop tersebut ke service center terdekat.

Namun memperbaiki software ini bukan bagian dari garansi yang kamu dapatkan. Karena itu kamu harus membawa dana tambahan untuk membayar jasa yang disediakan oleh pihak service center HP yang kamu kunjungi. Perlu dipahami service center ini juga melayani Instalasi Aplikasi yang kamu butuhkan jika mereka memang memilikinya.

  • Perawatan

Selain kedua jenis layanan di atas, service center HP yang sedang kita bahas ini juga memberikan layanan perawatan untuk laptop HP yang kamu miliki. Perawatan ini akan menjaga laptop kamu dari berbagai jenis kerusakan yang tentu akan sangat merugikan kamu jika sampai terjadi.

Dengan memahami beberapa layanan tersebut diatas, kami berharap kamu bisa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menanggapi layanan yang tersedia di service center manapun. Begitu juga dengan layanan yang ada pada service center laptop HP yang sudah kita bahas ini.