SMSC Telkomsel Baru Ganti Sekarang Agar Komunikasi Tetap Lancar

SMSC Telkomsel Baru Ganti Sekarang Agar Komunikasi Tetap Lancar

Mungkin banyak di antara kamu yang belum mengetahui jika nomor SMSC Telkomsel baru ganti sekarang. SMSC merupakan kepanjangan dari short message service center atau layanan pusat pengiriman pesan singkat yang bertanggung jawab atas kelancaran pengiriman sms.

Fungsinya dalam pengiriman pesan jaringan nirkabel adalah menangani perutean pesan menuju titik akhir. Tidak hanya itu, pusat pelayanan ini juga menyimpan pesan yang kamu kirimkan sebelum akhirnya sampai kepada nomor tujuan.

Bagi kamu yang masih aktif berkomunikasi menggunakan SMS tentu mengetahui nomor SMSC sangat penting. Sebab, jika dalam pengaturan pusat pelayanan pesan singkat nomor yang dimasukkan salah maka pesan kamu akan selalu mengalami kendala.

Kendala yang pasti terjadi adalah HP kamu tidak dapat mengirimkan pesan dan selalu muncul pesan dari pusat pelayanan pesan singkat update error (failed to update). Hal itu tentu sangat mengganggu aktivitas berkomunikasi kamu.

Salah satu penyebab yang sering dialami oleh pengguna layanan sms ini adalah mereka tidak mengetahui bahwa nomor SMSC provider sudah diganti. Salah satunya adalah Telkomsel yang baru-baru ini mengganti nomor pusat pelayanan pesan singkat miliknya.

Tidak hanya sebatas mengetahui nomor SMSC Telkomsel yang baru, kamu juga harus mengetahui cara menggantinya. Oleh sebab kami akan memberikan informasi selengkap mungkin agar kamu benar-benar memahami pentingnya nomor SMSC Telkomsel baru ganti sekarang.

Nomor SMSC Telkomsel

Nomor SMSC Telkomsel terbaru yang harus kamu gunakan saat ini adalah +6281100000. Nomor tersebut tentunya berlaku untuk semua provider dibawah pengelolaan Telkomsel. Nomor pusat pelayanan pesan singkat ini berubah beberapa waktu yang lalu dan masih banyak pengguna belum mengetahuinya.

Oleh sebab itu bagi kamu yang menggunakan provider atas nama Telkomsel dan mengalami kendala dalam mengirim pesan, mungkin penyebabnya adalah belum diupdatenya nomor tersebut. Sebab saat kamu mengirim pesan, pesan tersebut akan dikirimkan terlebih dahulu ke pusat pelayanan pesan singkat.

Setelah dari pusat pelayanan, barulah pesan tersebut dikirimkan ke nomor yang kamu tuju. Selain itu, pusat pelayanan ini akan menyimpan pesan tersebut terlebih dahulu saat nomor tujuan sedang tidak aktif dan akan mengirimkannya lagi setelah aktif.

Itu sebabnya kamu harus mengetahui SMSC Telkomsel baru ganti sekarang. Sebab jika kamu memasukkan nomor yang tidak valid, maka pesan kamu tidak akan pernah terkirim.

Aturan dari Penomoran SMSC

Setiap provider memiliki nomor yang berbeda-beda, namun ternyata ada aturan tertentu dalam penomoran SMSC. Nomor ini bukan hanya nomor yang tersusun secara sembarang, namun memiliki artinya tersendiri.

SMSC terdiri dari bilangan heksadesimal yang memiliki susunan tertentu dan buka sembarangan susunan angka. Berikut ini adalah aturan penomoran dalam heksadesimal pusat pelayanan pesan singkat.

  • Pada Awal Nomor Terdapat Kode Negara

Seperti yang dapat Anda lihat pada SMSC Telkomsel baru ganti sekarang memiliki kode negara Indonesia +62. Untuk kode negara lain tentunya berbeda-beda, kamu bisa lihat daftar kode nomor dari setiap negara.

  • Terdapat Kode Nasional atau Internasional

Untuk kode ini kamu dapat melihatnya pada angka setelah kode negara. Kode untuk nomor pusat layanan pesan singkat milik provider nasional adalah 81, sedangkan untuk internasional adalah 91.

  • Nomor Dibalik-balik

Jika kamu memperhatikan setiap nomor pusat pelayanan pesan singkat yang ada di Indonesia, maka nomor mereka memiliki angka yang hampir sama hanya letaknya saja yang dibalik-balik. Selain itu nomor yang digunakan sangat sederhana. Seperti halnya SMSC Telkomsel baru ganti sekarang.

  • Penambahan Huruf F

Penambahan huruf F pada nomor pusat pelayanan ini dilakukan jika ada nomor yang tidak memiliki pasangan pada angka heksadesimal. Oleh sebab itu, penambahan huruf F dapat melengkapi deretan angka heksadesimal.

Cara Mengganti SMSC Telkomsel

Sebagian dari kamu mungkin masih bingung bagaimana cara mengganti nomor pusat layanan pesan singkat tersebut. Oleh sebab itu kami akan menjelaskannya kepada kamu yang kini sedang mengalami masalah dalam mengirim SMS.

  1. Buka Aplikasi SMS
  2. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi mengirim pesan singkat di ponsel kamu.
  3. Buka Menu Pengaturan
  4. Setelah membuka aplikasi, kini kamu harus membuka menu pengaturan pada pada aplikasi tersebut. Kamu harus memilih pengaturan lainnya dan pilih pengaturan pada pesan teks.
  5. Lihat Bagian Pusat Pesan
  6. Setelah kamu memilih pesan teks, secara otomatis akan menampilkan bagian pusat pesan. Pastikan nomor yang tertera pada bagian tersebut sudah sesuai dengan SMSC Telkomsel baru ganti sekarang.
  7. Jika ternyata tidak sesuai, maka kamu dapat menggantinya sendiri dengan nomor +6281100000. Maka, kegiatan berkirim sms kamu akan lancar kembali.

Mengenal Lebih dalam SMSC

Jika kamu berpikir bahwa SMSC merupakan manusia yang mengoperasikan tuga-tugas rumit dalam pengiriman pesan kamu, maka kamu salah besar. Sebab, SMSC merupakan gabungan teknologi perangkat keras dan perangkat lunak.

Meski pastinya akan ada manusia yang mengoperasikannya, namun tentu hanya seperlunya saja saat terjadi kendala dan perawatan. Karena merupakan suatu perangkat, maka SMSC harus andal agar meminimalisasi adanya gangguan dalam mengirim pesan.

Salah satu hal yang menyebabkan nomor SMSC Telkomsel baru ganti sekarang adalah mempertimbangkan perangkat baru yang lebih handal dengan kapasitas yang lebih besar dan throughput tinggi. Selain itu perngkat ini harus dapat menskalakan SMS agar lebih diakomodasi.

Pusat pelayanan pesan singkat ini, kini tidak hanya dapat berkomunikasi dengan pusat pengirim pesan lainnya. Pasalnya dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, pusat pelayanan pesan singkat ini dapat berkomunikasi lintas server dengan protokol SMPP.

Contoh mudahnya adalah nomor yang Anda gunakan tidak hanya dapat digunakan untuk berkirim pesan menggunakan SMS saja, namun juga dapat digunakan untuk mengirim pesan menggunakan whatsapp atau aplikasi lain yang sejenis.

Cara Kerja dari SMSC

Untuk dapat mengirimkan pesan ke nomor tujuan kamu, prosesnya tidak semudah mengirim dan menerima pesannya. Pasalnya, SMSC Telkomsel baru ganti sekarang, tentunya akan mengirimkan sinyal terlebih dahulu ke HLR menggunakan sinyal STP atas pesan yang kamu kirim.

HLR akan merespon sinyal tersebut dengan memastikan bahwa nomor tujuan kamu aktif atau tidak, serta akan menunjukkan letak nomor tersebut. Jika nomor tujuan kamu aktif, maka pesan itu akan segara dikirimkan. Tapi jika nomor tersebut tidak aktif, maka pusat pelayanan pesan singkat akan menahan pesan tersebut.

Setelah nomor tujuan aktif, maka HLR akan mengirim sinyal kepada SMSC dan memberikan status lokasinya. Kemudian, pusat pelayanan pesan singkat tersebut akan mengirimkan pesan kamu dengan format point to point.

Saat pesan terkirim, maka akan ada sebuah notifikasi ‘pesan terkirim’ dan SMSC tidak akan mengirimkan pesan tersebut lagi. Jika pusat pelayanan pesan singkat tersebut sedang sibuk, maka pesan yang kamu kirim akan memakan waktu untuk sampai ke nomor tujuan.

Hal ini tentu untuk kenyamanan pengguna provider tersebut. Tidak hanya kenyamanan saat mengirim sms, namun juga saat kamu mengirimkan pesan menggunakan aplikasi lain yang mengharuskan penggunaan nomor telepon. Sehingga penjelasan tentang SMSC telkomsel baru ganti sekarang memang benar-benar harus kamu pahami.