Penyebab Tidak Terdaftar di Jaringan Beserta Cara Mengatasi

Permasalahan tidak terdaftar di jaringan sebenarnya ada dua jenisnya yaitu tidak terbaca di HP atau jaringan eror. Karena kedua permasalahan ini sebenarnya berbeda maka penyebab serta cara mengatasinya juga harus dibedakan. Kamu tidaklah mungkin mengatasi masalah jaringan padahal kartu SIM yang tidak terbaca pada HP.

Sebenarnya apapun permasalahannya, kendala jaringan not registered sangatlah menganggu dan merugikan. Saat ini jaringan sangat penting karena digunakan untuk keperluan penting seperti transaksi online, informasi update, media sosial bahkan sampai bisnis. Jadi jika ada kendala atau permasalahan dapat menghambat keperluan kamu dan berbagai kerugian lainnya.

Maka dari itu kendala terkait tidak terdaftarnya di jaringan harus segera diatasi secepat mungkin. Pertama kamu harus mencari tahu penyebabnya yaitu dari SIM atau dari jaringannya. Kemudian cari solusinya yang sangat penting disesuaikan dengan penyebabnya sebagai gambaran SIMak penjelasan di bawah ini.

Ketahui Beberapa Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca di HP

Pernah mengalami tidak terdaftar di jaringan karena SIM kamu bermasalah sehingga tidak terbaca di HP? Hal ini bisa saja dialami oleh siapa saja karena berbagai penyebab berbeda yang harus dipahami. Mengetahui serta memahami apa saja penyebabnya, diantaranya seperti contoh-contoh di bawah ini.

  • Usia kartu sudah lama

Bisa jadi penyebab utama karena usia kartu yang memang sudah lama digunakan sehingga ada kerusakan. Apalagi kartu tersebut sudah digunakan hingga bertahun-tahun lamanya tanpa pernah ada penggantian. Apabila terjadi kerusakan adalah hal wajar dan jika dibiarkan membuat kartunya tidak lagi terbaca di HP kamu.

  • Bagian kuningan sudah rusak

Jika kamu perhatikan di bagian SIM card terdapat bagian berwarna kuning atau biasa disebut dengan kuningan. Kalau kuningan rusak sudah pasti sulit terbaca dan menyebabkan tidak terdaftar di jaringan. Sebaiknya kamu periksa dengan teliti apakah bagian tersebut benar-benar mengalami kerusakan.

  • Overheat atau kerusakan karena panas

Terkadang posisi kartu terletak di bagian HP yang mudah panas sehingga menyebabkan kerusakan atau overheat. Hal ini bisa terjadi tergantung jenis android atau smartphone yang digunakan karena bisa berbeda-beda. Jika memang letaknya dekat dengan komponen mudah panas memang permasalahan overheat tidak bisa dipungkiri.

Cara Mengatasi Kartu SIM agar Dapat Dibaca Kembali di HP

Setelah mengetahui kenapa kartu tidak terbaca di HP atau tidak terdaftar di jaringan jangan panik terlebih dahulu. Ada beberapa cara mengatasi permasalahan tersebut dari paling sederhana hingga cara paling sulit. Kamu coba dari sederhana terlebih dahulu jika tidak bisa gunakan cara-cara lain di bawah ini.

  • Membersihkan SIM cara

Cobalah untuk membersihkan kartu SIM terlebih dahulu memakai cotton bud atau benda lain asalkan permukaannya halus. Cara ini membantu membersihkan berbagai kotoran, debu kecil atau lainnya yang menempel sangat kecil. Lakukan secara perlahan agar tidak ada yang rusak kemudian cobalah memasang kembali di handphone kamu.

  • Restart ulang smartphone

Terkadang cara mengatasi permasalahan ini cukup sederhana dengan cara restart ulang smartphome kamu. Kemungkinan handphone terlalu panas atau terlalu capek digunakan tanpa pernah ada kesempatan istirahat. Cobalah matikan beberapa menit dan diamkan saja kemudian hidupkan ulang lalu cek apakah sudah tersambung atau belum.

  • Coba gunakan SIM lain

Bisa jadi penyebab tidak terdaftar di jaringan karena slot tempat kartu di dalam handphone sedang bermasalah. Jadi bukan karena kartunya namun karena memang tempatnya yang mulai rusak. Coba pasang kartu lain jika memang tidak mau tersambung juga berarti memang slot kartunya yang rusak.

  • Ganti kartu baru

Jika semua solusi diatas sudah digunakan dan ternyata memang kerusakan pada kartunya. Maka solusi terbaiknya adalah mengganti kartu baru dan cek apakah kartunya mau dibaca oleh handphone kamu. Jika memang benar maka tidak ada salahnya mengganti yang baru tanpa harus membeli nomor baru.

Penyebab Eror Tidak Mau Terdaftar Jaringan untuk Semua Operator Seluler

Permasalahan tidak terdaftar di jaringan karena eror juga sangat mungkin terjadi dan pernah dialami oleh pengguna jaringan seluler. Permasalahan seperti ini bisa dibilang sederhana namun banyak pengguna merasa panik juga. Berikut beberapa penyebab umum agar kamu terus mencari tahu hal-hal menjadi penyebab kendala erornya.

  • Murni terjadi gangguan

Kerap kali operator seluler SIM memang murni terjadi gangguan dan hal ini sebenarnya wajar jika terjadi sesekali. Jangan khawatir karena jika murni terjadi gangguan itu artinya baik SIM maupun HP kamu sedang bukan bermasalah. Biasanya gangguan seperti ini jarang terjadi atau kalaupun terjadi hanya sebentar.

  • Sinyal sulit tertangkap device

Penyebab lain tidak terdaftar di jaringan bisa jadi karena sinyal sulit tertangkap device sehingga terjadi eror. Permasalahan sinyal memang sangat menyebalkan dan disebabkan oleh banyak faktor. Baik karena faktor dari luar atau faktor dari dalam karena handphone kamu kesulitan menangkap sinyalnya.

  • Sistem mengalami kerusakan

Terjadinya kerusakan sistem memang sangat jarang terjadi namun mungkin juga menjadi penyebab permasalahan jaringan. Kamu harus memastikan ulang apakah permasalahan terjadi benar-benar karena sistemnya. Kemudian mencari solusi terbaik untuk mengatasinya sehingga bisa lancar untuk digunakan dan meminimalkan terjadi eror lagi.

Cara Mengatasi Not Registered atau Tidak Mau Terdaftar Jaringan

Hadirnya ponsel pintar memang dibutuhkan bahkan sudah menjadi bagian hidup yang sulit dipisahkan lagi. Maka jika berbagai permasalahan tidak terdaftar di jaringan membuat kamu merasa kurang nyaman. SIMak solusi cara mengatasi not registered pada smartphone kamu agar meminimalkan terjadinya kendala saat digunakan.

  • Pendaftaran SIM terlebih dahulu

Perlu diketahui pemerintah sudah menetapkan aturan SIM baru harus didaftarkan menggunakan KTP atau KK. Bisa jadi not registered karena kamu lupa mendaftarkan kartu dari pertama kali beli sehingga tidak bisa digunakan. Penting lakukan registrasi dari awal agar kamu dapat leluasa karena sudah resmi terdaftar.

  • Atur jaringan memakai metode manual

Saat memasukkan SIM di HP biasanya akan otomatis terdaftar di jaringan, namun jika ini tidak terjadi gunakan cara manual. Kamu bisa mengatur sendiri jaringan dengan mencari setting pengaturan jaringan seluler. Sesuaikan dengan operator jaringan yang kamu gunakan dan cek apakah sudah tersambung atau belum.

  • Ganti memakai jaringan 2G

Kerap kali sinyal 4G juga mengalami gangguan sehingga kamu harus mengganti ke sinyal lainnya misalnya 2G. Cara ini dapat membantu menangkap sinyal lebih mudah dengan mengubah secara manual. Sebelum ke jaringan 2G kamu bisa coba ke 3G dulu karena siapa tahu bisa.

  • Hubungi operator jaringan

Cara terakhir jika memang merasa kesulitan adalah dengan menghubungi operator jaringan. Sampaikan permasalahan atau kendala yang sedang dihadapi secara detail dan apa adanya. Nanti kamu akan dibantu mengatasi atau diberikan solusi terbaik terkait kendala not registered yang memang sedang dialami.

Menjadi bagian yang sangat penting dalam hidup, memakai ponsel untuk berbagai keperluan sangatlah dibutuhkan. Hal inilah yang menyebabkan jika ada kendala terkait erornya jaringan kerap meresahkan. Ketahui apa saja penyebab tidak terdaftar di jaringan kemudian cari solusi terbaiknya.

Tinggalkan komentar