Laptop Blank Hitam? Ternyata Ini 5 Masalah Utamanya

Kamu pernah mengalami masalah Laptop Blank Hitam? Jika pernah, kamu tidak sendiri sob, karena mimin juga pernah mengalami hal yang sama seperti itu, terkadang peristiwa menjengkelkan tersebut akan membuat kita panik.

Jika tiba tiba Laptop Blank Hitam dan dalam laptop tersebut terdapat data data penting yang belum sempat kita pindahkan kedalam perangkat lain membuat otak kita pengen pecah, apalagi jika kamu sedang mengerjakan skripsi dan semua file skripsi tersebut cuma ada dalam laptop tentunya akan membuat kamu pusing 7 keliling.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini Teknohits akan memberikan apa sih penyebab dan masalah utama laptop blank? Yuk kita ulas dibawah ini.

1. Masalah pada RAM

Kalau kamu pernah melepas RAM dari slot-nya, itu dapat menjadi posisi RAM tidak terpasang dengan sempurna alias kurang pas. Adanya perubahan pada hardware dapat memengaruhi proses booting.

Selain posisi RAM yang kurang pas, masalah layar laptop hitam blank saat dinyalakan mungkin penyebabnya RAM yang sudah rusak. Hal tersebut dapat menadi karena jangka pemakaian RAM di laptopmu sudah lama, sehingga perlu diganti dengan yang baru.

2. Corrupt pada BIOS

Meski cukup jarang terjadi, akan tetapi bukan berarti layar laptop yang hitam tidak bisa disebabkan oleh kesalahan yang terjadi pada BIOS (Basic Input/Output System). BIOS merupakan sebuah program yang digunakan oleh microprocessor untuk memulai sistem pada laptop setelah dinyalakan. Oleh karena itu, bila terjadi corrupt, layar laptop akan hitam saat dinyalakan.

3. Kerusakan pada VGA

Alasan lain layar laptop hitam setelah starting Windows adalah VGA (Video Graphics Array) mengalami artefak. Apa itu artefak? Artinya, muncul garis-garis berwarna-warni pada layar desktop dan kadang disertai dengan hang. Selain itu, kerusakan pada VGA juga bisa mengakibatkan No Display, yakni layar tidak menampilkan gambar apa pun setelah laptop dinyalakan.

4. Kerusakan pada Kabel Penghubung Layar

Layar blank pula dapat disebabkan oleh kabel fleksibel pada layar laptop yang mengalami masalah, seperti putus atau tidak terpasang dengan tepat. Selain dapat menyebabkan layar menjadi hitam, kabel penghubung layar yang rusak juga bisa menyebabkan layar laptop blank putih atau abu-abu.

5. Kerusakan pada Perangkat Keras

Kerusakan pada hardware, seperti layar laptop atau motherboard juga bisa menjadi penyebab layar blank pada laptop. Jika semua komponen laptop yang telah mimin sebutkan di atas ternyata baik-baik saja, bisa jadi memang layar laptopmu yang rusak. Bukan cuma itu, motherboard juga sering kali menjadi penyebab layar hitam pada laptop saat dinyalakan. Alasan kerusakannya juga bisa berbeda-beda pada tiap laptop.

 

 

Tinggalkan komentar