5/01/2018

Begini Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube


IDM Tidak Muncul di YouTube

Teknohits.com - Internet Download Manager adalah alat download yang memungkinkan penggunanya mendownload konten melalui internet dengan meningkatkan kecepatan download hingga 500 persen. IDM juga dilengkapi dengan grabber download yang memungkinkan perangkat lunak untuk mengambil file secara langsung dari berbagai browser yang tersedia melalui internet.

Software ini telah dikonfigurasi sebelumnya untuk mengambil file dari Internet Explorer yang merupakan platform penjelajahan default yang disediakan oleh Microsoft. Saat ini ada banyak browser yang tersedia di pasar internet yang memungkinkan pengguna untuk melihat lebih cepat dan mendownload file dari internet. Salah satunya adalah browser Google Chrome.

Sering kali saat memasang Google Chrome, Google tidak mengintegrasikan dirinya dengan Internet Download Manager. Dalam beberapa kasus, integrasi browser dimatikan dalam pengaturan IDM. Ini berarti beberapa pengaturan dibuat secara otomatis di dalam IDM saat menginstal perangkat lunak atau browser, namun tidak dikonfigurasi dengan benar.

Konfigurasi yang tidak benar tersebut tentu saja menjadi masalah bagi pengguna, salah satu masalahnya adalah IDM tidak muncul saat download video, lagu (audio) atau file format lainya.

Misalnya setiap kali kamu memutar video di YouTube, biasanya IDM menunjukkan tombol "Download this video", ini disebut panel unduhan. Kamu dapat mengekliknya untuk mendownload video ke komputer kamu. Jika tombol download hilang atau tidak muncul saat video diputar di browser Google Chrome, inilah yang perlu kamu lakukan untuk memperbaikinya.

Berikut adalah cara mengatasi Internet Download Manager (IDM) yang tidak muncul di video YouTube


Cara ke-1 : Pastikan IDM sudah di integrasikan dengan browser.

1. Buka aplikasi Internet Downloader Manager.
2. Pada antarmuka yang terbuka, lihat Menu bar dan klik menu Downloads.
3. Dari menu yang ditampilkan, klik Options.


4. Untuk browser Chrome harus mengaktifkan opsi "Use advanced browser integration". Kemudian pilih sesuai browser yang kamu gunakan atacu centang saja semua pilihan browser.


5. Setelah selesai, klik OK.
6. Tutup dan buka kembali Internet Download Manager.

Cara ke-2 : (Khusus untuk browser Chrome) menginstal ekstensi IDM versi terbaru di browser Chrome.

1. Buka browser Chrome, klik pada menu Chrome lalu pilih item menu "More tools" (panah 1 pada gambar) dan kemudian pilih menu "Extensions" (panah 2 pada gambar).

Menu Extensions Google Chrome

2. Kemudian buka folder penginstalan IDM > "C: \ Program Files (x86) \ Internet Download Manager". Cari file "IDMGCExt.crx".

3. Seret dan lepaskan file "IDMGCExt.crx" ke "Ekstensi" halaman yang dibuka di popup Chrome ("Drop to install" akan muncul saat menyeret halaman "Ekstensi").

Add ekstensi IDM

4. Akan muncul popup persetujuan menambahkan ekstensi, klik "Add extension".

Add IDM Integration Module

Taraaa,,, akan muncul tab baru dari IDM yang menyatakan bahwa ekstensi Internet Download Manager untuk Google Chrome telah terpasang.

Internet Download Manager extension for Google Chrome has been installed.

5. Jika sudah menambahkan ekstensi IDM ke Chrome, kamu perlu mengkonfigurasinya dengan benar. Pastikan ekstensi "IDM Integration Module" diaktifkan.

Ekstensi IDM Integration Module diaktifkan

6. Selesai, sekarang tutup dan buka kembali Internet Download Manager dan Google Chrome. Kemudian coba putar video di YouTube apakah tombol "Download this video" muncul atau tidak, harusnya sih muncul.

Bagaimana, mudah bukan caranya? Jika kamu masih bingung dengan tutorial "cara mengatasi idm tidak muncul di YouTube" di atas, kamu bisa langsung tanyakan dengan cara berkomentar di bawah. Sekian, selamat mencoba!


EmoticonEmoticon