Cara Memperkecil Ukuran Foto Online dan Offline

Memperkecil Ukuran File Foto Secara Online dan Offline

Teknohits.com - Memperkecil ukuran foto baik itu swafoto atau foto beramai-ramai dengan kerabat maupun teman-teman, pasti menginginkan hasil kualitas foto yang tetap baik dan bagus (tanpa mengurangi kualitas foto).

Kualitas foto yang bagus biasanya memiliki ukuran file yang besar dan tentu akan memakan space memori pada smartphone atau gadget pribadi kita. Tentunya ini menjadi masalah karena kita harus memindahkan dulu foto-foto tersebut ke harddisk atau ke laptop kita. Selain membuang-buang waktu, cara ini juga cukup menguras energi, apalagi kalau jumlah foto yang akan dipindahkan banyak. Terkadang kita tidak sadar jumlah foto yang kita hasilkan bisa sampai ribuan jumlahnya dan lupa dipindahkan ke komputer atau laptop.

Selain untuk keperluan pribadi, memperkecil ukuran foto biasanya juga diperuntukkan untuk keperluan pekerjaan yang mengharuskan mengupload foto dengan ukuran maksimum tertentu, seperti halnya memperkecil ukuran pdf untuk melamar kerja. Ukuran foto maksimum yang diwajibkan ini biasanya terbilang kecil sehingga mengharuskan kita untuk memperkecil ukuran foto asli yang akan kita unggah atau upload.

Saat ini, ada banyak sekali cara untuk memperkecil ukuran foto secara online maupun offline tanpa mengurangi kualitas dan resolusi foto. Untuk memperkecil ukuran foto secara online, caranya memang cukup gampang dan praktis, yaitu hanya dengan bermodalkan pencarian Google dengan keyword yang sesuai, maka akan banyak bermunculan situs-situs yang memberikan jasa memperkecil ukuran foto secara gratis.

Situs-situs kompres foto online yang bisa langsung kamu gunakan secara gratis di antaranya adalah kompresjpeg.com yang bisa mengompres ukuran foto dengan 20 gambar dengan format jpeg, png, dan pdf sekaligus. Selain dua situs kompres foto online ini, ada banyak situs-situs penyedia jasa kompres foto online lainnya dengan beragam format yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Memperkecil ukuran foto secara online tanpa mengurangi kualitas


Sebelumnya teknohits mau memberi info 3 pilihan situs terbaik untuk kompres foto atau gambar secara online, diantaranya:
  1. optimizilla.com
  2. tinyjpg.com
  3. compressor.io
Dari 3 situs di atas masing-masing memiliki fitur unggulan yang berbeda. Karna tujuan tutorial ini untuk memperkecil ukuran gambar, disini teknohit memilih praktek kompres gambar menggunakan optimizilla.com. Kenapa? karna situs ini memiliki fitur yang sangat bermanfaat, yaitu dapat mengatur ukuran dan kualitas gambar secara realtime sehingga kita bisa mengatur kualitas dan ukuran file gambar sesuai yang diinginkan.

Nah untuk lebih jelasnya, langsung saja lihat langkah-langkahnya di bawah ini:


Langkah 1 : Buka situs optimizilla.com

Langkah 2 : Jika web sudah terbuka, Upload file gambar yang ingin di kecilkan dengan cara klik tombol UPLOAD FILES (format gambar bisa .png atau .jpeg).

UPLOAD FILES gambar yang akan dikompres


Langkah 3 : Selanjutnya pilih gambar yang ingin dikompres, bisa juga memilih beberapa gambar sekaligus (batas kompres hingga 20 gambar).

pilih gambar yang akan dikompres


Setelah itu klik Open.

Dan inilah hasil kompres gambar secara otomatis oleh bot optimizilla.

gambar berhasil dikompres/ diperkecil

Hebat bukan bisa memperkecil gambar hingga 58%. Tapi jangan puas dulu, sesuai yang sudah saya infokan bahwa situs optimizilla ini dapat mengatur ukuran dan kualitas gambar secara manual dan hasilnya bisa dilihat secara realtime. Berikut adalah tutorial singkatnya yang saya buat dengan format gif.

mengatur ukuran dan kualitas gambar secara manual

Oke sudah cukup untuk cara memperkecil ukuran file gambar secara online, selanjutnya cara offline-nya. Cekidot!

Untuk memperkecil ukuran foto secara offline, yaitu bisa dengan menggunakan software tambahan dan tanpa software. Untuk mengompres ukuran foto dengan software, salah satunya bisa dengan menggunakan Microsoft Office Picture Manager. Biasanya, software dari Microsoft ini sudah terinstall di komputer yang tergabung di dalam sistem operasi Microsoft Office.

Namun jika di dalam Ms. Office komputer atau laptop kamu tidak tersedia, maka harus diinstall terlebih dahulu. Sayangnya, software ini tidak bisa kamu dapatkan secara gratis dan kamu harus membelinya secara resmi. Tapi, mengingat saat ini sudah hampir semua komputer terbaru sudah memiliki software ini, maka cara ini bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran foto kamu.

Memperkecil ukuran foto offline menggunakan aplikasi Microsoft Office Picture Manager


Langkah 1 : Pertama-tama, buka foto yang ingin dikompres melalui Microsoft Office Picture Manager yang ada di komputer atau laptop kamu.

Langkah 2 : Setelah dibuka, klik Picture, kemudian pilih Compress Picture seperti contoh di bawah ini;

Memperkecil ukuran foto offline menggunakan aplikasi Microsoft Office Picture Manager

Langkah 3 : Setelah diklik, nanti akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Di sebelah kanan, nanti akan muncul tampilan compress picture. Pilih web pages. Dalam keterangan description atau deskripsi akan muncul informasi bahwa foto akan tersimpan dengan format terbaru yang sudah dikompres. Selain itu, ada juga informasi mengenai ukuran awal (original) foto dan ukuran foto setelah dikompres atau diperkecil.

Memperkecil ukuran foto offline menggunakan aplikasi Microsoft Office Picture Manager

Langkah 4 : Tahap berikutnya, klik OK untuk proses selanjutnya. Perlu diketahui bahwa setelah mengeklik OK, maka foto akan langsung dikompres dan tersimpan dengan nama file berbeda dari foto original.

Memperkecil ukuran foto offline menggunakan aplikasi Microsoft Office Picture Manager

Langkah 5 : Jika kamu ingin menyimpan file dengan nama yang kamu inginkan, tinggal klik File di sebelah kiri atas lalu pilih Save As untuk menyimpan file hasil kompresan dengan nama dan lokasi yang diinginkan.

Nah, itu tadi langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperkecil ukuran foto dengan menggunakan Microsoft Office Picture Manager secara satu per satu. Selain menggunakan Microsoft Office Picture Manager, sebenarnya ada cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan Paint dan Photoscape. Namun kedua software ini hanya bisa mengompres foto secara satu per satu dan tidak bisa dalam jumlah banyak sekaligus sehingga akan memakan cukup banyak waktu dan juga energi.

Oke cukup sekian tutorial cara memperkecil ukuran foto online dan memperkecil ukuran file foto secara offline dengan menggunakan aplikasi, semoga bisa membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel