Berbeda Dengan Hang, Inilah Pengertian Crash Komputer

Dalam dunia komputer tentunya sudah tidak asing dengan berbagai istilah yang sering disebutkan salah satunya adalah hang. tapi teknohits berani menjamin pasti kamu baru mendengar Crash Komputer sekarang kan? Nah. Dalam artikel ini mimin akan memberikan informasi mengenai apa sih yang dimaksud cash komputer berikut ini.

Jadi arti dari crash komputer atau crash merupakan suatu keadaan dimana sebuah komputer atau program, baik aplikasi atau bagian dari suatu sistem operasi berhenti berfungsi. Biasanya yang terjadi yaitu program itu akan menutup atau keluar setelah menghadapi kesalahan.

Program yang telah alami kesalahan akan hang sampai layanan crash lalu menampilkan informasi detil dari crash tersebut. Apabila program yang mengalami crash yaitu satu bagian penting dari kernel sistem operasi, maka seluruh komputer dapat mengalami crash. Crash beda dari hang dimana aplikasi atau sistem operasi terus berjalan namun tanpa ada respon yang jelas dari input.

Banyak Crash komputer adalah sebuah hasil dari eksekkusi instruksi mesin tunggal tetapi berlipat ganda. Pennyebab khas yaitu saat program counter diatur ke alamat yang salah atau buffer overflow menimpa sebagian kode program karena bug yang sudah terjadi sebelumnya. Didalam kedua kasus, biasanya prosesor mencoba untuk mengeksekusi data atau nilai memori acak. Karena semua nilai data merupakan mungkin tetapi hanya beberapa nilai instruksi valid, sering mengakibatkan pengecualian instruksi ilegal. Secara kebetulan data atau nilai acak bisa berlaku (meskipun tidak direncanakan) instruksi.

Contoh Bsod

Sebagian mungkin akan mengatakan bila bug asli program “menyebabkan”crash (kecelakaan) itu, akan tetapikesalahan yang sebetulnya yaitu sebuah instruksi ilegal beberapa waktu kemudian. Cara debug crash itu adalah untuk menghubungkan penyebab sebetulnya dari crash tersebut (mudah ditentukan) dengan kode yang memicu rantai peristiwa. Hal ini sering sangat jauh dari jelas-bug asli biasanya kode yang valid sempurna dari perspektif prosesor.

Pada komputer pribadi, terjadinya crash di atas kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan hardware sebab mencoba untuk menulis ke alamat perangkat keras di luar memori utama sistem. Biasanya, eksekusi yang sewenang-wenang di data sistem akan mengakibatkan pecahnya tampilan layar. Hal ini dapat dianggap sebagai sistem crash parah. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui pertanda komputer crash sebelum akhirnya menjadi parah dan mengalami kerusakan permanen.