Perbedaan Cashback dan Diskon | Jangan Salah Arti

Perbedaan Cashback dan Diskon | Jangan Salah Arti

Saat ini kamu pasti sudah sering membeli barang barang melalui e-commers atau aplikasi digital, dan tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Cashback dan Diskon.

Tahukah kamu apa itu Cashback dan Diskon ? Dalam artikel ini teknohits akan coba membahas dua istilah yang ternyata punya arti yang berbeda lho, oleh sebab itu yuk langsung saja kita bahas ulasannya dibawah ini.

Apa itu Cashback dengan Diskon? Sama saja atau berbeda?

Didalam dunia ekonomi khusunya fintech, istilah diskon dan cashback memang sedang trending akhir-akhir ini. Karena, beberapa perusahaan fintech seperti Ovo, Go-Pay atau Dana sedang berlomba-lomba promosikan cashless society dengan memberikan diskon dan cashback.

Untuk sebagian orang yang tidak terlalu paham atau gak tahu  tentang istilah diskon dan cashback, wajib banget baca penjelasan ini. Penjelasan yang teknohits berikan enggak akan ribet atau memakai istilah ekonomi yang sulit, kok.

Apa Itu Diskon?

Secara sederhana, diskon artinya potongan harga yang diberikan oleh pedagang online maupun offline. Enggak ada batasan barang apa yang bisa dan tidak untuk diberi diskon. Barang apapun bisa memperoleh diskon. Umumnya, diskon diberikan atau diadakan dalam jangka waktu tertentu, bisa 1 hari, 1 minggu, 1 bulan atau bahkan 1 jam saja. semua tergantung dari pihak toko atau penjual yang memberikan diskon kepada kamu.

contohnya, kamu mau membeli barang elektronik di salah satu aplikasi jual beli online, apabila sedang ada promo, pasti akan dituliskan presentase diskon yang diberikan. Misalnya kamu mau membeli USB HUb seharga Rp45.000 dan mendapat diskon 53%. Berarti, kamu hanya perlu membayar RP21.250 saja! Teknohits yakin kamu pasti familiar kan dengan sistem diskon? Mudah dimengerti, kan?

Apa itu Cashback?

Bagaimana dengan cashback? Apa kamu familiar dengan istilah ini? Belum paham apa itu cashback Cashback merupakan pengembalian uang (baik dalam bentuk tunai, non-tunai, voucher, point dan lain-lain) atas barang yang kamu beli.

Seperti yang teknohits sebutkan, jika diskon berarti potongan harga secara langsung, maka cashback SEHARUSNYA kamu akan membayar barang secara full baru kemudian mendapat “kembalian” dari barang yang kamu beli.  Misalnya, GOPAY sedang mengadakan promo cashback 40% untuk pembelian makanan apapun di Yoshinoya, dengan maksimal cashback Rp20.000.

Nih, contohnya saja saat kamu membeli makanan di Yoshinoya dengan total harga Rp80.000, GOPAY akan kasih kamu cashback sebesar Rp20.000 dalam bentuk voucher kepada kamu. So, kamu gak membayar Rp60.000 karena dipotong cashback Rp20.000. Kamu tetap membayar Rp80.000 untuk makanan yang kamu beli di Yoshinoya.

Bagaimana? jelas kan penjelasan apa itu cashback?

Persamaan Diskon dan Cashback

Secara garis besar, terdapat beberapa persamaan antara diskon dan cashback yang patut kamu ketahui!

  1. Sama-sama dapat sebuah potongan harga dalam jumlah yang sudah ditentukan.
  2. Dapat diperoleh di berbagai toko online dan offline, termasuk situs jual beli online alias e-commerce.
  3. Sama-sama mempunyai jangka waktu dalam promosinya. Diskon dan cashback umumnya enggak berlaku sepanjang waktu.

Perbedaan Diskon dan Cashback

Jika kamu masih bingung apa itu cashback dan diskon, silakan lihat penjelasan mengenai perbedaan keduanya pada tabel di bawah ini.

  1. Diskon Cashback Langsung terasa potongan harganya Potongan diberikan setelah kamu membayar full terlebih dahuluSelama barang yang kamu mau dilabeli diskon, maka kamu akan mendapat potongan hargaDalam kasus tertentu, cashback sifatnya mengikat.
  2. Misalnya kamu dapat voucher cashback di Toko A, maka kamu cuma bisa memakai voucher tersebut di Toko A saja umunya diskon berlaku setelah ada minimal pembelanjaan tertentu.
  3. Seperti, pembelian kedua mendapat diskon 30%Karena kamu harus membayar secara penuh terlebih dahulu, biasanya membutuhkan waktu untuk mendapat cashback yang dijanjikanDiskon biasanya memiliki potongan harga yang lebih besar tanpa batasan atau maksimal potongan harga.
  4. Contohnya, diskon 90%, maka barang tersebut akan benar-benar dipotong 90% dari harga asliSebagian besar cashback memiliki batas maksimal. Misalnya, cashback 60% maksimal Rp30.000.
  5. Itu artinya, sekalipun kamu berbelanja hingga 1 juta, cashback yang kamu terima tetap Rp30.000 sajaPotongan harga selalu dalam bentuk potongan hargacashback alias pengembalian uang bisa dalam berbagai bentuk seperti voucher, point, atau dalam bentuk lainnya seperti pulsa.
  6. Tergantung kebijakan perusahaan yang memberikan cashback

Masih bingung enggak nih guys, perbedaan antara cashback dan diskon? Memang sih, perbedaan keduanya tipis alias tidak terlalu berbeda. Tapi lumayan kan jadi tahu pembeda promo-promo yang suka lalu-lalang di media sosial kamu?