Panduan Cara Merakit PC Gaming Murah dan Berkualitas 2021

Panduan Cara Merakit PC Gaming Murah dan Berkualitas 2021

Rakit PC Gaming bisa jadi sebuah solusi untuk kamu yang ingin mencoba beberapa game nex gen tapi gak punya data untuk membeli PS5 yang harganya bikin kamu pusing. Seperti yang kita tahu, game game keluaran tahun 2020 keatas mempunyai kualitas grafis yang edan banget, karena PS4 Pro aja gak kuat untuk memainkan Cyberpunk 2077 yang grafisnya ultra-realistik.

Jadi untuk kamu yang ingin rakit PC murah, nih teknohits sudah bikin panduannya berikut ini.

1. Hitung Perkiraan Bujet Rakit PC

Cara merakit PC gaming sebenarnya dapat dibilang lumayan tricky karena kamu bukan cuma harus dapat memasang tiap komponennya dengan tepat, tetapi juga banyak perhitungan yang harus dilakukan. Hal pertama yang kudu kamu perhatikan dalam proses rakit komputer gaming yaitu bujet yang kamu punya. Hal ini merupakan hal pertama yang harus banget kamu perhitungkan.

Pembatasan bujet terbilang sangat penting karena kalau tidak dibatasi, Rp100 juta pun dapat habis untuk merakit PC gaming. Pembatasan bujet ini pula nantinya berhubungan dengan komponen jenis apa saja yang bisa kamu pasang, dan alternatif yang lebih murahnya seperti apa.

Kamu tinggal tentukan maksimum bujet yang akan kamu habiskan untuk proses rakit komputer gaming yang akan dibuat, dan setelah itu sesuaikan komponen dengan bujet yang telah dialokasikan.

 

2. Tentukan Target dari merakit PC Gaming

Hal lain yang kudu kamu tentukan saat memulai merakit PC gaming adalah target dari PC yang akan dibikin. Maksud dari target yaitu game seperti apa yang ingin kamu mainkan dengan PC yang dibuat, stabil di berapa FPS, dan kira-kira tidak akan di-upgrade lagi hingga berapa tahun lamanya.

VIRAL :  Berbagai Macam Paket Internet Indihome Terbaru 2021

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas kamu akan menemukan bayangan yang lebih jelas mengenai seperti apa PC gaming kamu nantinya. Target ini dapat kamu contek dari system requirements game triple A terbaru di mana umumnya untuk memainkan game ini dalam recommended setting butuh spesifikasi mumpuni.

Spesifikasi seperti ini akan dapat kamu andalkan selama 3 sampai 5 tahun ke depan. Untuk rakit komputer gaming bujet pun sama, kamu bisa mencontek system requirements game yang mau kamu mainkan. Perihal ini sebetulnya masih berkaitan dengan poin mengenai bujet di atas. Kalau kamu cuma pengen main game Triple A dengan setelan grafik low-medium di <60 FPS, sih, PC gaming murah hingga Rp7 jutaan cukup, geng.

3. Pilih Komponen PC Rakit Gaming Murah dan Terbaik

Setelah menentukan bujet dan target, langkah selanjutnya dalam cara merakit PC gaming adalah memilih komponen yang paling sesuai. Menghitung kesesuaian komponen ini juga sebetulnya agak tricky karena kamu enggak cuma mencari spesifikasi komponen saja, tetapi pula membandingkan harga merek A dengan merek lainnya.

Harga komponen serupa dengan merek yang berbeda harganya pula akan berbeda. Perbedaannya bahkan bisa mencapai 2 kali lipat. Di sini kalian harus jeli dalam melihat kelebihan dan kekurangan dari komponen-komponen dengan merek tertentu. Berikut ini beberapa komponen penting yang wajib jadi bahan pertimbangan buat kamu.

1. Prosesor

Komponen yang satu ini dapat dibilang sebagai komponen paling penting di dalam sebuah komputer. Untungnya, varian merek dari prosesor untuk dipertimbangkan hanya 2 yaitu Intel dan AMD. Meski begitu, varian dari generasi prosesor komputer ini perlu kamu pertimbangkan dengan baik. Bila memilih intel core yang mana dan generasi berapa begitu pula jika memilih AMD.

VIRAL :  Apa Itu Satelit? Ini Dia Jawabannya

Kamu harus dapat memperhitungkan dengan jeli berdasarkan target dan bujet kamu, prosesor jenis apa yang paling cocok. Kamu bisa melihat dari sytem requirements game tertentu sebagai pembanding.  Jangan lupa juga untuk melihat score benchmark dari prosesor yang kamu pilih, dan perkirakan seberapa lama kamu akan bisa mengandalkan prosesor tersebut.