Cara Format Kartu SD di Hp Android Dengan Mudah dan Aman

Cara Format Kartu SD di Hp Android Dengan Mudah dan Aman

Cara Format Kartu SD yang ada dalam artikel ini tentu akan membantu Anda untuk mengosongkan file di kartu SD. Dengan demikian, memori menjadi lebih lega dan bisa menyimpan banyak file baru. Seperti musik, video, foto dan dokumen.

Bagi Anda pengguna Android, tentu sudah tidak asing lagi dengan kartu SD. Ya! Kartu SD merupakan kartu eksternal yang digunakan untuk menambah ruang penyimpanan di HPmu.

Namun, ada kalanya kartu SD yang ada di HP sudah terisi penuh dengan berbagai filefile, Salah satu solusi tercepat mengosongkan kartu SD tersebut adalah dengan memformatnya. Lantas, bagaimana cara memformat kartu SD yang mudah dan aman? Kita simak penjelasannya berikut

Cara Format Kartu SD melalui HP

Cara termudah untuk memformat kartu SD adalah melalui HP yang telah terpasang dengan kartu SD tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

cara format kartu sd
sumber gambar: jalan tikus
  1. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan membuka menu setting atau peraturan pada hp Anda.
  2. Selanjutnya, temukan dan pilih menu storageatau penyimpanan. Menu tersebut akan menampilkan jumlah kapasitas penyimpanan yang tersedia dan biasanya ada juga informasi filefile besar
  3. Berikutnya, scrollsampai menemukan pilihan format kartu SD atau erase SD card
  4. Sebelum Anda dapat memformatnya, Anda harus mengkonfirmasi pilihan tersebut
  5. Kemudian tunggu beberapa saat untuk proses pengosongan filedalam kartu SD
  6. Jika sudah berhasil, kartu SD akan menjadi kosong. Anda bisa mengeceknya pada menu peraturan atau setting. Melalui PC/Komputer atau Laptop

Cara Format Melalui PC/Komputer atau Laptop

Selain kartu SD yang digunakan di HP, ada juga kartu SD yang digunakan untuk penyimpanan kamera. Untuk mengosongkan filefile foto pada kamera, Anda tentu harus memformat kartu SD tersebut. Bagaimana cara memformat kartu SD melalui pc/computer atau laptop? Berikut langkah-langkahnya:

cara format kartu sd
sumber gambar: ganget tren
  • Pertama, Anda harus menyambungkan kartu SD menggunakan adaptoryang sesuai ke komputer yang akan digunakan
  • Kemudian, buka FileExplorer dengan cara klik kanan pada start atau klik langsung pada taskbar. atau bisa lakukan dengan cara menekan Windows key + E secara bersamaan.
  • Anda harus memastikan bahwa kartu SD tersebut muncul di FileExplorer komputer yang Anda gunakan
  • Selanjutnya, Klik kanan kartu SD Anda, dan Anda akan melihat menu pilihan yang devices with removable storage.
  • Untuk mengosongkannya, Anda tinggal klik Format
  • Sebelum Anda ingin memformat, Anda harus memastikan FileSystem telah diatur menjadi FAT32 yaitu standar yang digunakan untuk Windows 7 dan versi Windows terbaru lainnya.
  • Jangan menggunakan NTFS karena HP yang tersambung dengan komputer Anda tidak dapat mengenalinya.
  • Selain itu, Anda bisa memberi tanda centang pada opsi Quick Format. Tujuannya adalah agar proses formatterbatas pada file yang inti, sehingga akan mempercepat durasi format.

Sudah cukup jelas bukan langkah-langkah dalam penjelasan di atas? Oh iya, sebelum Anda mengikuti langkah-langkah untuk memformat kartu SD, ada baiknya Anda mencadangkan data-data penting dalam kartu SD.

Anda bisa menyimpan baik-baik file maupun data yang ingin Anda simpan di laptop, hardisk, google drive, maupun flashdisk. Cara yang digunakan adalah dengan memindahkan file menggunakan adaptor yang sesuai.

Jika Anda sudah mencadangkan file penting, Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Silahkan pilih cara yang menurut Anda mudah.

Demikianlah informasi mengenai Cara Format Kartu SD, Semoga langkah-langkah yang dijelaskan di atas dapat membantu Anda ya. Selamat mencoba!