Cara Cek IMEI HP Android untuk Semua Merek Termudah dan Cepat

Cara Cek IMEI HP Android – Setiap perangkat smartphone android khususnya pasti memiliki nomor IMEI. International Mobile Equipment Indentity atau IMEI ini sendiri merupakan sekumpulan nomor unik yang dimiliki oleh perangkat mobile. Nomor IMEI untuk setiap perangkat mobile berbeda-beda, pasalnya 1 nomor IMEI memang hanya diperuntukkan untuk 1 perangkat HP saja. Jika HP tidak memiliki nomor IMEI, bisa dipastikan HP tersebut KW atau palsu.

Tujuan dari dibekalkannya nomor IMEI ini sendiri memang untuk menekan peredaran HP KW atau palsu di dunia. Meskipun memiliki nomor IMEI, bukan berarti HP tersebut resmi atau legal untuk dijual. Ada beberapa HP dengan nomor IMEI namun termasuk produk BM atau ilegal.

Karena itulah, sangat penting untuk mengecek nomor IMEI setiap perangkat HP saat Anda ingin membelinya. Berikut ini cara cek IMEI HP android yang bisa Anda terapkan.

Cara Mengetahui Nomor IMEI HP Android untuk Semua Merek

Ingin megecek keaslian HP tetapi tidak tahu bagaimana cara mendapat nomor IMEI dari HP android? Tidak perlu khawatir, karena di sini kami juga akan membahas cara untuk mengetahui IMEI di HP android tersebut. Setidaknya ada 3 metode untuk melakukan pengecekannya nomor IMEI di android tersebut, di antaranya:

1. Cek IMEI dari Dosbuk HP

Saat membeli HP baru umumnya HP dibungkus dengan kotak atau sering dikenal dengan sebutan dosbuk. Melalui dosbuk tersebut Anda bisa tahu nomor IMEI dari HP tersebut. Biasanya nomor IMEI tertera langsung di dosbuk tersebut yang dilengkapi dengan barcode di bawahnya. Untuk HP dengan dukungan dual SIM, nomor IMEI-nya juga ada dua yakni IMEI SIM1 dan IMEI SIM2.

Cara ini bisa diterapkan di semua merek HP, mulai dari IMEI Samsung, Xiaomi, VIVO, OPPO dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Melihat IMEI dari Menu Pengaturan

Jika memang HP yang Anda beli sudah hilang kotak pembungkusnya, maka cara melihat nomor IMEI bisa menggunakan alternatif kedua ini. Di sini Anda bisa melihat nomor IMEI perangkat dari menu Pengaturan yang ada di dalamnya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda buka menu Pengaturan di HP android.
  • Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Tentang Ponsel.
  • Selanjutnya Anda masuk ke opsi Status.
  • Lalu klik pada opsi Infomasi IMEI.
  • Di sana akan ditampilkan nomor IMEI dari perangkat, baik IMEI slot 1 dan IMEI slot 2.

Cara melihat IMEI di atas kami terapkan di HP Samsung. Untuk cara cek IMEI Xiaomi, OPPO, VIVO dan merek lainnya kemungkinan tidak berbeda jauh. Anda bisa langsung menemukannya di bagian opsi Tentang Ponsel di dalam menu Pengaturan.

3. Cek IMEI dengan Kode Dial

Dan cara yang terakhir untuk mengetahui nomor IMEI HP yakni dengan menggunakan kode dial. Anda bisa menggunakan kode dia *#06# yang diketik di menu Panggilan HP android. Setelah diketik, nanti akan langsung ditampilkan nomor IMEI perangkat di layar.

Cara Cek Nomor IMEI di Android untuk Memastikan Keaslian HP

Setelah mengetahui nomor IMEI OPPO, Samsung, VIVO atau merek lainnya, sekarang Anda bisa menggunakan nomor IMEI tersebut untuk mengecek keaslian HP. Cara ini dilakukan untuk mencegah Anda membeli HP Black Market atau BM (palsu/ilegal). Untuk cara pengecekannya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama Anda buka browser dan kunjungi situs Kemenperin melalui LINK INI.
  • Pada halaman utama situs, Anda masukkan nomor IMEI di bagian kolom yang tersedia.
  • Kemudian klik tombol Kaca Pembesar.
  • Jika memang HP tersebut asli dan bukan ilegal, maka akan muncul pesan “IMEI terfdaftar di database Kemenperin”.

Itulah tadi cara cek IMEI HP android untuk semua merek atau brand yang ada di Indonesia, termasuk cek IMEI VIVO, Samsung, Xiaomi, OPPO dan lain sebagainya. Semoga informasi di atas bermanfaat.