Jangan PANIK! Ini 3 Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Hilang

Facebook merupakan salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. website milik pria asal Amerika Serikat, Mark Zuckerberg ini kabarnya mempunyai pengguna aktif kurun waktu perbulan sebanyak dari 2,6 miliar akun.

Namun meskipun adalah sosial media paling besar. Tapi Facebook juga tak luput dari kekurangan, terkadang para pengguna Facebook sering mengalami masalah seperti akun Facebook yang hilang dan tiba tiba tidak bisa diakses. tentunya bikin panik bukan? Jadi untuk mengatasi masalah tersebut yuk kita simak caranya berikut ini.

Biasanya jika kamu kehilangan akses masuk kedalam akun. Kamu cukup mengikuti instruksi dari Facebook yang umumnya meminta kamu untuk menebak foto teman di Facebook, kamu tinggal masukan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera di akunmu, atau memasukkan kode yang dikirim melalui email atau nomor telepon.

Akan tetapi, jika belum berhasil juga, kamu dapat mengikuti cara cara mencari dan mengembalikan akun Facebook yang tiba-tiba hilang berikut ini.

Cek Status Login

Meskipun terkesan sepele, namun hal pertama yang bisa kamu perbuat sebagai cara mencari akun Facebook yang hilang adalah dengan mengecek status login akunmu. Misalnya, bila kamu enggak bisa login ke akun Facebook lewat smartphone, mungkin kamu daoat login melalui PC atau laptop karena sudah pernah membuka situs Facebook di sana, dan begitu pula sebaliknya.

Cara ini jadi cara yang termudah untuk dilakukan, karena untuk pulihkan akun Facebook yang hilang, kamu hanya perlu mengganti password secara manual. Nah, bila ternyata kamu masih login ke akun Facebook-mu di perangkat lain, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah 1 – Masuk ke Pengaturan & Privasi.

Pada halaman profil akunmu, klik arah panah ke bawah yang terdapat di pojok kanan atas, lalu kamu pilih menu Pengaturan & Privasi, lalu klik Pengaturan.

  • Langkah 2 – Masuk ke Keamanan dan Info Login Di bagian kiri, pilih menu Keamanan dan Info Login.

Bila sudah masuk ke menu tersebut, pilih “Ubah kata sandi” di bagian Login. Klik saja tulisan Edit di sebelahnya, maka kamu dapat segera mengubah kata sandimu.

  • Langkah 3 – Ganti Password

Bila kamu tidak ingat password akun Facebook-mu saat ini, maka kamu dapat klik “Forgot your password?” di bagian bawah untuk mengubahnya melalui email atau nomor telepon.

Pakai password yang kuat dengan kombinasi huruf dan angka untuk meminimalisasi pembobolan akun. Bila perlu, catat password barumu di tempat yang aman namun mudah ditemukan. Hal ini berguna jika kamu ingin login lagi di kemudian hari dan agar tidak kembali kehilangan akun Facebook.

Reset Password

Bila ternyata kamu sudah logout dari akun Facebook di semua perangkat, kamu gak perlu khawatir, sobat. Masih ada cara lain untuk bisa mendapatkan kembali akunmu yang hilang. Nah, cara menemukan akun Facebook yang hilang berikutnya yaitu dengan mencoba login melalui sistem account recovery dari Facebook. Berikut yaitu langkah-langkahnya.

  • Langkah 1 – Buka Situs atau Aplikasi Facebook

Buka Facebook ewat alamat web facebook.com atau memakai aplikasi Facebook di smartphone milikmu. Selanjutnya, klik “Lupa akun?” yang terletak di bawah kolom Kata Sandi.

  • Langkah 2 – Masukkan Email atau Nomor Telepon

Berikutnya, kamu akan dibawa ke halaman “Temukan Akun Anda”. Kamu hanya perlu memasukkan alamat email atau nomor telepon yang tertaut dengan akun Facebook milikmu yang hilang.

  • Langkah 3 – Atur Ulang Kata Sandi

Facebook akan menawarkan tiga pilihan kepada kamu untuk mengatur ulang kata sandi, yaitu dengan cara masuk ke akun Google, mengirim kode melalui email, atau mengirim kode melalui SMS. Kamu cukup memilih satu yang menurutmu paling mudah.

  • Langkah 4 – Masukkan Kode Keamanan

Jika kamu memilih mengirim kode melalui email di Langkah 3, cek pesan masuk dari Facebook di bagian inbox pada emailmu. Bila tidak ada, cek juga di bagian spam. Sementara itu, bila kamu memilih mengirim kode melalui SMS, cek pesan masuk dari Facebook di aplikasi Messages.

Bila telah menemukan pesan dari Facebook, masukkan kode keamanan yang sudah kamu dapatkan ke kolom yang disediakan.

  • Langkah 5 – Pilih Password Baru

Setelah kamu memasukkan kode keamanan, Facebook akan mempersilakan kamu untuk membuat password baru. Jika sudah, klik Lanjutkan, dan kamu dapat kembali mengakses akunmu yang sebelumnya hilang.

Tinggalkan komentar