7 Cara Mudah Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

7 Cara Mudah Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Hallo sobat teknohits apakah kamu pernah mengalami masalah google Play Store bermasalah seperti pada layar kamu tertulis Layanan Google Play Terhenti saat membuka aplikasi tersebut? Disini teknohits akan coba mengulas beberapa cara agar aplikasi download kamu kembali pulih. Yuk simak berikut ini.

1. Hapus Cache Google Play

Cache adalah sebuah data yang tersimpan sementara yang akan bantu kamu untuk masuk kembali ke halaman sebelumnya tanpa harus melakukan reload. Akan tetapi, umumnya cache ini dapat menjadi sebuah masalah utama. sehingga kamu kudu menghapusnya. Caranya juga cukup mudah.

  • Langkah 1 – Masuk ke pengaturan aplikasi Google Play Store Kamu tinggal masuk ke halaman Setting pada HP, lalu pilih Apps. Pilih Google Play Store.
  • Langkah 2 – Hapus Cache, Pilih Storage, lalu klik Clear Cache. Sampai di tahap ini, kamu sudah selesai untuk menghapus cache Google Play. Sekarang kamu tinggal buka kembali aplikasi Google Play di HP deh. Gampang, kan? Akan tetapi, jika ternyata langkah cara mengatasi layanan Google Play terhenti di atas masih belum sukses, kamu dapat memakai cara kedua berikut ini.

2. Hapus Data Google Play

Kedua yaitu dengan menghapus data Google Play di HP kamu. Hal tersebut akan menyebabkan segala data yang disimpan dalam Google Play akan terhapus. Akan tetapi, aplikasi Google Play tetap terinstall di HP kamu. Cara untuk menghapusnya cukup mudah, kamu tinggal ikuti langkah menghapus Cache.

Tapi, kali ini pilih ‘Clear Data’ dalam pengaturan storage. Lalu, buka kembali Google Play kamu dan unduh ulang atau update aplikasinya. Setelah selesai update, maka umumnya layanan Google Play sudah dapat digunakan kembali.

3. Reset Google Account

Masih cari alternatif cara mengatasi layanan Google Play terhenti? Jika gitu kamu bisa coba cara berikutnya yaitu dengan me-reset akun Google. nUntuk lebih jelasnya, kamu bisa simak langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah 1 – Masuk ke pengaturan Account

Pengaturan Account ada di dalam Setting di HP kamu.

Langkah 2 – Pilih akun Google kamu, lalu Remove Account

Setelah itu, kamu remove akun Google milikmu dari HP Android yang sedang digunakan.

Dengan menghapus akun Google, maka segala aplikasi yang terkoneksi dengan akun Google kamu pun akan mengalami reset. Untuk memasukkan ulang akun, kamu tinggal pilih Add Account di pengaturan Account di HP Android kamu.

4. Force Stop Google Play dan Google Play Services

Bila cara-cara sebelumnya masih belum ampuh untuk mengatasi masalah layanan Google Play terhenti, maka cara berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan Force Stop Google Play dan Google Play Services, sobat.

dengan melakukan langkah ini, maka apapun yang sedang dikerjakan baik oleh Google Play atau Google Play Services akan dihentikan secara paksa dan aplikasi akan keluar sepenuhnya dari latar belakang. Kamu dapat melakukan Force Stop Google Play melalui halaman setting aplikasi, seperti yang sudah Jaka jelaskan di cara hapus Cache sebelumnya. Sementara itu, untuk cara menghentikan layanan Google Play sendiri masih sama, kamu hanya perlu memilih tombol ‘Force Stop’.

5. Unduh Google Play Updates

Cara lainnya yang cukup sepele tapi mungkin sering kamu abaikan, adalah dengan update aplikasi Google Play kamu ke versi yang lebih baru. Kamu bisa melakukannya dengan menyalakan auto update aplikasi, sehingga Google Play tak akan ketinggalan versi.

Untuk menyalakan auto update, kamu bisa atur di dalam aplikasi Google Play dengan cara berikut:

  • Langkah 1 – Buka pengaturan dalam aplikasi Google Play, Pengaturan dapat kamu temukan di dalam aplikasi Google Play, lalu klik tiga strip di pojok kiri atas. Klik Settings.
  • Langkah 2 – Nyalakan Auto Update, Pilih Auto-update apps, lalu pilih antara Over Wi-Fi only atau Over any network. Sementara, alternatif cara lainnya untuk update Google Play Store.

6. Matikan VPN

Salah satu penyebab Google Play kamu bermasalah yaitu penggunaan VPN yang membuat aplikasi Google Play berjalan dalam versi luar negeri. Memang aplikasi VPN ini bisa kamu gunakan untuk menginstal aplikasi yang tidak ada di Indonesia. Misalnya yaitu game yang telah lebih dulu rilis di negeri asalnya.

Akan tetapi, memakai VPN dapat menimbulkan eror dan menyebabkan layanan Google Play berhenti bekerja. Tentu cara yang dapat kamu lakukan adalah mematikan VPN yang sudah menjadi bawaan HP kamu ataupun melalui aplikasi VPN.

7. Restart atau Factory Reset HP

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan cara restart hingga factory reset HP kamu sehingga Google Play dapat bekerja seperti semula. Lakukan restart terlebih dahulu untuk mengetahui apakah layanan Google Play dapat berjalan.

Jika masih tidak bisa, maka cara terakhir adalah dengan melakukan factory reset. Namun, kamu harus ingat bahwa factory reset akan menyebabkan segala data yang ada di dalam HP kamu akan terhapus. Jadi, pastikan kamu back-up data sebelum melakukan factory reset. Cara untuk factory reset pun cukup mudah, kamu bisa temukan di dalam halaman Setting alias Pengaturan.