Cara Cek Spek Laptop Paling Mudah dan Akurat 2021

Cara Cek Spek Laptop Paling Mudah dan Akurat 2021

Cara Cek Spek Laptop – Laptop sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling penting di jaman modern sekarang ini. Bagaimana tidak? Hampir semua orang membutuhkan perangkat tersebut, terutama untuk urusan bekerja. Bisnis online misalnya, di mana laptop atau PC menjadi sarana utama yang paling dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online. Selain itu, laptop juga dibutuhkan untuk memaksimalkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Sayangnya, perangkat laptop saat ini masih cukup tinggi harganya, sehingga beberapa kalangan lebih memilih untuk membeli laptop bekas. Sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan tidak sembarangan memilihnya. Anda perlu mengetahui spesifikasi dari laptop bekas tersebut agar sesuai dengan kebutuhan. Lantas, bagaimana cara cek spek laptop tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

Cara Cek Spek Laptop Paling Mudah dan Akurat

Untuk mengetahui spesifikasi laptop, ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan. Tidak sulit kok, bahkan Anda yang masih pemula pun bisa melakukannya. Adapun cara cek spek laptop selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melihat Spesifikasi Laptop Melalui Control Panel

cara cek spek laptop tanpa aplikasi

Cara yang pertama untuk mengetahui spek sebuah laptop yakni bisa melalui menu Sistem yang ada di dalamnya. Menu Sistem ini sendiri bisa Anda temukan jendela Control Panel. Di sana akan terlampir informasi komponen pendukung laptop, mulai dari dukungan RAM, prosesor, dan hingga tipe sistem. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Control Panel. Caranya klik ikon Windows yang ada di pojok kiri bawah tampilan, kemudian pilih menu Control Panel.
  • Pada jendela Control Panel, Anda masuk ke opsi System and Security.
  • Kemudian klik pada opsi System.
  • Maka akan muncul jendela yang berisi informasi spesifikasi dari laptop. Mulai dari informasi versi Windows yang digunakan, RAM, Prosespor hingga tipe sistem operasi.

2. Cek Spesifikasi Laptop Lewat Menu DXDIAG

 

cara liat spek laptop windows 10

Metode yang kedua untuk mengetahui spesifikasi laptop yakni melalui menu DirectX Diagnostic Tool atau dikenal juga dengan sebutan dxdiag. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah pertama Anda buka Run Windows dengan cara tekan tombol Windows + R secara bersamaan.
  • Pada jendela Run Windows tersebut, Anda ketik perintah “dxdiag” (tanpa tanda petik). Jika sudah, selanjutnya tekan OK.
  • Nantinya akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool yang berisi informasi spesifikasi dari laptop tersebut.
  • Pada menu System terdapat informasi versi Windows, prosesor, RAM hingga versi directX. Informasi lainnya bisa Anda temukan di menu Display, Sound dan Input.

3. Melihat Spesifikasi Laptop Lewat Aplikasi

Berbeda dengan sebelumnya, untuk cara yang ketiga ini Anda bisa memanfaatkan aplikasi atau software tambahan untuk mengecek spek laptop. Ada banyak jenis aplikasi yang bisa digunakan, salah satunya bernama aplikasi HWiNFO. Aplikasi tersebut bisa Anda install dan gunakan secara gratis. Untuk langkah-langkah menggunakannya sendiri, yakni:

cara mengecek spesifikasi laptop

  • Langkah yang pertama Anda install aplikasi HWiNFO melalui LINK INI. https://www.hwinfo.com/
  • Kemudian langsung saja Anda jalankan aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya klik pada tombol Run yang ada di kotak yang muncul di layar.
  • Tunggu sampai proses scanning selesai. Nantinya akan langsung ditampilkan informas komponen yang didukung di dalam laptop tersebut. Mulai dari kapasitas RAM, CPU, GPU, hingga motherboard.

Melalui aplikasi HWiNFO ini Anda bukan hanya bisa melihat spesifikasi laptop, melainkan lebih dari itu. Pada menu Sensor misalnya, di sini Anda bisa melakukan pemantauan terhadap kondisi dari setiap komponen yang ada di dalam laptop.

Itulah tadi cara cek spek laptop yang mudah dan akurat bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.