Cara Cek Pajak Mobil Online dan Lewat SMS Terlengkap 2021

Seiring berjalanannya waktu yang semakin canggih, cara cek pajak mobil pun juga semakin mengikuti jaman. Sekarang kamu bisa mengecek pajak mobilmu secara online, jadi hanya dengan memiliki HP dan akses internet, kamu sudah bisa mengantisipasi terjadinya kelupaan membayar pajak hingga menyebabkan pajak mati.

Sayangnya, layanan cek pajak mobil yang bisa dilakukan secara online masih belum menyebar ke semua daerah Indonesia, yang artinya hanya wilayah-wilayah tertentu yang sudah menerapkan cara ini.

Cara Cek Pajak Mobil Online di Beberapa Wilayah

Karena tidak semua daerah di Indonesia sudah menerapkan sistem online dalam pengecekan pajak mobil, jadi para pembaca diharuskan menyimak dengan baik daftar wilayah di Indonesia yang memiliki layanan ini. Berikut daftarnya:

DKI Jakarta

Provinsi DKI Jakarta termasuk wilayah yang sudah menerapkan sistem online dalam pengecekan pajak mobil dan pajak kendaraan bermotor lainnya. Inilah cara untuk mengecek pajak mobil wilayah DKI Jakarta:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka situs website resmi Samsat DKI Jakarta, yaitu https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM
  • Lalu isi formulir yang ada dengan lengkap, dan klik ‘Proses’
  • Setelah mengklik tombol ‘Proses’, informasi mengenai pajak mobilmu akan langsung keluar. Namun yang perlu kamu ketahui, nominal pajak yang tertera disana belum termasuk biaya denda jika sudah jatuh tempo dan pajak progresif

    Jawa Barat

Provinsi kedua yang memiliki sistem online untuk pengecekan pajak mobil adalah Jawa Barat. Namun, cara untuk mengecek pajak mobilnya berbeda dengan wilayah DKI Jakarta. Bagi pemilik mobil daerah Jawa Barat, mereka hanya bisa mengeceknya via SMS dan untuk melakukan pembayaran pajak secara online, pemilik mobil bisa menggunakan metode ATM, Internet Banking, dan SMS Banking.

Jawa Tengah

Jawa Tengah juga termasuk wilayah yang sudah menerapkan sistem online. Caranya pun cukup sama dengan cara pengecekan pajak mobil wilayah DKI Jakarta, hanya website resminya yang berbeda. Website resmi untuk mengecek pajak mobil wilayah Jawa Tengah adalah http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.

Yogyakarta

Provinsi Yogyakarta sudah menerapkan sistem online untuk pengecekan pajak mobil. Caranya sama, bisa dilakukan via internet. Website resmi untuk pengecekan pajak mobil daerah Yogyakarta adalah http://infonjkbdiy.com/.

Jawa Timur

Bagi pemilik mobil yang ada di daerah Jawa Timur, kamu juga bisa mencoba sistem online untuk mengecek pajak mobil. Kamu hanya perlu mengunjungi website resmi Samsat Jawa Timur, yaitu http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?utpd=dinas.

Aceh

Selain provinsi yang ada di pulau Jawa, ada juga provinsi yang ada di luar pulau Jawa yang sudah menerapkan sistem online untuk kegiatan ini, dan Aceh salah satunya. Website resmi Samsat Aceh adalah http://esamsat.acehprov.go.id/.

Riau dan Kepulauan Riau

Selain Aceh, Riau dan Kepulauan Riau juga termasuk provinsi di luar pulau Jawa yang sudah menerapkan sistem ini. Website resmi provinsi Riau adalah http://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/. Sedangkan website resmi provinsi Kepulauan Riau adalah http://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat. Ingat ya, website resmi dari kedua provinsi ini berbeda.

Sulawesi Tengah

Provinsi dan wilayah terakhir yang menerapkan sistem online dalam pengecekan pajak mobil adalah Sulawesi Tengah. Website resmi Samsat Sulawesi Tengah adalah http://dispenda.sultengprov.go.id/addons/pkb.php.

Namun, daftar wilayah yang menerapkan sistem online dalam pengecekan pajak mobil dan kendaraan bermotor lainnya akan terus bertambah, karena pemerintah akan terus berusaha mengembangkan sistem ini ke wilayah-wilayah Indonesia lainnya.

Cara Mengecek pajak kendaraan bermotor via SMS

Karena tidak semua wilayah menyediakan layanan pengecekan pajak kendaraan bermotor via internet dan ada yang via SMS, jadi untuk kamu yang khususnya berasal dari Jawa Barat perlu mengetahui cara cek pajak kendaraan bermotor via SMS. Caranya adalah ketik “Info<spasi>kode plat kendaraan di Jawa Barat/nomor polisi/kode seri plat kendaraan<spasi>warna plat kendaraan” lalu kirim ke nomor 08112119211. Cukup mudah bukan?

Itulah panduan lengkap mengenai cara cek pajak mobil secara online. Sangat mudah digunakan dan bisa digunakan kapan saja. Selamat mencobanya sendiri.